Pengenalan Coding Untuk Siswa SD Pelangi Jimbaran
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v6i1.6782Keywords:
PKM, Pengenalan Coding, SD Pelangi JimbaranAbstract
Keterampilan pemrograman atau coding pada jenjang pendidikan dasar di Indonesia masih belum memperoleh perhatian yang memadai dan belum terintegrasi dalam kurikulum formal, berbeda dengan negara maju yang telah menerapkan pendekatan Computational Thinking sejak dini. Merespons tantangan tersebut, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SD Pelangi Jimbaran dengan tujuan meningkatkan literasi digital siswa melalui pelatihan bertema “Pengenalan Dampak Teknologi Informasi, Internet, dan Coding” menggunakan pendekatan berbasis aljabar dan bahasa pemrograman Python. Pelatihan diberikan kepada siswa kelas IV hingga VI dengan metode kombinatif berupa ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung yang dirancang secara bertahap dan kontekstual. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata pemahaman siswa, yaitu dari 43,6 menjadi 75,1 untuk materi TI, dari 45,4 menjadi 77,6 untuk pemanfaatan internet, serta dari 41,7 menjadi 76,4 untuk kemampuan dasar coding. Selain peningkatan kognitif, kegiatan ini juga mendorong kepercayaan diri, rasa ingin tahu, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini memperkuat bukti bahwa pendekatan edukatif yang interaktif dan berbasis praktik efektif dalam membentuk pola pikir logis, kritis, dan sistematis sejak usia sekolah dasar. Oleh karena itu, kegiatan ini berkontribusi dalam menyiapkan generasi muda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital dan mampu menggunakan teknologi secara bijak dan produktif.
Downloads
References
Abdurrahman, A., Wahyudin, D., & Sutarto, H. (2023). Computational Thinking in Elementary Education: A Review of Implementation in Developing Countries. International Journal of Instruction, 16(1), 211–226. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2023.16112a
Fitria, D., Suryani, I., & Nugroho, H. (2023). Analisis Kesiapan SD dalam Implementasi Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 115–123.
Hasanah, S. M., Rahmawati, R., & Sari, D. P. (2023). Pentingnya Pembelajaran Coding untuk Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 45–56.
Kusumawardani, D., Andriani, N., & Mustikasari, L. (2020). Computational Thinking sebagai Landasan Pembelajaran Coding di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 215–225.
Maulidiyah, M., Prasetyo, H., & Lestari, P. (2023). Pengenalan Dasar Pemrograman Menggunakan Python untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 82–91.
Nisa, K., Hidayat, T., & Rachmawati, R. (2022). Studi Literatur: Hambatan dan Peluang Implementasi Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 5(3), 56–66.
Putri, A. D., & Taufik, M. (2021). Penggunaan Python dalam Pembelajaran Coding untuk Pemula. Jurnal Pendidikan Informatika, 5(1), 10–18.
Ramadhani, D., Susanti, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Praktik Langsung pada Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 77–86.
Wibawa, I. D. N., & Patra, I. M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dalam Kegiatan Pengabdian untuk Meningkatkan Keterampilan TIK Siswa. PARTA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87–95.
Yuliana, R., & Afriani, D. (2022). ). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 31–39.
Yuliani, D., & Patra, I. M. (2021). Peningkatan Literasi Teknologi Melalui Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. PARTA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–52.
Yuliani, S., Mulyadi, D., & Nurhasanah, E. (2021). Membangun Computational Thinking melalui Media Digital Interaktif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(3), 133–140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Wayan Jeri Kusuma Dewi, I Gede Made Yudi Antara, Aniek Suryanti Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.