DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENJUALAN SEKTOR UMKM DI BOGOR

Authors

  • Hasanudin Hasanudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3463

Keywords:

Pandemi, covid-19, UMKM

Abstract

Bogor sebagai salah satu kota jasa banyak menawarkan aneka jasa dan juga aneka produk yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi termasuk para UMKM. Kegiatan ekonomi berjalan seperti biasa sebelum covid-19 mewabah di Indonesia, sementara saat mewabah, kegiatan para UMKM menjadi sangat terhambat akibat berkurangnya kegiatan ekonomi, dan diperparah dengan adanya kebijakan PSBB dan PPKM yang membatasi ruang gerak masyarakat.  Namun disisi lain penulis melihat sebenarnya hanya para UMKM yang dapat bertahan di situasi pandemi ini, karena dengan kondisi seadanya mereka semakin berkreasi dan berinovasi mengalihkan penjualan mereka dari konvensional menjadi digital (penjualan online) melalui ecommerce atau media sosial. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pandemi covid-19 terhadap kenaikan atau penurunan penjualan para UMKM. Metode yang dipakai adalah metode kuantitatif yang mencarai jawaban permasalahan dari data primer melalui kuesioner dan dioleh dengan menggunakan aplikasi SPSS. Sesuai pengamatan penelitian ini menghasilkan data bahwa pandemi covid-19 tidak berpengaruh terhadap penjualan UMKM. Adapun penelitian ini bermanfaat untuk menjadikan pelajaran bahwa wabah covid-19 perlu diwaspadai untuk semua bidang agar tidak terlalu mempengaruhinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Andi. 2020. “Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Indonesia Di Masa PAndemi.” Jurnal Brand 2 (1): 123–30.

Burhanuddin, Chairul Iksan, and Muhammad Nur Abdi. 2020. “AkMen Jurnal Ilmiah.” Krisis, Ancaman Global, Ekonomi Dampak, Dari 17: 710–18.

Dr. Tinku Joseph (India), Dr. Mohammed Ashkan Moslehi (Iran). 2020. “International Pulmonologist’S Consensus on Covid-19.” International Pulmonologist’s Consensus On Covid-19, 1–37.

Hanoatubun, silpa. 2020. “DAMPAK COVID – 19 TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA.” EduPsyCountsJurnal 2 (146–153).

Jatim, Pemprov. 2020. “Gotong Royong Melawan Covid-19 Dalam PSBB Di Surabaya, Sidoarjo Dan Gresik,” 37.

Nalini, Siti Nuzul Laila. 2021. “Dampak Dampak Covid-19 Terhadap Usaha MIkro, Kecil Dan Menengah.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4 (1): 662–69. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278.

Osler, Sidney. 2019. “Coronavirus Outbreak, All the Secrets Revealed about the Covid-19 Pandemic.” Journal of Chemical Information and Modeling.

Pakpahan, A. K. 2020. “Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Urnal Ilmiah Hubungan Internasional Edisi Khus (2020-04–27): 59–64. https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalIlmiahHubunganInternasiona/article/view/3870.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional 0 (0): 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Sari, Desak Made Febri Purnama, and Ni Putu Novi Anggraeni. 2021. “Transisi Pola Konsumsi; Buying Habits Pada Masa Work From Home (Wfh) Karyawan Di Kota Denpasar.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 6 (2): 111–26. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i2.3227.

Sharma, Jitender. 2020. Economics in the Age of Covid-19 by Joshua Gans. Jaipuria International Journal of Management Research. Vol. 6. https://doi.org/10.22552/jijmr/2020/v6/i1/195952.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiani, Ni Luh Mega, Ni Luh Putu Indiani, and Ni Made Wahyuni. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Kembali Di Zalora.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2 (2): 127. https://doi.org/10.38043/jimb.v2i2.2337.

Widiastuti, Ni Made Rai, and Ketut Novia Arini. 2021. “PERILAKU PENGGUNAAN KONTRASEPSI PADA PUS SELAMA PANDEMI COVID-19 PENDAHULUAN Indonesia Adalah Negara Berkembang Dengan Jumlah Penduduk Yang Menempati Posisi Ke Empat Dengan Laju Pertumbuhan Penduduk Dan Jumlah Penduduk Yang Tinggi Didunia Setelah Negara C.” Journal of Midwifery Science 5 (2): 137–47.

Wyplosz, Charles. 2020. 14 The Good Thing about Coronavirus, Book: Economics in the Time of COVID-19.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

1.
Hasanudin H. DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENJUALAN SEKTOR UMKM DI BOGOR. j.ab [Internet]. 2022Jun.25 [cited 2024Apr.19];7(1):74-88. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/3463

Issue

Section

Articles