Etika Bisnis Syariah dalam E-Commerce: Membeli Tanpa Khawatir Riba

Authors

  • Umi Salamah Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Zaenal Abidin Institut Islam Al-Mujaddid Sabak
  • Zeni Sunarti Institut Islam Al-Mujaddid Sabak

DOI:

https://doi.org/10.38043/jah.v8i1.6097

Keywords:

Etika Bisnis Syari’ah, Jual Beli Secara Online

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan etika bisnis syariah dalam praktik jual beli online di Desa Trimulya, Kec. Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur, dengan studi kasus Azka Shop. Etika bisnis syariah bertujuan mendidik moralitas manusia dalam perdagangan sesuai dengan Al-Qur'an dan hadis. Namun, praktik di lapangan menunjukkan masih adanya ketidakpuasan konsumen dan ketidaksesuaian barang dengan pesanan. Transaksi di Azka Shop menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, tetapi belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip syariah, terutama dalam aspek kejujuran, tanggung jawab, dan transparansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden terdiri dari pemilik Azka Shop dan konsumen di Desa Trimulya. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya pemahaman masyarakat mengenai transaksi online sesuai etika bisnis syariah, yang dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Solusi yang ditawarkan meliputi peningkatan edukasi masyarakat, kebijakan bisnis yang transparan, pengawasan transaksi yang lebih ketat, serta memberikan perlindungan konsumen. Dengan demikian, diharapkan praktik jual beli online di Azka Shop dapat berjalan sesuai dengan prinsip syariah dan memberikan kepuasan serta keamanan bagi konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, Totok Wahyu. 2016. “Aksiologi: Antara Etika, Moral, Dan Estetika.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(2):187–204.

Amsari, Syahrul, Sugianto Sugianto, Ahmad Afandi, and Asmaul Husna. 2023. “Analisis Makna Distribusi Kekayaan Perspektif Ekonomi Islam Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Hadits.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 7(2):1403–12.

Annur, Yusri Fajri, Ririn Yuriska, and Shofia Tamara Arditasari. 2021. “Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan.” in Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.

Aprianto, Naerul Edwin Kiky. 2021. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bisnis.” International Journal Administration, Business & Organization 2(1):8–15.

Dzikri, Mikail P., and Yuana Tri Utomo. 2024. “Ayat-Ayat Al-Qur’an: Purifikasi Ajaran Ekonomi Islam.” JAHE: Jurnal Ayat Dan Hadits Ekonomi 2(1):36–43.

Khabibulloh, Muhammad. 2023. “Praktik Jual Beli Online Palugada Perspektif Etika Bisnis Islam Di Wisma Digital Academy Manisrenggo Kediri.”

Maulida, Zenitha, and Dewi Rosa Indah. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Sebagai Strategi Persaingan Bisnis: Studi Kasus Bisnis Kuliner Rumah Makan Khas Aceh ‘Hasan’ Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra 2(3):188–202.

Nabbila, Faricha Lita, and Ahmad Syakur. 2023. “Prespektif Ayat Al-Qur’an Dalam Etika Bisnis Islam Kontemporer.” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 3(2):199–206.

Nadia, Sarah. 2021. “Analisis Praktik Jual Beli Online Menggunakan Sistem Cash On Delivery Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.”

Nasrifah, Maula. 2016. “Sistem Ekonomi Islam Dalam Al-Qur’an & Hadits.” Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2(2):67–86.

Nur, Almaidah. 2017. “Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Penadah Ikan Ekspor Di Kec. Mallusetasi Kabupaten Barru.”

Octaviani, Rika, and Elma Sutriani. 2019. “Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data.”

Pamungkas, Bagas Pragat, Sabila Cintania Yamanda, Bagas Permana, Billy Hendrawan, and Siti Sahara. 2023. “Analisis Dari Dampak Yang Terlihat Pada Perkembangan E-Commerce Di Era Digitalisasi Dan Rantai Pasok Logistik.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(15):616–21.

Rahman, Aulia. 2023. “Etika, Moral Dan Karakter Menurut Imam Al-Ghazali.”

Sahman, Z., and Misyatun Misyatun. 2024. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Ikan Di Pasar Tradisional Pagesangan.” Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism 4(1):40–48.

Sahnan, Ahmad. 2019. “Konsep Akhlak Dalam Islam Dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):99–112.

Susanto, Dedi, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1(1):53–61.

Syaripudin, Enceng Iip. 2018. “Perspektif Ekonomi Islam Tentang Upah Khataman Al-Qur’an.” Jurnal Naratas 1(2):1–8.

Ulum, Misbahul. 2020. “Prinsip-Prinsip Jual Beli Online Dalam Islam Dan Penerapannya Pada E-Commerce Islam Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis 17(1):454249.

Zuhdi, Kalya Nabila, Nabilah Fina Aprilia, Pramana Herjati Putra Dionchi, and Ananda Dwitha Yuniar. 2021. “Praktik Masyarakat Konsumsi Online Dalam Perspektif Baudrillard.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1(6):681–87.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

1.
Salamah U, Abidin Z, Sunarti Z. Etika Bisnis Syariah dalam E-Commerce: Membeli Tanpa Khawatir Riba. JAH [Internet]. 2025Apr.21 [cited 2025Apr.21];8(1):1-10. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/JAH/article/view/6097

Issue

Section

ARTIKEL