Analisis Balance Scorecard Terhadap Kinerja Perusahaan di Rumah Sakit ST. Carolus Borromeus Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.38043/jiab.v10i1.6712Keywords:
Balance Scorecard, Kinerja Perusahaan, Kepuasan PelangganAbstract
Balanced Scorecard (BSC) merupakan alat manajemen strategis yang digunakan untuk memperbaiki sistem pengukuran kinerja dengan pendekatan yang komprehensif melalui empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan menggunakan pendekatan BSC dengan mengukur indikator spesifik pada masing-masing perspektif. Perspektif keuangan dianalisis melalui Profit Margin dan Return on Investment (ROI), sementara perspektif proses bisnis internal dievaluasi menggunakan rasio BOR, AvLOS, BTO, TOI, dan NDR. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dianalisis melalui data retensi dan pelatihan karyawan, serta kepuasan pegawai yang diuji menggunakan analisis statistik dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan berhasil memenuhi 9 dari 11 indikator yang ditetapkan, menunjukkan bahwa kinerja secara keseluruhan tergolong baik. Temuan juga mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan memiliki peran krusial dalam memengaruhi keberlanjutan dan profitabilitas perusahaan melalui dorongan peningkatan layanan dan pengembangan sumber daya manusia.
Downloads
References
Citradika, D. P., & Satrio, D. (2021). Implementasi Balanced Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Batang. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.55686/ristek.v6i1.108
Dessler, G. (2017). Human Resource Management (15th ed.). Pearson.
Harmono. (2021). Manajemen keuangan: Berbasis balanced scorecard. Bumi Aksara.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2015). The Balanced Scorecard: Translating strategy into action. Harvard Business Review Press.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Manajemen Rumah Sakit.
Kumar, S., Lim, W. M., Sureka, R., Chiappetta Jabbour, C. J., & Bamel, U. (2024). Balanced scorecard: trends, developments, and future directions. Review of Managerial Science, 18(8), 2397–2439.
Mulyanto, T. (2019). Strategi Manajemen Keuangan dan Balanced Scorecard. Jakarta: Salemba Empat.
Muriuki, M. N., & Wanyoike, R. (2021). Performance Appraisal and Employee Performance. International Academic Journal of Human Resource and Business Administration, 3(10), 265–272. https://iajournals.org/articles/iajhrba_v3_i10_265_272.pdf
Nabella, N., & Sulistiadi, W. (2023). Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC): Studi Kasus. ARSI: Faculty of Public Health, Vol. 9(2). Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia. DOI: https://doi.org/10.7454/arsi.v9i2.5609
Noe, Raymond A., Hollenbeck, John R., Gerhart, Barry, & Wright, Patrick M. (2020). Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage (11th ed.). McGraw-Hill Education.
Prawoto, N. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 1-15.
Rahmah, M., Ekowati, M., Nalien, E. M., Praja, S. J., Saribulan, N., Wulandari, S., & Rahman, H. (2022). Metodologi penelitian terapan. Sketsa Media.
Sagala, J. M., & Siagian, N. R. (2021). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 16-27.
Suryani, E. (2018). Manajemen Rumah Sakit dan Kinerja Kesehatan: Perspektif Balanced Scorecard. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 28 H ayat 1. Tentang Pemeliharaan Kesehatan. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Wild, J. J., Kwok, C. Y., & Shaw, K. W. (2015). Financial Statement Analysis (12th ed.). McGraw-Hill Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Made Denny Oktariyana, Munawar, Clara Margilina Reinamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.