GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN (TINJAUAN TEORITIS DAN EMPIRIS)

Authors

  • I Wayan Gde Sarmawa Warmadewa University

Abstract

Gaya kepemimpinan adalah cara memberikan arahan, menerapkan strategi, dan memotivasi individu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Gaya kepemimpinan direplikasi dalam sikap dan perilaku tetapi pada gilirannya adalah hasil dari interaksi yang kompleks antara cara individu berpikir dan merasakan. Para peneliti menyoroti beragam pendekatan / gaya kepemimpinan yang didasarkan pada asumsi dan teori yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, para analis telah bekerja untuk mengembangkan berbagai model, teori dan asumsi mengenai gaya kepemimpinan. Inti dari penelitian mereka adalah untuk menguraikan efektivitas kepemimpinan dalam organisasi/perusahaan termasuk pembentukan otoritas, mendorong rasa tanggung jawab, meminimalisasi dan mengatasi masalah karyawan dalam konteks situasi yang sudah berlaku. Dalam berbagai penelitian, di antara banyak gaya kepemimpinan, maka dua gaya kepemimpinan menjadi jauh lebih menonjol yaitu kepemimpinan transformasional dan transaksional. Kedua gaya ini telah dianalisis dalam berbagai sektor sosial-ekonomi dan akademik yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Saat ini, kedua ditelaah dalam berbagai situasi yang berbeda serta hubungannya dengan kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

1.
Sarmawa IWG. GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN (TINJAUAN TEORITIS DAN EMPIRIS). j.imb [Internet]. 2020May5 [cited 2024Apr.26];4(2):61-7. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2335

Issue

Section

Articles