Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Bagi Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru

Authors

  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Arlian Firda Universitas Lancang Kuning
  • Rikizaputra Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v6i1.6743

Keywords:

ethnoscience, local wisdom , contextual

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kapasitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa, khususnya melalui pendekatan etnosains. Etnosains merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dalam penyampaian konsep-konsep ilmiah. Tujuan utama pelatihan ini adalah membekali guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Pekanbaru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis etnosains. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru dan dilaksanakan secara luring terbatas. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta yang signifikan. Artikel ini menguraikan urgensi, proses pelaksanaan, hasil, dan refleksi dari pelatihan, serta memberikan rekomendasi untuk keberlanjutan program tentang kearifan lokal di masa mendatang seperti pembuatan modul dan bahan ajar berbasis etnosains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqilla, R. M., & Effendi, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 34-42.

Khoiriyah, A., Astriani, D., & Qosyim, H. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 215–223.

Melawati, E., & Istianah, N. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 5(3), 100-109.

Nuragnia, N., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 12-22.

Rahmila, M., Iriani, R., & Kusasi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnosains. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 157-166.

Rikizaputra, R., Firda, A., & Afidah, M. (2021). Integrasi Etnosains dalam Kurikulum Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus pada Guru IPA di Riau. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 89-98.

Subekti, H., & Fibonacci, R. (2014). Penggunaan Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 120-127.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

1.
Afidah M, Firda A, Rikizaputra R. Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Bagi Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. PARTA [Internet]. 2025Jun.25 [cited 2025Aug.5];6(1):23-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/6743

Issue

Section

Artikel