Pemasaran Pisang Nugget oleh Kelompok Muda di Manikin, Kupang: Strategi Efektif

Authors

  • Imanuel Malle Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4543

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pemasaran Offline dan Online, Pengolahan Nugget Pisang

Abstract

Strategi pemasaran merangkum cara-cara dimana bauran pemasaran disyukuri untuk menarik dan memuaskan pasar sasaran dan sekaligus mewujudkan tujuan perusahaan. Para pemuda dan mahasiswa di wilayah ini membentuk komunitas untuk memanfaatkan potensi lokal sepertimengolah buah pisang menjadi produk Pisang Nugget yang telah dikemas dengan nama “Queen Banana” namun masih kurang paham akan strategi pemasaran untuk penjualan produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menyampaikan materi tentang strategi pemasaran yang tepat. Kegiatan pengabdian diawali dengan pertemuan bersama mitra. Dalam pertemuan tersebut, tim dosen memberitahukan untuk mengundang anggota kelompok, tokoh agama, pemerintah dan petani, dalam rangka penyampaian informasi yang terukur.Tahap pelaksanakan melalui pemaparan materi, diskusi dan demonstrasi. Berdasarkan hasil pengabdian strategi pemasaran saat ini perlu mengikuti perkembangan berupa strategi pemasaran online menggunakan facebook, wa, Istagram, shopee, lazada dan membuat website contoh: blog, book online, marketplace, iklan online tanpa meninggalkan strategi pemasaran konvensional secara offline. Media tersebut dapat berupa televisi, radio, baliho, flayer, poster, dan acara (event), kartu nama, door to door, pamflet dan pengiriman surat. Kegiatan pengabdian seperti strategi pemasaran perlu dilakukan terhadap kaum muda untuk menambah pengetahuan dan keterampilan karena sangat berpotensi memanfaatkan teknologi media sosial untuk menarik pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiya, I. R. (2021, December 31). Analisi Usaha Nugget Pisang DI Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang [Monograph]. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. https://sipora.polije.ac.id/14843/

Ginting, Nembah F. HARTIMBUL. 2015. Manajemen Pemasaran. CV Yrama Widia. Bandung

Pradiani, T. (2017). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Siagian, S. C., M.Si, M. N., & Hasibuan, M. A. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Pada Inovasi Pengolahan Nugget Pisang Untuk Meningkatkan Ekonomi Di Desa Sipispis. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.31105/jpks.v18i1.1691

Sunariani, N. N. (2020). STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN PATUNG KAYU DI DESA BEDULU KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1.

Widharta, W. P. (2013). PENYUSUNAN STRATEGI DAN SISTEM PENJUALAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO DAMAI. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), Article 2.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

1.
Malle I. Pemasaran Pisang Nugget oleh Kelompok Muda di Manikin, Kupang: Strategi Efektif. PARTA [Internet]. 2024Jan.3 [cited 2024Feb.25];4(2):107-13. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4543

Issue

Section

Artikel