Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Merek dan Pelatihan Pemasaran Digital Bagi UMKM Desa Warnajati Kec. Cibadak, Kab. Sukabumi
Keywords:
Innovation, Brand, Training, Digital Marketing, MSMEsAbstract
UMKM Keripik Bapak Yudi dan Ibu Sarmilah di Desa Warnajati menghadapi penurunan penjualan karena minimnya pengetahuan tentang pemasaran digital. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan perubahan model promosi yang dapat membantu UMKM mempertahankan usaha mereka. Melalui perkembangan teknologi, media sosial menjadi pilihan yang populer dan berpotensi besar sebagai sarana promosi. Program pengabdian ini bertujuan memberikan wawasan tentang pentingnya media sosial untuk promosi, dengan pendampingan dalam desain dan inovasi merek. Metode yang digunakan adalah pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada identifikasi, penguatan, dan pemanfaatan sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini meliputi peningkatan pemahaman pemilik UMKM tentang media sosial, terciptanya desain dan inovasi merek, pembuatan akun WhatsApp Business, serta peningkatan keterampilan dan penjualan produk mereka.
Downloads
References
Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Makassar : Celebes Media Perkasa.
Diharto, A. K. (2022). Manajemen Inovasi dan Kreativitas. Gerbang Media Aksara.
Febriyantoro, M. & Arisandi, D., (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi asean. Jurnal Manjemen Dewantara, 1(2), pp. 62-76
Halim, A. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 157-172.
Hamzah, R. E, Putri, C. E (2021). Pemanfaatan Difital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 12-20
Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Penggunaan Whatsapp Business untuk Meningkatkan Perjualan dan Kedekatan dengan Pelanggan di PT Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 193-200.
Hirawat, F., & Darma, G. S. (2022). Menelisik Digital Marketing dan Unique Selling Point pada Skincare Indonesi. Jurnal Manajemen Bisnis, 189-209.
Liliyan, A. (2020). Entrepreneurial Marketing dan Trust Terhadap Marketing Performance. Jurnal Manajemen Bisni, 531-547.
Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. Pekanbaru: Pena Persada.
Pratama, R. A. (2019). Pengaruh Personal Selling dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi PT. QBE General Insurance Indonesia Cabang Makassar. Tesis. Makassar : Universitas Hasanudin.
Rini, M. N. A., & Shihab, M. R. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170
Septhiadi, D. (2019). Disrupsi : Siap! (Strategi Inovasi dan
Aplikasinya Untuk Menjadi Pemenang). Baraqa Publishing.
Surur, A. M., & Paramita, P. D. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab, 21-31.
Surveyandini, M. (2022). Strategi Pemasaran Ampuh. Nas Media Pustaka.
Opendata.jabarprov.go.id (diakses pada 25 Oktober 2024 pukul 19:34).
Sukabumikab.bps.go.i (diakses pada 25 Oktober 2024 pukul 20:14).
Statista.com (diakses pada 25 Oktober 2024 pukul 20:36).
UMKM Keripik Bapak Yudi dan Ibu Sarmilah. (2023)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chandra Ayu Pramestidewi, Titiek Tjahja Andari , Yulianingsih, Dina Selvia, Taristania Lupita, Riska Putri Yanti , Zeviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.