Pelatihan Digital Marketing Guna Optimalisasi Aset Kacang Tanah Desa Tugurejo

Authors

  • Mutia Tsalitsa Alawia Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Zainur Roziqin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v3i2.4192

Keywords:

Peanut, Digital Markting, ABCD

Abstract

Kacang tanah merupakan salah satu hasil bumi unggulan yang dimiliki Desa Tugurejo, namun masyarakat sekitar belum mampu mengembangkan hasilnya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengelola hasil bumi dengan memberdayakan aset yang dimiliki, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tugurejo. Metode yang digunakan adalah Activity Based Community Development (ABCD) dengan menekankan pada penemuan aset desa yang dipandang dapat mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Peserta pelatihan yang dilibatkan adalah anggota PKK, para pemuda Sinoman dan pelaku UMKM Desa Tugurejo. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat mampu mengolah aset kacang tanah melalui pelatihan pengolahan, packaging sampai pada tahap pemasaran. Untuk media pemasaran memanfaatkan digital markerting dengan WhatsApp Business dan Google Bussines. Diharapkan peserta pelatihan yang terlibat dapat mengimplementasikan hasil pelatihan dan pemasaran, sehingga pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tugurejo dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameliah, R., Adi Hegara, R., Rahmawati, I., & Dkk. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia Ringkasan Eksekutif. Indeks Literasi Digital Indonesia, 1–73. https://katadata.co.id/StatusLiterasiDigital

Baso, M., & Daryanti, D. (2022). Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 7(2), 355–363. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411

BPS. (2021). Kecamatan Sawoo dalam angka. 13,14. https://ponorogokab.bps.go.id

Gede, L., & Kusuma, P. (2022). PARTA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Memaksimalkan Sosial Media Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Home Industri Pendahuluan Metode. 3, 89–93.

Lukum, A. (2022). Diversifikasi Produk Kue Khas Gorontalo Guna Meningkatkan Pendapatan Kelompok Usaha Wanita. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 02(November). https://mopolayio.fe.ung.ac.id/index.php/mopolayio/article/view/55%0Ahttps://mopolayio.fe.ung.ac.id/index.php/mopolayio/article/download/55/45

Yanti, D. E. S., & Chasanah, I. N. (2022). Desa Wisata Sebagai Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3594

Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

1.
Alawia MT, Roziqin Z. Pelatihan Digital Marketing Guna Optimalisasi Aset Kacang Tanah Desa Tugurejo. PARTA [Internet]. 2022Dec.25 [cited 2024Nov.24];3(2):122-6. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4192

Issue

Section

Artikel