Membangun Identitas Desa Wisata Melalui Content Marketing: Strategi untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
DOI:
https://doi.org/10.38043/jimb.v8i1.4429Keywords:
Konten pemasaran, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Desa WisataAbstract
Di era digital mengandalkan internet dan teknologi untuk mendapatkan informasi dan membuat keputusan pemilihan destinasi wisata. Konten visual yang menarik dari foto, video, dan lainnya dapat memberikan pengalaman nyata kepada calon wisatawan. Konten dapat membantu menarik minat dan membantu wisatawan membayangkan pengalaman di destinasi desa wisata. Dengan strategi yang tepat, content marketing dapat membantu desa wisata mendapatkan dampak positif dalam jumlah kunjungan wisatawan, pendapatan, dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh content marketing terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung pada desa wisata Sumber Gempong. Penelitian ini mampu memberikan andil dan wawasan baru pada penelitian selanjutnya dalam bidang digital marketing objek wisata melalui instagram dan dapat menjadi acuan agar lebih meningkatkan kualitas dari content marketing guna mendorong minat berkunjung yang berdampak pada keputusan berkunjung. Populasi dalam penelitian ini yaitu followers yang sudah melihat content marketing di akun instagram @sumbergempong.id dan memutuskan untuk berkunjung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing secara signifikan tidak mempengaruhi keputusan berkunjung karena hanya menyumbang sebesar 17,8%, namun content marketing memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung dengan menyumbang sebesar 71,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain content marketing, minat berkunjung berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan content marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung.
Downloads
References
Chandrawijaya, M., & Angelia, A. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Content Marketing Instagram Reels Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Indonesia. Accounting and Business Studies, 07(01), 2013–2015.
Fadhilah, & Ginanjar Saputra, G. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512.
Hanafia, A., Wibowo, M. W., & Damayanti, F. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Generasi Z Pada Destinasi Wisata Halal Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 6(3), 347–364. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/10095
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
Ida Iriani, N., Sasongko, T., & Dewi Murti, N. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Meteor Cell Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 10(2), 155–160.
Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
Marini, S., Rosdiana Aprilia, L., & Sakti Wibawa, I. (2022). Efektivitas Dimensi Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis, 6(2), 482–497. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.924
Noviananda Pratiwi, R., & Maulina, A. (2021). Pengaruh Konten Instagram dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) @indtravel Terhadap Minat Berkunjung Ke Destinasi Wisata Di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(3), 138–154. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI
Nurbaiti, D., & Nurjanah, S. (2018). Pengaruh Konten Edukasi Dan Konten Rekreasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3, 233–242. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3is1.141
Purwanto, Y., & Laura Sahetapy, W. (2022). Pengaruh Content Marketing Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).
Rakhmawati, A., Nizar, M., & Murtadlo, K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1584
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Satriya Prana Arazqi, & Mochammad Rochim. (2022). Pengaruh Konten Instagram @Thegreatasiaafrica.id terhadap Minat Berkunjung Pengikutnya. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 256–261. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1540
Shadrina, N. R., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sudarsono. (2020). Pengaruh Big Data, Content Marketing, Artificial Neural Networks Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Secara Online di Indonesia. Senorita, 1(1), 286–299.
Sudarsono, & Rudianto. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Content Marketing terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Provinsi Gorontalo. 3(1), 181–190.
Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. Jurnal BAPPEDA LITBANG, 1(April), 22–25. http://www.berdesa.com/apa-beda-desa-wisata-dan-wisata-desa
Suri, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kunjung Followers Ke Pulau Bali Pada Era New Normal. Jurnal Ilmiah Pariwisata Daan Bisnis, 01(12), 3684–3694.
Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Vildayanti, R. A., Sriyanto, A., Hidayat, R. S., & Setyarko, Y. (2022). Peran Konten, Testimoni dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Kopi Lima Detik Kemang, di Jakarta). 11(2), 168–183.
Wahidar, T. I. (2019). Efektivitas Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Buluhcina (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Akun Instagram @Desabuluhcina). Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 186–200.
Yazgan Pektas, S., & Hassan, A. (2020). The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention. Journal of Tourismology, 6(1), 79–88. https://doi.org/10.26650/jot.2020.6.1.0011
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mar'atul Fahimah, Sita Fitri Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.