KOMODIFIKASI KONTEN VISUAL PEMAIN DIASPORA DI AKUN INSTAGRAM @TIMNASINDONESIA

(Analisis Semiotika Roland Barthes)

Authors

  • Fiqie Lavani Melano Universitas Telkom
  • Nisa Nurmauliddiana Abdullah Universitas Telkom
  • Adrio Kusmareza Adim Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v8i2.5257

Keywords:

Komodifikasi, Semiotika, Pemain Diaspora, Instagram, PSSI, Komunikasi Visual

Abstract

Dalam era digital, media sosial, khususnya Instagram, menjadi alat komunikasi penting bagi organisasi olahraga termasuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Penelitian ini menganalisis komodifikasi pemain diaspora di akun Instagram resmi @timnasindonesia melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Fokusnya adalah pada konten visual yang menampilkan pemain diaspora setelah pertandingan melawan Filipina, di mana logo sponsor seperti Bank Mandiri sering terlihat. Metode kualitatif digunakan untuk mengkaji makna denotatif dan konotatif dari elemen visual dalam konten tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain diaspora dikomodifikasi sebagai produk komersial dengan nilai ekonomis dan simbolis. Konten visual yang menampilkan logo sponsor dan teks yang mendukung menciptakan narasi yang menekankan dukungan finansial dan prestasi nasional, memperkuat citra pemain sebagai ikon nasional dan duta merek. Penelitian ini juga menyoroti adanya pergeseran fungsi akun Instagram PSSI dari sekadar memberikan informasi netral menjadi platform komersial yang mengintegrasikan kepentingan bisnis. Dominasi konten yang menampilkan pemain diaspora dibandingkan pemain lokal menunjukkan adanya prioritas komersial, yang mengaburkan representasi adil dari pemain lokal. Temuan ini sejalan dengan teori komodifikasi Vincent Mosco, mengindikasikan bahwa nilai informasi diubah menjadi alat pemasaran untuk tujuan komersial, mengubah cara audiens berinteraksi dengan konten dan mengalihkan fokus dari informasi murni menjadi promosi komersial. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi komunikasi visual PSSI dan dampaknya terhadap persepsi publik serta nilai komersial konten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, C. M. (2023). "Sepak Bola Olahraga Terpopuler di Indonesia." CNN Indonesia. Diakses dari https://cnnindonesia.com.

Barthes, R. (2010). Camera Lucida: Reflections on Photography. Hill and Wang.

Barthes, R. (2010). Mythologies. Hill and Wang.

Bly, R. W. (2018). The Copywriter's Handbook: A Step-by-Step Guide to Writing Copy That Sells. Holt Paperbacks.

Chandler, D. (2017). Semiotics: The Basics. Routledge.

CNN Indonesia. (2024, March 8). PSSI: Naturalisasi bikin pemain lokal terpacu masuk Timnas. CNN Indonesia. Retrieved June 20, 2024, from https://cnnindonesia.com

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dyer, R. (2014). The Matter of Images: Essays on Representation. Routledge.

Fuchs, C. (2014). Social Media: A Critical Introduction. SAGE Publications.

Gibson, R. (2018). Visual culture: An introduction. Routledge.

Hall, S. (2015). The Spectacle of the ‘Other’. In Representation: Cultural Representations and Signifying Practices (pp. 225-279). SAGE Publications.

Hovland, C., & Weiss, W. (2020). The Impact of Visual Communication in Digital Campaigns: An Analysis of User Engagement. Journal of Digital Communication, 14(2), 78-95. https://doi.org/10.1080/21670811.2020.1744716

Kellison, T. (2016). Sport Facility and Event Management. Routledge.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing Science, 25(6), 740-759. https://doi.org/10.1287/mksc.1050.0153

Kozinets, R. V. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research. Sage Publications.

Langer, S. K. (2017). Philosophy in a new key: A study in the symbolism of reason, rite, and art. Harvard University Press.

Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication. Sage Publications.

Mutia Annur, C. (2022, December 8). Survei Ipsos: Indonesia punya penggemar sepak bola terbesar di dunia. Katadata. Retrieved June 20, 2024, from https://katadata.co.id.

Rose, G. (2016). Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual Materials. Sage Publications.

Schroeder, J. E. (2014). Visual Consumption. Routledge.

Smith, A., & Johnson, B. (2020). "The Role of Social Media in Sports Communication." Journal of Sports Management, 34(2), 123-145.

Thomson, A., Smith, L., & Adams, K. (2018). Enhancing Fan Engagement Through Visual Narratives: A Study of European Football Clubs on Instagram. International Journal of Sport Communication, 11(4), 469-487.

Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson.

We Are Social. (2023). "Digital 2023: Global Overview Report." Diakses dari https://wearesocial.com.

Wheeler, A. (2017). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. Wiley.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

1.
Melano FL, Abdullah NN, Adim AK. KOMODIFIKASI KONTEN VISUAL PEMAIN DIASPORA DI AKUN INSTAGRAM @TIMNASINDONESIA: (Analisis Semiotika Roland Barthes). JIDS [Internet]. 2024Aug.25 [cited 2024Nov.23];8(2):240-5. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/5257

Issue

Section

Articles