Pemberdayaan Perempuan Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Baku Udang Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Authors

  • Ria Megasari Universitas Pohuwato
  • Nur Fitriyanti Bulotio Universitas Pohuwato

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4327

Keywords:

Meatball, Deversification, Shrimp

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan bahan pangan khususnya udang sebagai bahan utama pembuatan bakso. Pedekatan pelatihan ini menggunakan beberapa metode yaiu; (1) persipan; (2) ceramah dan diskusi dan (3) demonstrasi pengolahan udang menjadi bakso. Setelah pelatihan diadakan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik terdapat perubahan secara signifikan pada peserta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang diversifikasi olahan pangan dari udang dan semua kelompok peserta pelatihan berhasil menyelesaikan pembuatan bakso dengan rasa yang cukup gurih. Selain itu, testimoni beberapa peserta menyatakan dengan adanya pelatihan ini memberikan pencerahan kepada mereka, bahwa pengolahan bakso bisa di variasikan tidak hanya menggunakan daging sapi, ayam atau ikan saja tetapi juga bisa menggunakan udang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatty, A.R. (2012). Pengaruh Penambahan Udang Rebon terhadap Kandungan Gizi dan hasil Uji Hedonik pada Bola-Bola Tempe. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta. 87 hlm.

Hardiwiyoto, S. (1993). Teknologi Pengolahan hasil Perikanan. Yogyakarta; Liberty. 275 hlm.

Nursyirwani, I. Effendi, D. Yoswati, S. Suparmi, N. Aryani dan A. Effendi. (2019). Peningkatan Pendapatan Nelayan melalui Diversifikasi Produk Berbahan Baku Udang Rebon Di desa Sialang Pasung Kabupaten Meranti. Journal of Rural and Urban Community Enpowerment Vol 1 (1); hal 24-28.

Purwaningsih, S. (1995). Teknologi Pembekuan Udang. Penebar Swadaya. Jakarta.

Saimina, N.A. (2015). Diktat Pengolahan Modern. Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pengembangan SDM-KP, Sekolah Usaha Perikanan Menengah Wauheru, Ambon. 45 hlm

Syarif, W., R. Holinesti, A. Faridah dan L. Fridayati. (2017). Analisis kualitas sela udang rebon. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas Vol. 21 (4); 45-51.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Megasari R, Bulotio NF. Pemberdayaan Perempuan Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Baku Udang Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga. PARTA [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024Jun.18];4(1):41-5. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4327

Issue

Section

Artikel