Penyuluhan Metode Pembayaran Non Tunai Via Uang Elektronik Pada Pengusaha Kantin Di Universitas Musamus Merauke
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v3i2.4188Keywords:
Pembayaran Non Tunai, Qris, Kantin MusamusAbstract
Tingkat pengetahuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, terutama bagi para pelaku usaha, perkembangan teknologi ini juga mengharuskan para pelaku UMKM khusunya para pengusaha kantin di lingkungan kampus di harapkan bisa lebih kreatif, inofatif dan mengikuti perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan juga pemberian informasi serta praktek penggunaan aplikasi pembayaran elektronik (online). Hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan ini yakni banyak respon yang positif yang diberikan oleh para pelaku usaha kantin di lingkungan kampus, selain itu tanggapan dari berbagai pihak bahwa penggunaan aplikasi pembayaran non tunai ini sangat membantu khususnya ketika tidak ada uang kembalian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penyuluhan dan juga pemberian materi maupun soft skill dalam perkembangan dunia usaha dan transaksi didalam dunia usaha harus selalu mengikuti perkembangan zaman, agar para pelaku usaha bisa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usahanya.
Downloads
References
Akbar, A. (2019). Analisa PerbandinganTransaksi Dengan Menggunakan Uang Elektronik (E-Money) dan Dengan Menggunakan Kartu Kredit (Studi Kasus Pada Bank BUMN) Periode 2010-2015. Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia (JAKPI), 6(2), 135–146.
Fandiyanto, R. (2019). Tranformasi Sistem Pembayaran Elektornik Di Indonesia Dan Implikasinya Terhadap Kemajuan Bisnis Kreatif Berbasis Daring Di Wilayah Eks-Keresidenan Besuki. Prosiding The 5th Seminar Nasional Dan Call for Paper-2019, 144–153.
Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Iradianty, A., & Aditya, B. R. (2020). Indonesian Student Perception in Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 518–530. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i4.2713
Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2413
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM Di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah). Jurnal Masharif Al- Syariah:Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–24.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.
Sekarsari, K. A. D., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Merchant Di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 42–57.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/%0AImplementasi
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Wijaya, H. (2018). Taky?f Fiqh Pembayaran Jasa Transportasi Online Menggunakan Uang Elektronik (GO-PAY DAN OVO). Jurnal Bidang Kajian Islam, 4(2), 188.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maria Natalia Wainip Epin, Yumiad Fernando Richard
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.