EFFECT OF PRODUCT INNOVATION AND ENTREPRENEURIAL ORIENTATION ON COMPETITIVE ADVANTAGE IN THE COCONUT SHELL CRAFT INDUSTRY IN KARANGASEM REGENCY

Authors

  • Desak Ayu Sriary Bhegawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar

Abstract

Effect of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage in the Coconut Shell Craft Industry in Karangasem Regency. Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kelebihan dalam mempertahankan usahanya dari krisis ekonomi, namun sebagian besar usaha kecil terkena dampak buruk dari krisis ekonomi tersebut. Untuk bisa menghadapi persaingan tersebut industri kecil menengah (UKM) harus memiliki keunggulan bersaing agar usahanya bisa berkembang dan terus bertahan. Keunggulan bersaing dapat diciptakan dengan diterapkannya orientasi kewirausahaan pada jiwa pelaku usaha dan mampu menciptakan inovasi produk sebagai nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada industri kerajinan batok kelapa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Karangasem dengan jumlah populasi industri batok kelapa sebanyak 181 unit usaha. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode slovin yaitu sebanyak 64 unit usaha, dan teknik analisis yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Sedangkan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada industri batok kelapa di Kabupaten Karangasem. Hal ini berarti inovasi produk tetap dilakukan untuk menciptakan produk atau desain produk yang baru dan lebih menarik dalam menjaga keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan bukan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keinginan keunggulan bersaing bagi UKM produk industri kerajinan batok kelapa di Kabupaten Karangasem, karena dilihat dari kondisi kemampuan pengrajin yang terbatas, dan perlu ditingkatkan keahliannya. Selain itu tindakan pengrajin batok kelapa tidak melihat sisi keuntungan usaha,tetapi berorientasi pada usahanya agar tetap bertahan.

Kata kunci: inovasi produk, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, industri kerajinan batok kelapa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariah, A., Christoper I., Tucci. 2003. Internet Business Models and Strategies Text and Cases, 2nd edition, Boston:McGraw-Hill.

Agiah, NunuyNur. 2009. PeranKewirausahaanDalamMemperkuat UKM Indonesia MenghadapiKrisisFinansial Global, Journal Accounting and Finance, 22.1., pp:1-9.

Andriani Suryanita. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Barney, J.B. 2011. Gaining and Sustaining Competitive Advantage, Fourth Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Cynthia Vanessa Djodjobo dan Hendra N. Tawas. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3, September. Hal. 1214-1224. ISSN 2303-1174.

Defin Shahrial Putra dan Atim Djazuli. 2013. Pengaruh Strategi Resource-Based Terhadap Keunggulan Bersaingyang Dimediasi oleh Orientasi Kewirausahaan (Studi pada Usaha Kecil Menengah Sasirangan Kota Banjarmasin). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 11, No. 3, September. Hal.392-398. ISSN: 1693-5241.

Echdar,S. 2013. Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Penerbit Andi, Yogyakarta

Halim, D Jumilah H., Solimun, danDjumahin. 2012. Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studipada UsahaMenengah di Sulawesi Tenggara). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10.3. pp: 472-484.

Hamilton, R.T. 2007. The Entrepreneur in Theory and Practice Wellington. New Zealand.

Heri Setiawan. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi danInovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VIII, November. Hal. 12-19. ISSN: 2085-137.

Hernard, David H., dan David M Szymanski. 2001. Why Some New Products are More SuccesfulThan Others. Journal of Marketing Research. 38.8. pp:362-375.

Jose, SG.,dan E.G Gonzales. 2012. The Effect of Intellectual Capital and Innovation on Competitiveness : An Analisys of The Restoran Industry in Guadalajara, Meksixo. ACR. 20.3. pp:33-46.

Kotler,P., Armstrong,G., Ang,G.H., Leong,S.M., Tan,C.T., dan Tse,D.K. 2005. Principles of Marketing: An Asian Perspective. Pearson Prentice Hall, Singapore.

M. Wandra Utama. 2009. Pengaruh Adaptabilitas Lingkungan dan Orientasi KewirausahaanTerhadap Kualitas Aliansi Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Perminas Pangeran. 2012. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Keuangan Pengembangan Produk Baru Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Vol.7, No. 1, Juni. ISSN: 1907-7343.

Reswanda. 2012. PengaruhOrientasi Kewirausahaan Terhadap Pembelajaran Orientasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha pada UMKM Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen 11.2. pp:62-91.

Satyagraha, Hadi. 1994. Keunggulan Bersaing dan Aliansi Strategis: Resefinisi SWOT. Usahawan. No.4,Th.XXIII.

Slater, S.F. dan John C Narver. 1994. Does Competitive Environment Moderate The Market Orientation Performance Relationship?.Journal of Marketing. 58.1.pp:46-55.

Suryana. 2015. Kewirausahaan Kiat Dan Proses Menuju Sukses, Edisi 4. Jakarta :Salemba Empat.

Supranoto, Mieke. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota Semarang). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kauntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyono. 2002. Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 1.1.pp: 25-45.

Weerawardena, J. 2003 Exploring The Role of Market Learning Capability in Competitive Strategy. European Journal of Marketing. 37, pp:407-429.

Wicaksono, G., dan Audita Nuvriasari. 2012. Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar:Kajian pada Peran serta Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. Jurnal Sosio Humaniora 3.4.pp:1-25.

Zahra, S.A. dan Dennis M Garvis. 2000. International Corporate Entrepreneurship and Firm Performance: The Moderating Effect of Environment Hostility. Journal of Business Venturing. 15.5. PP:469-480.

Zimmerer, W., dan Norman M Scarbourough. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil : Edisi Kelima. Jakarta : Salemba Empat.

Downloads

Published

2019-06-14

How to Cite

1.
Bhegawati DAS, Yuliastuti IAN. EFFECT OF PRODUCT INNOVATION AND ENTREPRENEURIAL ORIENTATION ON COMPETITIVE ADVANTAGE IN THE COCONUT SHELL CRAFT INDUSTRY IN KARANGASEM REGENCY. j.imb [Internet]. 2019Jun.14 [cited 2024Apr.24];4(1):71-89. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2153

Issue

Section

Articles