STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN PATUNG KAYU DI DESA BEDULU KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR
Abstract
Tujuan dilakukannya penyuluhan ini untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan upaya-upaya yang dilakukan pengerajin dan pedagang agar kerajinan patung kayu yang diproduksi dan dipasarkan dapat memuaskan pembeli dan mampu mengatasi persaingan yang semakin ketat di era digital. Lokasi penyuluhan Di Banjar Mas Desa Bedulu Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. Metode kegiatan penyuluhan model Focus Group discution (FGD) dengan sarana LCD. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat dari penyuluhan bahwa strategi pemasaran yang efektif dan upaya yang dapat diterapkan oleh pedagang kerajinan patung kayu di era digital adalah inovasi produk, memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial secara maksimal, dan diferensiasi produk untuk mengatasi persaingan bisnis. Pengerajin tetap melakukan komunikasi yang kontinyu kepada para pemasok bahan kayu agar persediaan bahan untuk pengerajin tetap ada dan diupayakan agar pengerajin tetap mengikuti diklat dan penerapan teknologi dalam proses produksi untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan patung kayu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.