Efektivitas “Puzzle Rumah Perkalian” dalam Menunjang Konsep Matematika Dasar Murid Slow Learner di Kawasan Perbatasan

Authors

  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
  • Hermina Disnawati Universias Timor
  • Andreas Roberto Kasa Universias Timor
  • Florida Owa Universias Timor
  • Esterlin Kusi Universias Timor

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4592

Keywords:

Puzzle Rumah Perkalian, Konsep Matematika Dasar, Murid Slow Learner

Abstract

Kegiatan ini didasari learning loss pada saat Covid-19 yang berdampak munculnya murid slow learner akibat adanya kebijakan belajar dari rumah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguji tingkat efektivitas “Puzzle Rumah Perkalian” dalam menunjang konsep matematika dasar murid slow leraner di Kawasan Perbatasan Darat Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, yaitu One-Group Pretest-Posttest. Tahapan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan pre test, eksperimen dan postest. Jumlah murid yang terlibat adalah 18 orang siswa sekolah dasar kelas 4. Metode pengumpulan informasi merupakan tes, serta dokumentasi. Metode analisa data yang dipakai merupakan analisa statistik deskriptif, analisa N- Gain serta analisa inferensial. Hasil riset membuktikan kalau nilai rerata pretest merupakan 40,51 serta nilai rerata post test merupakan 66,29. Nyata kalau terjadi kenaikan sehabis peserta didik dikasihkan perlakuan Pembelajaran matematika memakai“ Puzzle Rumah Perkalian” sebesar 25,78 serta rerata N-gain ialah 0,43 termasuk kategori sedang. Bersumber pada hasil studi ini, bisa disimpulkan kalau aplikasi “Puzzle Rumah Perkalian” pada pembelajaran matematika materi operasi bilangan bulat khususnya pada operasi perkalian bisa mendukung matematika dasar anak didik slow learner di Area Perbatasan. Konsep berikutnya yang hendak digarap merupakan meningkatkan alat pembelajaran matematika yang sesuai buat anak didik slow learner di Area Perbatasan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. rasul. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di SD Cordova Indonesia Mimika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 107114. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.614.

Ahmadi, F., Hapsari, I. P., & Artharina, F. P. (2022). Developing Android-based English Multimedia in Improving the Skill of Literary Criticism. Journal of Nonformal Education, 8(1), 6065. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v8i1.34566

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana Strengthening of Character Education in Mathematics Learning Using Insana Motif of Woven Fabric 1). Jppm, 4(1), 2530.

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160.

Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 115.

Deda, Y. N. (2022). LAPORAN BULAN SEPTEMBER PROGRAM MAGANG DOSEN KE PERGURUAN TINGGI TAHUN 2022. UNESA, September.

Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2020). Workshop Media Alat Peraga Matematika Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 8(1), 5184. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.5184

Deda, Y. N., Disnawati, H., Biamsasi, M., Kolo, H., & Manbait, A. N. E. (2023). Penerapan Puzzle Rumah Penjumlahan untuk Menunjang Konsep Matematika Dasar bagi Murid Slow Learner di Sekolah Dasar Informasi Artikel Abstrak. 2, 8695.

Deda, Y. N., Disnawati, H., & Missa, A. (2022). Penggunaan Alat Peraga Matematika Kubus-Kubus Satuan Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar. Bakti Cendana, 5(1), 3339. https://doi.org/10.32938/bc.5.1.2022.33-38

Deda, Y. N., Disnawati, H., & Yulita, D. (2022). Pendampingan Anak Sekolah Minggu Melalui Bimbingan Belajar GASING Untuk Mengatasi Learning Loss Akibat Pandemi Covid-19. Bakti Cendana, 05(2), 5157.

Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana, 2(2), 3844. https://doi.org/10.32938/bc.v2i2.280

Enjelika, R. F., Jagadianti, G. W., & Nikmah, K. (2022). Penggunaan Media Perkalian pada Pembelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Senada, 2, 7078.

Hapsari, R. K. (2015). Peningkatan Kemampuan Operasi Dasar Perkalian Dengan Penerapan Perangkat Lunak Permainan Rumah Perkalian. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 361366.

Pamungkasari, E. P., & Probandari, A. (2013). PENGUKURAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI DOKTER. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1128

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Ajaran 2018/2019 (p. 1). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&

Suddin, S., & Deda, Y. N. (2020). Education Game based on Timor Local Wisdom as an Android-Based Mathematics Learning Media. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227246. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6958

Sukayati, & Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, 94. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/7956

Suparji. (2022). evaluasi pembelajaran berbasis aktivitas. Unesa.

Venni Herli Sundi, Herwina Bahar, R. I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 3(2), 5462.

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Wulandrio, R., & Rahmawati, I. (2018). Penggunaan Media Rumah Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Sd Laboratorium Unesa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254978.

Yustinaningrum, B., Ahmad, N. Q., Lubis, N. A., Harahap, R., & Umar, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Papan Perkalian Dari Barang Bekas. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 18. https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.12

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

1.
Ndapa Deda Y, Disnawati H, Roberto Kasa A, Owa F, Kusi E. Efektivitas “Puzzle Rumah Perkalian” dalam Menunjang Konsep Matematika Dasar Murid Slow Learner di Kawasan Perbatasan. PARTA [Internet]. 2024Jan.3 [cited 2024Nov.22];4(2):134-41. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4592

Issue

Section

Artikel