Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang

Authors

  • Olivia Latumahina Politeknik Negeri Kupang
  • Made Denny Oktariyana Politeknik Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v9i2.5620

Keywords:

Entrepreneurship, e-commerce, accounting information systems, income expectations, decision-making

Abstract

Kewirausahaan memiliki potensi besar untuk mengatasi masalah pengangguran memberantas kemiskinan, kesenjangan sosial, dan mendorong pembangunan nasional suatu negara. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan akses internet, dunia bisnis yang dulunya cukup rumit dengan berbagai prosesnya, sekarang dapat dirangkum dalam satu genggaman gadget saja. Dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan uji dan menganalisa pengaruh antara e-commerce, sistem informasi akuntansi dan ekspektasi pendapatan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha mahasiswa akuntansi Politeknik Negeri Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul langkah selanjutnya adalah metode analisis data melalui uji kualitas data, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha, sedangkan ekspektasi pendapatan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, I.M.I., & Muslimin. (2022). Pengaruh E-Commerce, Ekspektasi Pendapatan, dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 14(1), 30–43. https://doi.org/10.37151/jsma.v14i1.90.

Agmi, R.F., & Fauzan. (2024). Pengaruh E-Commerce, Digital Payment, Self-Efficacy dan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2020). Jurnal EMT KITA, 8(3), 1230-1242. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2736.

Badan Pusat Statistik. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023. Berita Resmi Statistik, No. 77/11/Th. XXVI, 6 November 2023.

Cindy, M.A. (2023). E-commerce, Sektor Penyumbang Ekonomi Digital Terbesar Indonesia pada 2023. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023.

Dwi, A.P. (2023) Gen Z Penyumbang Angka Pengangguran Tinggi, Pemerintah Bisa Apa?. Tirto.id. https://tirto.id/survei-bps-pengangguran-generasi-z-masih-tinggi-pemerintah-bisa-apa-gRXq.

Edy, D.K. (2015). Kewirausahaan Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Fathoni, A.W., & Suwandi. (2022). Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi dan Self Efficacy. JAMMI–Jurnal Akuntasi UMMI, 3(1): 86-98. https://doi.org/10.37150/jammi.v3i1.1780.

Garinda, A., & Pancawati, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi dalam Berwirausaha. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini, 4(3), 434-444. https://doi.org/10.31258/current.4.3.434-444.

Ibnu, S. (2000). Pengambilan keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilham, P.S., Endah, A., & Walipah. (2021). Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan dan Ekspektasi Pendapatan: Pengaruh terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1): 78-86. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5324.

Kenneth, C.L., & Carol, G.T. (2017). E-commerce 2016. Harlow: Pearson Education.

Marshall, B.R., & Paul, J.S. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mutiara, M.S., Steify, S., & Margie, P. (2024). Pengaruh Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha. Universitas Katolik De La Salle Manado. http://repo.unikadelasalle.ac.id/id/eprint/3742.

Nurabiah, N., Herlina, P., & Yusli, M. (2021). E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97.

Pasardana.id. (2023). Rasio Kewirausahaan Jadi Prasyarat Indonesia Menuju Negara Maju Tahun 2045. https://pasardana.id/news/2023/3/10/rasio-kewirausahaan-jadi-prasyarat-indonesia-menuju-negara-maju-tahun-2045/.

Ridhia, M.N., & Saiful, A. (2023). Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi sebagai Variabel Moderating. UPN Veteran Jawa Timur. http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5731.

Selvia, Nurmala, & Umarudin, K. (2024). Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan E-Commerce, dan Self-Efficacy terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung). Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 7(3), 11–20. https://doi.org/10.8734/musytari.v7i3.4894.

Shella, G.S., Fanny, M.A., & Melinda, V.R. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Sistem Informasi Akuntansi dan E-Commerce dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 363-373. https://doi.org/10.46306/rev.v4i1.272.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobekani, L., & Lloyd, K. (2020). Functional Elements for an Entrepreneurial University in the South African Context. Journal of Critical Reviews, 7(19), 8083-8088. https://www.researchgate.net/publication/344369864_Functional_elements_for_an_entrepreneurial_university_in_the_South_African_context.

Thomas, W. Z., Norman, M. S., & Doug, W. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil 2 (edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

1.
Latumahina O, Oktariyana MD. Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang. j.ab [Internet]. 2024Dec.13 [cited 2025Jan.21];9(2):103-12. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/5620