Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya

Authors

  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Syamsul Bahri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Prabowo STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4344

Keywords:

Educational Innovation, Generative AI Technology, Learning Optimization, Personalized Learning Experiences, School Principals, Competencies

Abstract

Implementasi inovasi pendidikan dengan Teknologi Generative AI bertujuan meningkatkan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman dan keterampilan kepala sekolah serta guru dalam penerapan teknologi ini. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan keterampilan praktis. Guru juga perlu menciptakan konten pembelajaran inovatif. Teknologi ini menawarkan fitur-fitur khusus seperti pembelajaran adaptif dan penggunaan simulasi interaktif. Dengan penerapan yang tepat, teknologi ini diharapkan memberikan manfaat signifikan bagi kepala sekolah, guru, dan siswa SMP di Palangkaraya. Pembelajaran akan menjadi lebih interaktif, personal, dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Namun, penting untuk mengatasi tantangan dalam implementasi serta memastikan penggunaan teknologi ini sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslam, M. P., Nurdin, H. D., & Suharto, N. (2023). Prefessional Learning Community: Strategi Tingkatkan Kinerja Guru. Indonesia Emas Group.

Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Baidoo-Anu, D., & Owusu Ansah, L. (2023). Education in the era of generative artificial intelligence (AI): Understanding the potential benefits of ChatGPT in promoting teaching and learning. Available at SSRN 4337484.

Dai, Y., Liu, A., & Lim, C. P. (2023). Reconceptualizing ChatGPT and generative AI as a student-driven innovation in higher education.

Diah Hidayati, M. M. (2022). Sistem Informasi Pendidikan dan Transformasi Digital. UAD PRESS.

Efgivia, M. G. (2020). UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Siliwangi, 1(1).

Jannah, L. K. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Manajemen Pendidikan. Islamika, 2(1), 129–139.

Lim, W. M., Gunasekara, A., Pallant, J. L., Pallant, J. I., & Pechenkina, E. (2023). Generative AI and the future of education: Ragnarök or reformation? A paradoxical perspective from management educators. The International Journal of Management Education, 21(2), 100790.

Manik, E., Marbun, Y., Simanjuntak, R. A. B., & Simarmata, R. J. (2023). Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2297–2303.

Mhlanga, D. (2023). Open AI in education, the responsible and ethical use of ChatGPT towards lifelong learning. Education, the Responsible and Ethical Use of ChatGPT Towards Lifelong Learning (February 11, 2023).

Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: perspektif sosiologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140–147.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58.

St Wardah Hanafie Das, M. P., & Halik, A. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS VIRTUAL. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sutopo, A. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metaverse. Topazart.

Tobing, P., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Inovasi Pembelajaran Guru Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Tuhuteru, L., Solehudin, M., Muhammadiah, M., & Rais, R. (2023). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Dan Informasi Di Indonesia Pada Era Disruptif.

Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. UAD PRESS.

Yufita, Y., Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Windiarti IS, Bahri S, Prabowo A. Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. PARTA [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024Jun.15];4(1):46-52. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4344

Issue

Section

Artikel