Persepsi Pengguna Terhadap Transformasi Sarana Transportasi Di Banyumas: Studi Tentang Aksesibilitas dan Kualitas Layanan Ojek Online

Authors

  • Safrida Heraning Tyas Universitas Jenderal Soedirman
  • Tegar Rizky Abdillah Universitas Jenderal Soedirman
  • Ayesha Liz Tantowi Universitas Jenderal Soedirman
  • Diah Ayu Nawang Wulan Universitas Jenderal Soedirman
  • Farhana Nayla Magistria Universitas Jenderal Soedirman
  • Alfira Hasna Nugraheni Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v6i2.6788

Keywords:

Ojek Online, Aksesbilitas, Kualitas Layanan, Persepsi Pengguna, Transformasi Transportasi

Abstract

Transformasi sarana transportasi di era digital telah mengubah pola mobilitas masyarakat, termasuk di wilayah semi-urban seperti Banyumas. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi pengguna terhadap aksesibilitas dan kualitas layanan ojek online serta memberikan rekomendasi praktis bagi peningkatan layanan guna mendukung mobilitas masyarakat. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 14 informan yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ojek online dinilai menawarkan kenyamanan, efisiensi waktu, kemudahan akses, serta pengalaman perjalanan yang lebih personal dan aman. Fitur aplikasi seperti pelacakan pengemudi dan pembayaran non-tunai turut memperkuat kepuasan pengguna. Meski demikian, ditemukan kendala berupa ketidaksesuaian data pengemudi, sikap kurang profesional, serta keterbatasan layanan saat hujan. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan standar etika pelayanan dan sistem verifikasi pengemudi, serta memberikan implikasi bagi pemerintah daerah dalam merumuskan regulasi transportasi yang inklusif dan berkelanjutan di Banyumas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyansah, M. A., Haris, M. I., & Nurdin, N. (2023). Driver and Consumer Compliance with Safety Features on Online Transportation Applications. Jurnal Ilmiah Psikologi. 11(3), 320-328.

Aji, G. V., & Daenova, H. L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang pada Transportasi Online Maxim. Jurnal Sains Student Research. 1(2). https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.162

Andilala, M. E. A., Bachtiar, F. A., & Saputra, M. C. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus: GO-JEK Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1638-1647.

Apriyanto, F. A., & Putri, A. T. (2022). Strategi Adaptasi Sopir Angkot Purwokerto dalam Bertahan Hidup di Tengah Kehadiran Trans Banyumas. ENDOGAMI: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 6(1), 1023.

Attfield, R. (2018). Robin Attfield - Environmental Ethics-OUP Oxford (2018) (p. 668). p. 668. United States of America: Oxford University Press.

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1), 4857. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

BANYUMASEKSPRES.ID. (2025). Legalitas Usaha di Banyumas Timur Meningkat, Driver Ojek Online Mulai Urus NIB. Diakses dari https://banyumasekspres.id/legalitas-usaha-di-banyumas-timur-meningkat-driver-ojek-online-mulai-urus-nib/

Clara, G. (2025). Penggunaan Teknologi pada Era Saat Ini: manfaat, Tantangan, dan Dampaknya. Link: https://kiyanto.com/artikel/iptek/penggunaan-teknologi-pada-era-saat-ini-manfaat-tantangan-dan-dampaknya/

Crystrie, D. A., & Adhianur, S. (2022). Pengaruh Inovasi Ojek Menjadi Ojek Online Pada Ekonomi Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0: (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya). PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 5259.

Deni, M. (2021). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Link: https://www.academia.edu/49172140/pengaruh_perkembangan_teknologi_terhadap_perubahan_sosial_masyarakat

Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas. (2024). Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas tahun 2024-2026. Pemerintah Kabupaten Banyumas. https://static.banyumaskab.go.id/website/documents/dinhub_22/2024/renstra%202024%20-2026%20-%20%20dinas%20perhubungan.pdf

Febrilia, I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi ojek online grab. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)| Vol, 10(1).

Firmansyah, D. (2018). Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu Journal of Primary Education, 2(1), 35. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668

Hasbullah, A. R., & Ahid, N. (2022). Penerapan Teori Interaksi Simbolik dan Perubahan Sosial di Era Digital. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 10(1), 3649.

Kopnina, H. (2020). Education for the future? Critical evaluation of education for sustainable development goals. Journal of Environmental Education, 0(0), 112. https://doi.org/10.1080/00958964.2019.1710444

Kristo, Y., F. (2017). Awal Mula Transportasi Online Menjamur di Indonesia. Link: https://inet.detik.com/cyberlife/d-3609781/awal-mula-transportasi-online-menjamur-di-indonesia

Lungsae, S., & Maika, M., R. (2021). Pengembangan Layanan Aplikasi Gojek Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal INFORMATEK, 23(1), 720.

Mahendra, R. A., & Luhfitasari, R. (2022). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Akibat Praktikum Jual Beli Akun Pengemudi Ojek Online di Kota Balikpapan. Journal De Facto, 8(2), 145160. https://jurnal.pascasarjana.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnaldefacto/article/view/115

Mahendri, W., & Munir, A. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Pengembangan Bisnis, 5(2), 1117.

Manueke, M., Tampi, B., G., & Londa, V. (2018). Persepsi Masyarakat tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online di Kota Manado (Studi Kasus PT. Gojek). Jurnal Administrasi Publik.

Miller, R., & Howell, G. (2019). Rubbish and reputation How unsustainable waste management impacts tourism. In Reputation and Image Recovery for the Tourism Industry. https://doi.org/10.23912/9781911396673-4120

Muliani, S., & Sembiring, R. D. (2022). Persepsi masyarakat terhadap penggunaan transportasi ojek online go-jek di kota medan. Jurnal Ruang Luar dan Dalam, 3(1), 35-41.

