Pelatihan Penyusunan E-LKPD Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terintegrasi Wizer.Me di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v5i2.5525Keywords:
ilmu pengetahuan alam, sekolah, chatgpt, quillbot, wizer.meAbstract
Teknologi digital telah menjadi bagian integral dalam pendidikan, dan memberikan banyak manfaat seperti: kemudahan akses sumber informasi, meningkatkan keterlibatan peserta didik, memudahkan guru menyusun materi sesuai kebutuhan, dan penggunaan teknologi secara langsung mempersiapkan peserta didik untuk dunia kerja. Kegiatan observasi awal ditemukan berbagai permasalahan yang telah disepakati dengan mitra, yaitu: keterbatasan keterampilan memanfaatkan teknologi pembelajaran, minimnya pengetahuan terkait asesmen digital, hanya menggunakan sumber belajar dari buku teks sementara penyediaan buku teks IPAS masih terbatas, dan proyek yang dilakukan peserta didik tidak menggukan LKPD. Dengan demikian ditetapkan solusi permasalahan dengan melakukan pelatihan penyusunan E-LKPD teintegrasi wizer.me. Adapun mitra pada kegiatan ini yaitu guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus II Iskandar Muda Aceh Tamiang, dengan peserta kegiatan sejumlah 33 orang. Kegiatan dilakukan di SD Negeri 1 Karang Baru. Pelaksanaan PKM terdiri dari empat kegiatan, yaitu: bimbingan teknis, pelatihan penyusunan konsep IPAS pada LKPD menggunakan AI, pelatihan penyusunan E-LKPD terintegrasi wizer.me, dan monitoring evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kegiatan PKM ini merujuk pengabdian 4.0, serta mendukung pencapaian SDGs di bidang pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu: meningkatkan keterampilan pemanfaatan teknologi pembelajaran seperti menyusun E-LKPD terintegrasi wizer.me dan berbagai sumber belajar digital, serta menambah wawasan mitra terkait asesmen digital dan manfaatnya. Kegiatan pengabadian membuktikan bahwa 96,96% guru menyelesaikan produk E-LKPD yang terintegrasi wizer.me dengan baik. Selain itu, data respon menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi guru-guru sekolah dasar Aceh Tamiang, sehingga dapat direkomendasikan kepada guru dari sekolah lain untuk dapat memanfaatkan wizer.me sebagai platform penyusunan E-LKPD.
Downloads
References
Agustin, S. E., Yuhana, Y., & Alamsyah, T. P. (2023). Pengembangan E-LKPD Google Slide berbasis Pear Deck Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1832
Akbar, M. N., Meidinah, N., & Hidayat, A. M. N. (2023). Application of Automatic Assessment Methods For UTS And UAS in Computer Networks Courses. Jurnal Insypro, 8(2). https://doi.org/10.24252/insypro.v8i2.42682
Ardiana, Nurazmi, & Ariana. (2021). Pelatihan Pengembangan Digital Assessment Bagi Guru-Guru di MTs Muhammadiyah Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2). https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1664
Azizah, N. N., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Game Edukatif Quizizz Pada Mata Pelajaran Marketing. Journal of Innovation and Teacher Profesionalism, 2(2). https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209
Dewi, N. A., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Wizer.Me Materi Sifat-sifat Bangun Ruang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.995
Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer.me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382
Kurniawan, M. R., & Risnani, L. Y. (2021). Pengembangan Game Edukasi Digital dan Implementasi Pada Pembelajaran Biologi Materi Plantae Peserta didik SMA Kelas X. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 12(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3759
Leasa, M., Fenanlampir, A., Pelamonia, J., Talakua, M., & Batlolona, J. R. (2024). Pelatihan Desain Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning di SD Inpres 19 Ambon. Publikasi Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v14i2.61298
Mahlianurrahman, & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran BerbasisKurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1). https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283
Mai, D. T. T., Da, C. V., & Hanh, N. Van. (2024). The use of ChatGPT in teaching and learning: a systematic review through SWOT analysis approach. Frontiers in Education, 9(Section Digital Education). https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1328769
