Peran Efikasi Diri Dalam Menumbuhkan Intensi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang
  • Muhammad Tahwin Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.38043/jimb.v8i1.4418

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Intensi Berwirausaha, Mahasiswa

Abstract

Visi dari Universitas YPPI Rembang untuk menjadi kampus yang mampu mencetak wirausahan-wirausahawan muda mendorong munculnya kebijakan terkait Pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa. Melalui kegiatan Pendidikan kewirausahaan mahasiswa memperoleh bekal untuk menjadi wirausahawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi pada mahasiswa Universitas YPPI Rembang. Sampling jenuh menjadi teknik sampling yang dipilih pada penelitian ini. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 83 mahasiswa Universitas YPPI Rembang yang telah mengambil mata kuliah Entrepreneurial Skill. Structural Equation Model dengan menerapkan pendekatan variance based sem menjadi metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berperan sebagai variabel mediasi sempurna pada pengaruh antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan yang diterima oleh mahasiswa tidak berpengaruh secara nyata terhadap intensi berwirausaha yang ada di kalangan mahasiswa. Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha Universitas YPPI Rembang hendaknya semakin meningkatkan pengembangan pendidikan kewirausahaan guna mendorong munculnya intensi berwirausaha pada kalangan mahasiswa. Pengembangan ini dapat dilakukan dengan menambah desain dan metode Pendidikan kewirausahaan yang diterima oleh para mahasiswa Universitas YPPI Rembang melalui pengembangan kurikulum pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dan penyelenggaraan kuliah tamu yang menarik dirancang oleh kampus guna meningkatkan intensi wirausaha yang ada pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiana, M., Maya, M., Anny N., & Meily, M. (2022). Entrepreneurship Education Increases Entrepreneurial Intention Among Undergraduates Students. European Journal of Educational Research, 11(2), 995–1008.

Astungkara, A., & Widayanti, R. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. JAP Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 257–65.

Atmono, D., Muhammad R., Ananda S., & Rochman H. M. (2023). The Effect of Entrepreneurial Education on University Student ’ s Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Intention. International Journal of Entrepreneurial Education on University Student’s Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Intention, 12(1), 495–504. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.23262.

Barakat, S., Monique B., & Shailendra V. (2014). Measuring Entrepreneurial Self-Efficacy to Understand the Impact of Creative Activities for Learning Innovation. International Journal of Management Education, 12(3), 456–68. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2014.05.007.

Chen, Y., & He, Y. (2011). The Impact of Strong Ties on Entrepreneurial Intention An Empirical Study Based on the Mediating Role of Self-Efficacy. Journal of Chinese Entrepreneurship, 3(2), 147–58. https://doi.org/10.1108/17561391111144573.

Costin, Y., Michael P. O. B., & Briga, H. 2022. Entrepreneurial Education : Maker or Breaker in Developing Students ’ Entrepreneurial Con Fi Dence , Aptitude and Self-Ef Fi Cacy ? Industry & Higher Education, 36(3), 267–78. https://doi.org/10.1177/09504222211040662.

Daniel, & Handoyo, S., E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 944–52.

Devi, E. A., & Hadi, N., U. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Peran Orang Tua Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(1), 1–18. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i1.712.

Dharmanegara, I., B., A., Putu, L., D., R, & Ni Nyoman, K., Y. 2022. The Role of Entrepreneurial Self-Efficacy in Mediating the Effect of Entrepreneurship Education and Financial Support on Entrepreneurial Behavior. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 165–73.

Elnadi, M., & Gheith, M., H. (2021). Entrepreneurial Ecosystem , Entrepreneurial Self-Efficacy , and Entrepreneurial Intention in Higher Education : Evidence from Saudi Arabia. The International Journal of Management Education, 19(1), 100458. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100458.

Erwananda, N., H., Henry, E., Rizki, F., & Polhukam, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening Sarjana Merupakan Agen of Change Yang Diharapkan Oleh Pemerintah Dapat Berkontribusi Besar Untuk Mengatasi Permasalahan Perekonomian. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi, 1–15.

Fayolle, A., & Liñán, F. (2014). The Future of Research on Entrepreneurial Intentions. Journal of Business Research, 67(5), 663–66. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.11.024.

Hahn, D., Tommaso M., Giulio B., & Lucio C. (2019). The Impact of Entrepreneurship Education on University Students’ Entrepreneurial Skills: A Family Embeddedness Perspective. Small Business Economics, 5 (1), 257–82. https://doi.org/10.1007/s11187-019-00143-y.

Hair, J., F., William C. Black, B., J. B., & Rolph, E., A. (2019). Multivariate Data Analysis. United States of America: Cengage Learning EMEA.

