Implikasi Hukum atas Perubahan Bisnis UMKM: Strategi Adaptasi Era Digital dan E-commerce di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.38043/jah.v7i1.5052Keywords:
UMKM, E-commerce, DigitalAbstract
Transformasi sekarang ini tidaklah mudah, karena UMKM dihadapkan langsung pada berbagai tantangan yang kompleks dalam mengadopsi E-commerce. tantangan teknologi dan kapasitas sumber daya manusia, seperti keterbatasan akses dan penguasaan teknologi terkini serta kekurangan keahlian sumber daya manusia dalam mengelola dan memanfaatkan E-commerce secara efektif. Permasalahan yang muncul terhadap implikasi hukum atas perubahan bisnis UMKM dalam adaptasi terhadap era digital dan E-commerce di Indonesia. Tujuan penulisan ini yaitu hendaknya pemerintah dapat mendorong pertumbuhan E-commerce dan keberlanjutan UMKM Melalui berbagai inisiatif seperti fasilitasi "Go Online". Tulisan ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif. dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan tantangan internal, termasuk keterbatasan sumber daya finansial yang menjadi penghambat utama dalam investasi E-commerce, dan pertimbangan terkait adaptasi dan pemasaran produk UMKM di platform online. Sementara itu, tantangan strategis dan pemasaran meliputi kebutuhan akan strategi pemasaran yang efektif dan inovasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan agar dapat bersaing di pasar E-commerce yang kompetitif.
Downloads
References
Ade Ony Siagian. (2021). STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE BAGI UMKM INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA. Jurnal Akrab Juara, Volume 6 N, 17.
Adellia Maharani, A. D. N. (2023). PERAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DI KOTA TANGERANG. Sebatik Vo, 333. https://doi.org/DOI:10.46984/sebatik.v27i1.2160
Afeni Maxuel, A. P. (2021). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM E- COMMERCE. JRMB, Volume 16,.
AHMAD MULYONO. (n.d.). PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE DENGAN MEMBERDAYAKAN TEKNOLOGI INTERNET. 45.
Aprilia, Yunia Latifah, Luluk Ritonga, I. (2022). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW ON THE EFFECTIVENESS OF POLICY FOR DISTRIBUTION OF SOCIAL ASSISTANCE FUNDS FOR MSMES IN INDONESIA. Jurnal Kebijakan Pembangunan, Volume 17, 61.
Armiani, Dwi Arini Nursansiwi, Sofiati Wardah, B. D. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Formasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formasa, Vol. 1, No, 145–154.
Ayouvi Poerna Wardhanie, Puspita Kartikasari, S. H. E. W. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) JAWA TIMUR UNTUK MENEMBUS PASAR GLOBAL DENGAN METODE O2O. Jurnal Bisnis Terapan, Jurnal Bis.
Ayu Fatama. (2023). Pengaruh Undang-Undang Cipta Kerja Terhadap Pendirian Akta (PT UMKM) di Indonesia (Studi Kasus di Nusa Tenggara Barat). Mandalika Law, Vol:1 No, 61.
Betty Silfia Ayu Utami*. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Vol. 03, N, 15.
Darmastuti, S., Juned, M., Saraswati, D. P., Utami, R. A. A., & Raharjo, P. (2023). Peluang Dan Tantangan UMKM Di Indonesia Dalam Perkembangan e-Commerce: Studi Perbandingan Dengan UMKM Di Negara-negara ASEAN. SOSIO DIALEKTIKA, 8(1), 42. https://doi.org/10.31942/sd.v8i1.8786
Daruning Rahayu, Eni Maryani, I. G. (2021). Komunikasi Digital Dalam Bisnis Online Produk UMKM “SO WHAT” di Era Normal Baru. COMMUNICATION, VOL. 12 NO, 59–68.
Deanne Destriani Firmansyah Putri. (2021). UPAYA PENCEGAHAN KEBOCORAN DATA KONSUMEN MELALUI PENGESAHAN RUU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI (STUDI KASUS E-COMMERCE BHINNEKA.COM). Borneo Law Review, Vol.5 No.1, 46.