Maisarah, & Yusnita, N. S. (2024). Development of Canva Multimedia-Assisted Interactive Learning Videos in Grade IV Science Lessons in Elementary Schools. Madako Elementary School, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.56630/mes.v3i1.222
Montenegro-Rueda, M., Fernandez-Cerero, J., Fernandez-Batanero, J. M., & Lopez-Meneses, E. (2023). Impact of the Implementation of ChatGPT in Education: A Systematic Review. Cimputers, 12(8). https://doi.org/10.3390/computers12080153
Nababan, S. ., & Putri, D. . (2022). Analisis Kebutuhan E-LKPD Terhadap Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 6(1). https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i1.1199
Nikolic, S., Daniel, S., Haque, R., Belkina, M., Hassan, G. M., Grundy, S., Lyden, S., Neal, P., & Sandison, C. (2023). ChatGPT versus engineering education assessment: a multidisciplinary and multi-institutional benchmarking and analysis of this generative artificial intelligence tool to investigate assessment integrity. European Journal of Engineering Education, 48(4). https://doi.org/10.1080/03043797.2023.2213169
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Edisi Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Prasetya, C., Maisarah, Tanjung, R. A., & Faradilla, M. (2024). Pengembangan LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Lantanida Journal, 12(1), 46–59. https://doi.org/10.22373/lj.v12i1.23070
Pristiandaru, D. L. (2023). Mengenal 17 Tujuan SDGs Pembangunan Berkelanjutan Beserta Penjelasannya. KOMPAS.Com. https://lestari.kompas.com/read/2023/05/02/080000486/mengenal-17-tujuan-sdgs-pembangunan-berkelanjutan-beserta-penjelasannya?page=all
Raheem, B. R., Anjum, F., & Ghafar, Z. N. (2023). Exploring the Profound Impact of Artificial Intelligence Applications (Quillbot, Grammarly and ChatGPT) on English Academic Writing: A Systematic Review. International Journal of Integrative Research (IJIR), 10(1), 599–622. https://doi.org/10.59890/ijir.v1i10.366
Safitri, O. N., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. JPGSD, 10(1).
Sahidu, H., Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Nisrina, N. (2020). Model E-Assessment dan Implikasinya dalam pembelajaran. Mataram: Literasi Nusantara.
SDGS, T. (2019). The 17 Goals. Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development. https://sdgs.un.org/goals
Segbenya, M., Senyametor, F., Aheto, S.-P. K., Agormedah, E. K., Nkrumah, K., & Kaeebi-Donkor, R. (2024). Modelling the influence of antecedents of artificial intelligence on academic productivity in higher education: a mixed method approach. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2387943
Shloul, T. Al, Mazhar, T., Abbas, Q., Iqbal, M., Ghadi, Y. Y., Shahzad, T., Mallek, F., & Hamam, H. (2024). Role of activity-based learning and ChatGPT on students’ performance in education. Computers and Educationa: Artificial Intelligence, 6(June). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2024.100219
Sibanda, M., Khumalo, N. Z., & Fon, F. N. (2023). A review of the implications of artificial intelligence tools in higher education. Should we panic? Proceedings of the 10th Focus Conference. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-134-0_9
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana, 4(1). https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i1.2527
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Susilawati, E., Khaira, I., Atmawarni, & Kesuma, S. (2022). Implementasi Model Penilaian Berbasis Digital Automated Short Essay Scoring (ASES) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik. Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.41937
Syahria, N. (2019). The Utilization of Digital Assessment for A Better Learning Experience. Sirok Bastra, 7(1), 61–71. https://doi.org/10.37671/sb.v7i1.155
Tarantang, J., Kurniawan, R., Akbar, W., Sumiati, F., & Rahayu, H. (2022). Edukasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Orang Tua di Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3564
Windiarti, I. S., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maisarah, Cyndi Prasetya, Mulyani, Ika Meysari, Gadis Geubrina, Cut Kumala Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.