Pendataan Potensi SMKN 4 Sidrap Melalui Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Authors

  • Kamal Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Syahrir L Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hizyam Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Fatimah Azzahrah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Zulfahmi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Ridwan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v5i2.5603

Keywords:

Pendataan, SMKN, PLP

Abstract

Masalah yang ditemukan adalah berkurangnya minat siswa mendaftar di di SMKN 4 Sidrap .Tujuan pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui lingkungan fisik dan non fisik SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui sikap dan pola tingkah laku siswa SMKN  ; untuk mengetahui proses pembelajaran SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui kultur SMKN 4Sidrap; untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler SMKN 4 Sidrap; untuk mengetahui pendidik SMKN 4 Sidrap. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2024 sampai 9 September  di SMKN 4 Sidrap. Masalah yang diangkat dalam kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendataan sekolah tentang keadaan fisik dan non fisik, sikap siswa, proses pembelajarn, kultur sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu observasi, wawancara, diskusi, dan dokumentasi kegiatan. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan mengkaji relevansi, efisiensi, efektivitas dan dampak suatu kegiatan dengan tujuan yang ingin dicapai. Monitoring dan evaluasi dimulai dari sosialisasi kegiatan pendampingan, perencanaan, pelaksanaan dan keberlanjutan terhadap perencanaan program. Kesimpulan dalam kegiatan ini memberikan informasi terbaru kepada pihak sekolah sehingga menjadi bahan evaluasi diri untuk peningkatan kavasitas dan sumber daya pada SMKN 4 Sidrap sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Output dari pengabdian ini berupa video profil sekolah yang dapat digunakan sebagai bahan promosi sekolah di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri Khaeriyah. 2022. Edukasi Konsumsi 1 Hari 1 Telur Dan Cara Pengolahan Dalam Peningkatan Statu Gizi. Rappang : UMS Rappang.

Kamal, 2023. Peningkatan Pelayanan Masyarakat Berbasis Digital dengan menggunakan Aplikasi Siberas Pada Di Desa Talawe. UMS Rappang

Kemenristekdikti. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru. Jakarta.

Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15450

Nurmayanti, dkk . 2023. Panduan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 1). FKIP UMS Rappang

Said Sunandar, (2022). Pemberdayaan kelompok lansia dalam mencegah penyakit tidak menualar di Desa Lombo Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang.

Setiawan H., Erison., Choirunnisa. (2023). Penguatan Kapasitas SDM Melalui Motivasidan EdukasiPendidikan Tinggi Bagi Siswa SMK NU Bandar Kabupaten Batang. Bali: Jurnal Parta Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4218

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

1.
Kamal K, L S, Hanafi M, Hizyam M, Azzahrah F, Zulfahmi Z, Ridwan M. Pendataan Potensi SMKN 4 Sidrap Melalui Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). PARTA [Internet]. 2024Dec.19 [cited 2024Dec.27];5(2):134-43. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/5603

Issue

Section

Artikel