PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN INOVASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GOJEK (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL)
Abstract
Di Indonesia banyak di jumpai sepeda motor juga melakukan fungsi sebagai kendaraan umum yaitu mengangkut orang atau barang dan memungut biaya yang sudah disepakati, moda transportasi jenis ini dikenal dengan nama ojek. Salah satu perusahaan transportasi yang sedang berkembang di Indonesia adalah GO-Jek. Selain harga dan promosi, hal lain yang perlu dilakukan di era perubahan adalah inovasi terus menerus sesuai kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, promosi dan inovasi terhadap loyalitas pelanggan Go-jek di Universitas Bali Internasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Universitas Bali Internasional dan sampel yang digunakan sebanyak 262 orang mahasiswa. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan proporsional random sampling dan Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi dan inovasi berpengaruh prositif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Go-jek secara parsial maupun simultan. Manajemen perusahaan Go-Jek dapat meningkatkan kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Maka dari itu manajemen perusahaan sangat perlu memberikan perhatian lebih pada peningkatan kualitas pelayanan, promosi dan harga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan GoJek, karena pada saat ini Go-Jek telah mengembangkan inovasinya untuk memuaskan dan membuat pelanggan loyal melalui pilihan menarik di aplikasi Go-Jek, dimana persaingan ojek online juga saat ini semakin ketat.
Kata kunci: Promosi, Harga, Inovasi, Loyalitas Pelanggan
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).