Pemasaran Pisang Nugget oleh Kelompok Muda di Manikin, Kupang: Strategi Efektif
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4543Keywords:
Strategi Pemasaran, Pemasaran Offline dan Online, Pengolahan Nugget PisangAbstract
Strategi pemasaran merangkum cara-cara dimana bauran pemasaran disyukuri untuk menarik dan memuaskan pasar sasaran dan sekaligus mewujudkan tujuan perusahaan. Para pemuda dan mahasiswa di wilayah ini membentuk komunitas untuk memanfaatkan potensi lokal sepertimengolah buah pisang menjadi produk Pisang Nugget yang telah dikemas dengan nama “Queen Banana” namun masih kurang paham akan strategi pemasaran untuk penjualan produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menyampaikan materi tentang strategi pemasaran yang tepat. Kegiatan pengabdian diawali dengan pertemuan bersama mitra. Dalam pertemuan tersebut, tim dosen memberitahukan untuk mengundang anggota kelompok, tokoh agama, pemerintah dan petani, dalam rangka penyampaian informasi yang terukur.Tahap pelaksanakan melalui pemaparan materi, diskusi dan demonstrasi. Berdasarkan hasil pengabdian strategi pemasaran saat ini perlu mengikuti perkembangan berupa strategi pemasaran online menggunakan facebook, wa, Istagram, shopee, lazada dan membuat website contoh: blog, book online, marketplace, iklan online tanpa meninggalkan strategi pemasaran konvensional secara offline. Media tersebut dapat berupa televisi, radio, baliho, flayer, poster, dan acara (event), kartu nama, door to door, pamflet dan pengiriman surat. Kegiatan pengabdian seperti strategi pemasaran perlu dilakukan terhadap kaum muda untuk menambah pengetahuan dan keterampilan karena sangat berpotensi memanfaatkan teknologi media sosial untuk menarik pembeli.
Downloads
References
Alfiya, I. R. (2021, December 31). Analisi Usaha Nugget Pisang DI Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang [Monograph]. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. https://sipora.polije.ac.id/14843/
Ginting, Nembah F. HARTIMBUL. 2015. Manajemen Pemasaran. CV Yrama Widia. Bandung
Pradiani, T. (2017). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Siagian, S. C., M.Si, M. N., & Hasibuan, M. A. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Pada Inovasi Pengolahan Nugget Pisang Untuk Meningkatkan Ekonomi Di Desa Sipispis. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.31105/jpks.v18i1.1691
Sunariani, N. N. (2020). STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN PATUNG KAYU DI DESA BEDULU KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1.
Widharta, W. P. (2013). PENYUSUNAN STRATEGI DAN SISTEM PENJUALAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO DAMAI. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), Article 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imanuel Malle
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.