Najiah, L. A. & Sari, N. K. (2023). Persepsi Konsumen Terhadap kualitas Layanan Jasa Ojek Online (Go-Ride) di Makassar. POMA JURNAL: Publish Of Management. 1(1), 4854.

ODriscoll, J. (2017). Face and (im)politeness. In D. Z. K. E. Culpeper Jonathan, Michael Haugh (Ed.), The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness (pp. 89118). https://doi.org/10.1057/978-1-137-37508-7_5

Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022). Transformasi digital: sebuah tinjauan literatur pada sektor bisnis dan pemerintah. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2).

Paramajaya, I. P. G. (2018). Implementasi Konsep Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global: Berpikir Global Berperilaku Lokal. Purwadita, 2(2), 2733.

Pemerintah Kabupaten Banyumas. (2024). Peraturan Nomor 11 Tahun 2024. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Download/373917/Peraturan-Nomor-11-Tahun-2024.pdf

Purnomo, M., Maulina, E., Wicaksono, A. R., & Rizal, M. (2023). Determinan faktor adopsi teknologi internet of things: toe model. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(2), 480489. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1214

Putra, Y. W. R., Styaningsih, N. F., & Herviana, W. H. (2022). Analisis Perkembangan Transportasi Online di Indonesia Pada Era 4.0 dengan Metode Penelitian Deskriptif. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi - JTEKSIS, 4(1), 162170.

Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal ilmu sosial dan Humaniora, 4(2), 672685.

Ramadhanty, D. A. & Meiliana, D. (2024). Penumpang Ojol Keluhkan Susah DapatDriver hingga 2 Jam Lamanya. https://megapolitan.kompas.com/read/2024/04/06/19100191/penumpang-ojol-keluhkan-susah-dapat-driver-hingga-2-jam-lamanya?utm_source=chatgpt.com.

Rizal, H. A., Bani, P. T., Kumalawati, A., & Sina, D. A. (2023). Pemilihan Moda Transportasi Online di Kabupaten Kupang. Jurnal Warta Ardhia, 49(2), 6068. http://dx.doi.org/10.25104/wa.v49i2.548.60-68

Rizky, A. F., Rosyidi, S., & Sari, D. A. (2023). Pengaruh relationship marketing, kualitas pelayanan, dan penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen (Studi kasus pada tingkat kepuasan konsumen jasa pelayanan Grab Bike di Rembang Kota). Jurnal Mirai Management, 8(2), 498511. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4501

Sakti, P., GS, V. E., & Prianto, A. (2024). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online Dan Angkutan Konvensional Di Kota Kendari. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1091-1098.

Salsabila, N. A., Stahbudi., & Anggriana, A. (2024)/ Pembatalan Pesanan di PT Go-Jek dalam Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). Jurnal of Shariah Economic Law Faculty of Shariah IAIN Pontianak. 4(2), 579-587.

Sari, A. L., Cahyani, A. P. R., & Martdina, Y. N. (2024). Peran Teknologi Terhadap Transformasi Sosial Dari Ojek Konvensional Ke Ojek Online. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(3), 160171.

Schmidt, J. J. (2018). Water: Abundance, Scarcity, and Security in the Age of Humanity. Current Science. https://doi.org/10.18520/cs/v115/i6/1204-1204

Sena, A., & Prayitno, H. (2024). Membangun Transformasi Digital dan Berkelanjutan Transportasi Udara Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 696704.

Setiawan, I. (2024). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online terhadap Pangkalan Ojek Konvensional di Terminal Lama Wonogiri. Jurnal Studi Islam dan Sosial. 1(1) 131-142. doi: 10.58326/jurnallisyabab.v1i1.18

Sugianto, S., & Kurniawan, M. A. (2020). Tingkat ketertarikan masyarakat terhadap transportasi online, angkutan pribadi dan angkutan umum berdasarkan persepsi. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 1(2), 5158. https://doi.org/10.52920/jttl.v1i2.11

Taylor, B. (2019). Religion and environmental behaviour (part one): World religions and the fate of the Earth. The Ecological Citizen, 3(1), 7176.

Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 822829. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35970

Wibisono, W., & Holili, M. H. (2022). Pengaruh Kehadiran Ojek Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Dan Daya Serap Pengangguran Di Masyarakat Banyumas. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 4(2), 5169. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i2.383

Wirahaji, I. B. (2023). Analisis kepuasan masyarakat pengguna layanan ojek online di kawasan wisata Kuta. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 27(1), 110. https://doi.org/10.24843/JITS.2023.v27.i01.p13

Yanti, P. F. (2021, September). Mengukur Kualitas Pelayanan pada Ojek Online di Masa Pandemi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 940947.

Yanti, S., Chika, N., Utami, A., & Dasman, S. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasaaan Pelanggan (Studi kasus penggunaan ojek online (Go-Jek) pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang). Jurnal Pemasaran Bisnis, 7(1).

Downloads

Published

2025-12-19

How to Cite

1.
Tyas SH, Abdillah TR, Tantowi AL, Nawang Wulan DA, Magistria FN, Nugraheni AH. Persepsi Pengguna Terhadap Transformasi Sarana Transportasi Di Banyumas: Studi Tentang Aksesibilitas dan Kualitas Layanan Ojek Online . PARTA [Internet]. 2025Dec.19 [cited 2025Dec.19];6(2):116-2. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/6788

Issue

Section

Artikel