Pendampingan Guru SMP IT Insan Karim dalam Implementasi Artificial Intelegence (AI) dan Augmented Reality (AR) untuk Inovasi Pembelajaran Interaktif di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v6i2.6850Keywords:
Artificial intelligence, Augmented reality, Perangkat pembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi digital di era Revolusi Industri 4.0 menuntut guru sebagai pendidik untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. Dua teknologi yang sedang berkembang pesat dan memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan adalah Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). Kedua teknologi ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, personal, dan menyenangkan bagi peserta didik. Namun, masih banyak guru di sekolah belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam pemanfaatan AI dan AR. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan akses pelatihan serta belum adanya pendampingan yang terstruktur. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada April 2025 di sekolah Mitra, permasalahan utama yang dihadapi adalah masih kurangnnya literasi teknologi, khususnya dalam hal pemanfaatan AI dan AR dalam proses pembelajaran. Program pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep dasar dan potensi pemanfaatan teknologi AI dan AR dalam proses pembelajaran, (2) Meningkatkan keterampilan guru dalam merancang, mengembangkan, dan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis AI dan AR, (3) Mendorong integrasi teknologi tersebut ke dalam perangkat ajar formal, (4) Meningkatkan kepercayaan diri guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital di kelas. Kegiatan pengabdian ini berdampak pada peningkatan pemahaman dan keterampilan guru di sekolah mitra pada pemanfaatan teknologi AI dan AR dalam proses pembelajaran, peningkatan kepercayaan diri guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital di kelas.
Downloads
References
Amemasor, S. K., Oppong, S. O., Ghansah, B., Benuwa, B.-B., & Essel, D. D. (2025). A systematic review on the impact of teacher professional development on digital instructional integration and teaching practices. Frontiers in Education, 10. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1541031
Ashari, H., Makmur, E., Sari, D. A. L., Muchtar, A., & Burhan, M. I. (2024). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v2i1.1300
Candido, V. (2024). Augmented Reality in Vocational Education and Training. Swiss Federal University for Vocational Education and Training. https://www.sfuvet.swiss/research/publications/candido-v-2024-november-augmented-reality-vocational-education-and-training
Hariawan, A., Hermawan, H., & Waluyo, R. (2020). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(1). https://doi.org/10.35970/madani.v2i1.107
Kemendikbudristek. (2023). Survei nasional pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran digital.
Liston, M., Morrin, A. M., Furlong, T., & Griffin, L. (2022). Integrating Data Science and the Internet of Things Into Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics Education Through the Use of New and Emerging Technologies. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.757866
Nurcahyo, A., Ishartono, N., Waluyo, M., Sutama, S., & Sari, F. I. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) DENGAN SOFTWARE PAINT 3D BAGI GURU MATEMATIKA SMP. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2). https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11772
Prasetyo A., Y. T. A.-N. (2023). Augmented reality in vocational training: A systematic review of applications and effectiveness. Computers in Human Behavior, 125. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.107125
Prasetyo, Y. T., & Nugroho, A. (2023). Augmented reality in vocational training: A systematic review of applications and effectiveness. Computers in Human Behavior, 125, 107125. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.107125
Rachmadtullah, R., Prasetyo, T., Humaira, M. A., Sari, D. A., Samsudin, A., Nurtanto, M., . F., & ZamZam, R. (2025). Professional development for Indonesian elementary school teachers: Increased competency and sustainable teacher development programs. F1000Research, 13, 1375. https://doi.org/10.12688/f1000research.156946.3
Rulyansah, A., Ghufron, S., & Akhwan, A. (2025). Bridging the Digital Divide: Empowering Teachers with AI Tools in Rural Indonesian Schools. Indonesia Berdaya. Journal of Community Engagement, 6(2).
Runge, I., Hebibi, F., & Lazarides, R. (2025). Acceptance of Pre-Service Teachers Towards Artificial Intelligence (AI): The Role of AI-Related Teacher Training Courses and AI-TPACK Within the Technology Acceptance Model. Education Sciences, 15(2), 167. https://doi.org/10.3390/educsci15020167
UNESCO. (2022). Reimagining our futures together: A new social contract for education. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000380616
Wijaya, H., & Santoso, H. B. (2024). Application and effect analysis of virtual reality technology in vocational education practical training. Education and Information Technologies, 29(3), 345362. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13197-7
Xue, L., Ghazali, N., & Mahat, J. (2025). Artificial Intelligence (AI) Adoption Among Teachers: A Systematic Review and Agenda for Future Research. International Journal of Technology in Education, 8(3), 802824. https://doi.org/10.46328/ijte.1191
Yenioglu, B. Y., Ergulec, F., & Yenioglu, S. (2023). Augmented reality for learning in special education: a systematic literature review. In Interactive Learning Environments (Vol. 31, Issue 7). https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1976802
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Yasser, Esta Larosa, Sugeng Pramudibyo, Hafid Rahmandan, Hendra Uloli, Herinda Mardin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













