Pengaruh Inovasi Ojek Menjadi Ojek Online Pada Ekonomi Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0

(Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Dhara Ayu Crystrie Universitas Siliwangi
  • Syarifa Adhianur Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3573

Keywords:

Inovasi, Ojek Online, Ekonomi Kreatif, Revolusi industri 4.0

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan dampak perubahan pada aktivitas dan pola hidup manusia. Segala  sesuatu yang berebasis teknologi kecanggihan dan otomatisasi menjadikan suatu kenyamanan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi berkembang, ilmu pengetahuan juga ikut berkembang dengan demikian dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul, yang dapat menciptakan inovasi  dalam ekonomi kreatif. Seperti munculnya inovasi baru pada bidang transporasi berupa ojek online. Kehadiran ojek online ini cukup menarik minat masyarakat untuk menggunakannya, karena dengan adanya ojek online memberikan banyak kemudahan untuk menjalankan aktivitasnya. Kehadiran ojek online ini memberikan banyak penawaran selain jasa antar,  memberikan pelayanan lainnya yang lebih praktis, efektif dan efisien, sehingga bisa menarik minat konsumen. Bentuk inovasi ojek online ini hadir dengan beberapa perusahaan yang memiliki ciri sendiri baik dalam pelayanan atau kekreativitasan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini dilkaukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode survey kepada pengguna atau pelanggadengan ojek online seperti Gojek, Grab dan Maxim. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Inovasi Ojek Menjadi Ojek online pada ekonomi kreatif di era revolusi 4.0 ini memiliki dampak bagi masyarakat khususnya masyarakat Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.

Anwar, S. (2019). Revolusi Industri 4.0 islam dalam merespon tantanfan teknologi digitalisasi. Diakronika, 18(1), 17–28. http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/18/7

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Kuantitatif Aplikasi Dalam pendidikan. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan, 179. https://books.google.co.id/books?id=nhwaCgAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Ian Alfian, I. A., Sari, E. P., & Yuedrika, T. (2019). Analisis Pengaruh Transportasi Online terhadap Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 100–113. https://doi.org/10.32505/v4i2.1253

Kartika, N. E. (2020). Fitur Aplikasi Gojek Favorit Konsumen Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Kota Bandung. Jurnal Communio?: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1680–1695. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2922

Kusumawati, R. (2010). Pengaruh Karakteristik Pimpinan dan Inovasi Produk Baru Terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(9), 53–64. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/526/648

Pangestu, M. E. (2008). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.

Sasmita Susanto, E. (2022). Sistem Informasi Sarana Dan Prasarana Universitas Teknologi Sumbawa Berbasis Web Menggunakan Metode Spiral. Jurnal MNEMONIC, 5(1), 51–56.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian pendidikan Deskriptif oleh Tjutju Soendari. Metode Penelitian Deskriptif, 2(2), 15–23.

Sri Mulyani, E. D., Sahrin, A. M., Pratama, D. R., Puspitasari, D. R., Pamungkas, E. S., Rahman, L. F., & Ali, M. (2021). Estimasi Pertumbuhan Penduduk Di Kabupaten Tasikmalaya Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda. Infosys (Information System) Journal, 6(1), 1. https://doi.org/10.22303/infosys.6.1.2021.1-11

Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS, Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, 555–563.

Suryana. (2013). EKONOMI KREATIF EKONOMI BARU?: Mengubah dan Menciptakan Peluang.

Syahfutra, W., Ramadhan, S., & Akhyar, Y. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan. 1–74.

Syaodih. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Rosda Karya.

Tutuko, P., David, R., & Sonalitha, E. (2016). Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 76–79.

Unaradjan, dolet, dominikus. (2019). metode penelitian kuantitatif. 110. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/DEugDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+penelitian&printsec=frontcover

Watung, Debby Ch Rotinsulu, & Tumangkeng, S. Y. L. (2020). Analisis Perbandingan Pendapatan Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 126–139. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/30946

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Crystrie DA, Adhianur S. Pengaruh Inovasi Ojek Menjadi Ojek Online Pada Ekonomi Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0 : (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya). PARTA [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2024Nov.24];3(1):52-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/3573

Issue

Section

Artikel