Sosialisasi Hukum Pencegahan Tindak Kekerasaan dan Perilaku Bullying Pada Anak di TK ABA Samarinda

Authors

  • Aullia Vivi Yulianingrum Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Suryaningsi Universitas Mulawarman
  • Alfina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Wanda Frisilia Kalsela Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4672

Keywords:

Sosialisasi Hukum, Perilaku, Kekerasan, Bullying

Abstract

Mengurangi penindasan (bullying) di sekolah merupakan perhatian utama para pendidik, orang tua, dan legislator. Kekerasan terwujud dalam berbagai cara, dan semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kekerasan tingkat rendah atau mendasar mempunyai dampak yang besar terhadap lingkungan belajar di sekolah. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan pendampingan penanganan kasus secara face to face yang meliputi identifikasi kasus, sosialisasi, pemberian materi, pendampingan hukum, solusi, diskusi serta mediasi. Tujuan dari pengabdian adalah menyelesaikan sengketa antara orang tua/wali murid terhadap tindakan bullying oleh siswa penyandang pendampingan psikolog serta memberikan solusi damai antar para pihak yang mengalami konflik. Pengabdian ini menghasilkan bahwa pada kenyataannya bentuk perilaku bullying disertai kekerasan paling umum terjadi di sekolah saat ini dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan bentuk kekerasan yang lebih serius. Oleh karena itu, aspek penting dalam pencegahan kekerasan di sekolah adalah identifikasi dan penerapan intervensi ataupun strategi yang dirancang untuk mencegah atau mengurangi intimidasi di sekolah. Strategi pencegahan intimidasi praktis yang menargetkan berbagai tingkat (yaitu, individu, ruang kelas, dan sekolah) disediakan, dan pedoman praktik terbaik untuk menerapkan program pencegahan intimidasi di sekolah dengan banyak melakukan sosialisasi hukum dan parenting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Attfield, R. (2018). Robin Attfield - Environmental Ethics-OUP Oxford (2018) (p. 668). p. 668. United States of America: Oxford University Press.

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1), 4857. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Carmela, H. R. F., & Suryaningsi, S. (2021). Penegakan Hukum Dalam Pendidikan dan Perlindungan Anak di Indonesia. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 58-65.

Dalengkade, M. N., Sadjab, B. A., Pujiastuti, D. R., Kurnia, K., & Purwaningsih, N. (2023). Pelatihan Ekonomi Kreatif Pembuatan Wine Salak Nanas dan Rempah-Rempah Sebagai Peluang Usaha. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9-17.

Firmansyah, D. (2018). Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(1), 35. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668

Fithria, F., & Aulia, R. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, 7(3), 9-17.

Insan Tajali Nur. (2023) Sosialisasi Bantuan Hukum Ganti Rugi Lahan Sebagai Problem Solving Pada Masyarakat Lok Bahu Samarinda. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 142-149.

Kopnina, H. (2020). Education for the future? Critical evaluation of education for sustainable development goals. Journal of Environmental Education, 0(0), 112. https://doi.org/10.1080/00958964.2019.1710444

Miller, R., & Howell, G. (2019). Rubbish and reputation How unsustainable waste management impacts tourism. In Reputation and Image Recovery for the Tourism Industry. https://doi.org/10.23912/9781911396673-4120

ODriscoll, J. (2017). Face and (im)politeness. In D. Z. K. E. Culpeper Jonathan, Michael Haugh (Ed.), The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness (pp. 89118). https://doi.org/10.1057/978-1-137-37508-7_5

Paramajaya, I. P. G. (2018). Implementasi Konsep Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global: Berpikir Global Berperilaku Lokal. Purwadita, 2(2), 2733.

Schmidt, J. J. (2018). Water:Abundance, Scarcity, and Security in the Age of Humanity. Current Science. https://doi.org/10.18520/cs/v115/i6/1204-1204

Setiawan, H., Yendra, Y., & Choirunnisa, C. (2023). Penguatan Kapasitas SDM Melalui Motivasi dan Edukasi Pendidikan Tinggi Bagi Siswa SMK NU Bandar Kabupaten Batang. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-8.

Taylor, B. (2019). Religion and environmental behaviour (part one): World religions and the fate of the Earth. The Ecological Citizen, 3(1), 7176.

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Wiyani, Novan Ardy. "Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Gerakan Pramuka di SD." Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam 4, no. 2 (2012).

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo.

Sumber Internet:

https://dkp3a.kaltimprov.go.id/ diakses tanggal 19 November 2023

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

1.
Yulianingrum AV, Suryaningsi S, Alfina A, Kalsela WF. Sosialisasi Hukum Pencegahan Tindak Kekerasaan dan Perilaku Bullying Pada Anak di TK ABA Samarinda. PARTA [Internet]. 2023Dec.25 [cited 2024Dec.26];4(2):156-63. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4672

Issue

Section

Artikel