Edukasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Orang Tua di Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3564Keywords:
Pendidikan, Pembelajaran Online, Covid-19, KeluargaAbstract
Pembelajaran online menimbulkan banyak kendala atau tantangan yang harus dihadapi oleh siswa, guru dan juga orang tua pada masa pandemic COVID-19. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memberikan tips dan cara menghadapi pembelajaran online bagi orang tua. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode service learning. Melalui kegiatan ini, kesadaran orang tua terhadap sikap dan cara mendampingi anaknya mengikuti pembelajaran online meningkat. Orang tua tidak hanya mempersiapkan fasilitas anak untuk mengikuti pembelajaran online, tetapi juga memperhatikan mentalitas dan mampu meningkatkan motivasi anak untuk mengikuti pembelajaran online.
Downloads
References
Akbar, W., & Islamy, A. (2021). Epistemologi Fikih Filantropi Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia The Epistemology of Fiqh Philanthropy in the Covid-19 Pandemic Period in Indonesia. 14(2).
Ginting, E. S., Lubis, T. W. H., & Pertiwi, S. (2021). Kiat menghadapi tantangan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 4(1), 35–43.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Handoyo, L. D. (2015). Penerapan service learning untuk meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa terhadap masalah ketahanan pangan. Jurnal Penelitian, 18(2).
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., & Aulia, N. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163.
Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123.
Rizquna, D. S. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERAN FASILITATOR DENGAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LSM ADEMOS. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 2(2), 21–29.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19.
Suherman, H. (2020). Problematika dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Tsamratul Fikri: Jurnal Studi Islam, 14, 199–212.
Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1338–1349.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.
Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.
Yana, W., & Maharani, P. A. R. (2020). Tantangan Pembelajaran Virtual Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 57–61.
Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1).
BPS Kota Palangka Raya 2021, https://palangkakota.bps.go.id/indicator/153/282/1/kepadatan-penduduk-kota-palangka-raya-menurut-kecamatan-.html
Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah per-kecamatan Pahandut) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat, https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=146001&level=3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.