Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Bagi Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v6i1.6743Keywords:
ethnoscience, local wisdom , contextualAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kapasitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa, khususnya melalui pendekatan etnosains. Etnosains merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dalam penyampaian konsep-konsep ilmiah. Tujuan utama pelatihan ini adalah membekali guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Pekanbaru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis etnosains. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru dan dilaksanakan secara luring terbatas. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta yang signifikan. Artikel ini menguraikan urgensi, proses pelaksanaan, hasil, dan refleksi dari pelatihan, serta memberikan rekomendasi untuk keberlanjutan program tentang kearifan lokal di masa mendatang seperti pembuatan modul dan bahan ajar berbasis etnosains.
Downloads
References
Aqilla, R. M., & Effendi, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 34-42.
Khoiriyah, A., Astriani, D., & Qosyim, H. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 215–223.
Melawati, E., & Istianah, N. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(3), 100-109.
Nuragnia, N., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 12-22.
Rahmila, M., Iriani, R., & Kusasi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnosains. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 157-166.
Rikizaputra, R., Firda, A., & Afidah, M. (2021). Integrasi Etnosains dalam Kurikulum Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus pada Guru IPA di Riau. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 89-98.
Subekti, H., & Fibonacci, R. (2014). Penggunaan Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 120-127.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mar'atul Afidah, Arlian Firda, Rikizaputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.