Penerapan Model Human, Orgazation, and Technology Fit (HOT-Fit) dalam Menilai Keberhasilan B’pung Mobile di Bank Nusa Tenggara Timur
DOI:
https://doi.org/10.38043/jiab.v9i2.5551Keywords:
HOT Fit Model, Human Factors, Technology Factors, Net BenefitAbstract
Bank Nusa Tenggara Timur meluncurkan aplikasi Mobile Banking (B'Pung Mobile) namun belum memiliki izin dari Bank Indonesia sehingga perlu dilakukan analisis sistem mengenai kualitas sistem yang diberikan. Penelitian ini mengacu pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT), dan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (PPSPM). Penelitian ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan B’Pung Mobile Bank Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan pengukuran Model Human, Organisation, And Technology FIT (HOT-FIT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Alat analisis yang digunakan Partial Lease Square (PLS). Sampel penelitian menggunakan incidental sampling dan memperoleh jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ekspektansi kinerja, kualitas sistem informasi, kualitas layanan, berpengaruh positif pada kepuasan pengguna B’Pung Mobile. Ekspektansi usaha tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna B’Pung Mobile. Kepuasan Pengguna berpengaruh positif pada Net Benefit Bank Nusa Tenggara Timur.
Downloads
References
Akmal, N., dan Utami, Sorayanti. 2022. Pengaruh Ekspektasi Usaha, Ekspektasi Kinerja, Efikasi Diri Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Nurul Henna Aceh di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. Vol. 7, No. 1, 2022 Februari : 1-17. E-ISSN: 2598-635X, P-ISSN: 2614-7696.
Bardijan, R. A., & Binastuti, S. (2022). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi M-Banking Bank DKI Pada Masa Pandemi Dengan Pendekatan Model DeLone And McLean. Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(2), 199–210. https://doi.org/10.32409/JIKSTIK.21.2.3052
DeLone, W. H. dan McLean, E. R. 2003. The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), pp. 9–30. doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.
Dewi, M. A., & Mulyani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 601–614.
Fadhillah, M. H. (2021). Meningkatkan Benefits melalui Kepuasan Pengguna berdasarkan Kualitas Sistem Informasi Akademik. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 313–322. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.444
Farzin, M., Sadeghi, M., Yahyayi Kharkeshi, F., Ruholahpur, H., & Fattahi, M. (2021). Extending UTAUT2 in M- banking adoption and actual use behavior: Does WOM communication matter? Asian Journal of Economics and Banking, 5(2), 136–157.
Husein, D., Santoso, S. and Nasrullah, A. 2022. Analisis Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna SIMKAH Web pada KUA Kecamatan Kembangan Kota Jakarta Barat Analysis of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction of Simkah We’, Jurnal Bimas Islam, 15(1).
Irfan, Mohammad. 2019. Pengaruh Kualitas Sistem,KualitasInformasi, dan KualitasPelayanan TerhadapNet BenefitsPemakaian Sistem Pembayaran BRIVA dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna (Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi deLone dan McLean). Universitas Islam Indonesia. Prosiding National Conference on Applied Business.
Jogiyanto, H. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. ANDI Yogyakarta
Oktariyana, M.D.; Ariyanto, D.; Ratnadi, N.M.D. 2019. Implementation of UTAUT and D&M Models for Success Assessment of Cashless System. Res. J. Financ. Account. Vol. 10, 127–137.
Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 710–722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, Dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal
Petter, S., & McLean, E.R. (2009). A meta-analytic assessment of the DeLone and McLean IS success model: An examination of IS success at the individual level. Information and Management, 46(3), 159–166. https://doi.org/10.1016/j.im.2008.12.006
Rama Dhani Kansil, M., Nyoman Suka Sanjaya, I., Ketut Lasmini, N., Studi Manajemen Bisnis Internasional, P., Administrasi Niaga, J., Negeri Bali, P., & Studi Administrasi Bisnis, P. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Repository Politeknik Negeri Bali , 1, 1–9. https://repository.pnb.ac.id
Ratna Wulandari, Eleonora Maryeta Toyo, W. U. (2024). Penerapan Path Analysis Kepuasan Pengguna Terhadap Net Benefit Dan Intensitas Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs). Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian 2017, 5 (1), 606–614. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/776
Saraswati; A. P. H. D. 2020. EBOOK: Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. CV. Jakad Media Publishing. Available at: //opaclib.inaba.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3426&keywords= (Accessed: 1 January 2024).
Shafly, Naufal Alman. 2020. PENERAPAN MODEL UTAUT2 UNTUK MENJELASKAN BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Brawijaya. Vol. 8, No. 2.
Tjiptono, F. (2022). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima (4 ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Denny Oktariyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.