Hoang, G., Thuy, T., T., L., Anh, K., T., T., & Tuan D. (2021). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of University Students in Vietnam : The Mediating Roles of Self-Efficacy and Learning Orientation. Education + Trainingaction, 63(1), 115–33. https://doi.org/10.1108/ET-05-2020-0142.

Kustini, & Ayuni, A. D. (2020). “Kontribusi Pendidikan Kewirausahaan Dan Internal Locus Of Control Terhadap Intensi Kewirausahaan ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas Pembangunan Nasional ‘ Veteran ’ Jawa Timur ). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 152–60.

Lestari, Y., P., & Sukirman. (2020). Pengaruh Self Efficacy Sebagai Mediasi Dari Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 615–33. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.39469.

Listiana, Y., L., P., & Imron, A. (2021). Pendampingan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Fkip Universitas Dr Soetomo. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(1), 122–34. https://doi.org/10.36841/integritas.v5i1.877.

Liu, Y., Min Li, Xin Li, & Jingyi, Z. (2022). Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention : The Moderating Role of the Personality and Family Economic Status. Frontiers in Psychology, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.978480.

Lubada, F., Djoko D., K., & Aniek, I. (2021). The Mediating Entrepreneurial Self-Efficacy Between Entrepreneurship Education , Need For Achievement , and Creativity on Entrepreneurial Intention. Journal of Business and Management Review, 2(12), 832–49. https://doi.org/10.47153/jbmr212.2602021.

Lv, Y., Yingying, C., Yimin, S., Jing, W., Lanyijie, A., Tingjun, C., Xiang, H., Yangjie, H., & Leilei, H. (2021). How Entrepreneurship Education at Universities Influences Entrepreneurial Intention: Mediating Effect Based on Entrepreneurial Competence. Frontiers in Psychology, 12, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.655868.

Muliadi, A., Baiq, M., & Saiful, P. (2021). The Effect Entrepreneurship Education and Subjective Norm on Biology Students ’ Self -Efficacy in Entrepreneurial. Prisma Sains: Jurnal Oengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(1), 127–35.

Naiborhu, I., K., & Susanti. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNESA Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 107–24. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124.

Prastyaningtyas, E., W., Budi, E., S., & Ery, T., R. (2019). The Effect of Entrepreneurial Education and Personality to the Entrepreneurial Intention through Self-Efficacy. Management and Economics Journal, 3(3), 245–54.

Roeslie, S., H., & Arianto, R., F. (2022). Impact of Entrepreneurial Culture , Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Mindset , on Entrepreneurial Intention. Budapest International Research and Critics Institute -Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 12581–94.

Santos, S., C., & Ligouri, S., E, W. (2020). Entrepreneurial Self-Efficacy and Intentions Subjective Norms as Moderator. Internasional Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 26 (3), 400–415. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2019-0436.

Saragih, F. (2022). Pengaruh Kepribadian Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Masa Covid 19. Pendidikan Sosial Dan Ekonomiosial Dan Ekonomi, 11(1), 35–44.

Suandi, A., P., & Suwarno, H., M. (2022). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Dukungan Akademik Dalam Meningkatkan Intensi Berwirausaha.” Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 714–31.

Sunardi. (2022). Kontribusi Entrepreneurial Passion Dan Self-Efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Siswa SMK Teknik Pemesinan. Jambura Economic Education Journal, 4(2), 177–86.

Tamarasanti, M., A., & Ratnawati, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Creative Work Behavior Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–10.

Walter, S., G., & Block, J., H. (2016). Outcomes of Entrepreneurship Education: An Institutional Perspective. Journal of Business Venturing, 31(2), 216–33. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2015.10.003.

Wang, Chi-C., C., Shu-nung, Y., & Chaoyun, L. (2016). The Contribution of Self-Efficacy to the Relationship between Personality Traits and Entrepreneurial Intention. Higher Education, 72(1), 209–24. https://doi.org/10.1007/s10734-015-9946-y.

Wardani, K., V., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100.

Wibowo, S., & Pramudana, K., A., S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaa Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 8167–98.

Wu, L., Suo, J., Xiaomin, W., Linwei, Y., Yansu, W., & Hui, P. (2022). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of College Students : The Mediating Role of Entrepreneurial Self-Efficacy and the Moderating Role of Entrepreneurial Competition Experience. Frontiers in Psychology, 12, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.727826.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Self Efficacy , Locus of Control Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–83.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

1.
Ilhami SD, Tahwin M. Peran Efikasi Diri Dalam Menumbuhkan Intensi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa. j.imb [Internet]. 2023Jun.25 [cited 2024Dec.27];8(1):59-68. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4418

Issue

Section

Articles