Dewa Ayu Ramini, A. A. M. M. (2020). Peran Literasi Keuangan Sebagai Prediktor Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Di Kabupaten Badung. Jurnal Akuntansi, Vol. 4 No., 53.
Dianta Hasri Natalius Barus. (2024). How Lazada Remains in the Top Three e- Commerce in Indonesia: Digital Analytics Through Trend Indicators. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), Volume 6, 1.
Emilia Dewiwati Pelipa, A. M. (2020). PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA SINTANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, Volume 3 N, 94.
Harini, Dra.Cicik, SB. Handayani, SE, M. (2019). PEMASARANKEWIRAUSAHAAN MELALUI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equlibrium, Vol. 13 No, 22.
Jeremy Hermon Hermawan, Kawang Utomo, Raveldy Guinzy Gunawan3, Theresa Karyn Wijaya4, aheswara R. (2023). Does Free Shipping Affect Purchasing Decisions in E-commerce in Indonesia. Indonesian Journal of Computer Science, Vol. 12, N, 90.
Joshua Agusta. (2017). Inkonsistensi Pengaturan Modal Dasar Dalam Pendirian Peseroan Terbatas Terhadapo Tujuan Kepastian Hukum. Atnma Jaya Yogyakarta.
Kadek Diki Nugraha Sugita, N. N. S. E. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN AKSES PERMODALAN TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM PADA BIDANG FASHION DI KOTA DENPASAR. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equlibrium, Vol. 8 No., hal:117-125. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i1.845
Kahay, A. A. F. G. A. El, Asikin, Z., & Sili, E. B. (2023). PENGARUH UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA TERHADAP PENDIRIAN AKTA (PT UMKM) DI INDONESIA (STUDI KASUS DI NUSA TENGGARA BARAT). Mandalika Law Journal, 1(2). https://doi.org/10.59613/mlj.v1i2.2571
Kenlies Era Rosalina Marsudi, V. A. P. (2022). IMPLEMENTASI SISTEM EKONOMI PANCASILA DALAM KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA Implementation of the Pancasila Economic System in Indonesian Government Policies. Journal of Islamic Economics and Finance, Vol. 2, No, pp; 27-42.
Lessig, L. (2009). Code: And Other Laws of Cyberspace (pp. 9–10). ReadHowYouWant.com. https://books.google.co.id/books?id=tmE-pvNIX38C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Listiyono, Hersatoto,Sunardi, Wahyudi, Eko Nur, Diartono, D. A. (2024). Dinamika Implementasi QRIS: Meninjau Peluang dan Tantangan bagi UMKM Indonesia. IKRAITH-INFORMATIKA, Vol 8 No 2, 120.
M. Fajrul Falaq, K. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat UMKM Di Indonesia Dalam Melaksanakan Ekspor Selama Pandemi Covid-19. Sinomika Journal, 1 Nomor 4, 999. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA
MA Pahmi, AFM Ayob, G. S. (2022). Review: Dampak Disrupsi ICT dan Covid 19 Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dan Digital E-Commerce di Indonesia. Jurnal Terapan Teknik Industri, Volume 3, hlm 22-32.
Megawati Simanjutak. (2023). Perlindungan Konsumen Atas Keamanan Dan Kenyamanan Bertransaksi Pada Sistem E-Commerce: Vol. Vol. 5 No. IPB UNiversity.
Mohamad Aji Setyo, S. F. (2022). FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL PENGHAMBAT UTILISASI E-COMMERCE PADA UMKM Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Bantul. Jurisma: Jurnal Riset Dan Manajemen Unikom, Volume 12, 16.
Muhamad Aryanang Isal, R. M. S. (2023). Jeratan Social commerce: matinya maSa Depan Umkm Di inDoneSia Studi KaSuS tiKtoK Shop di Indonesia. Jurnal Commerce Law, Volume 3, 403.
Muhammad Alfarisi, R. K. H. (2023). MENINGKATKAN TRANSFORMASI DIGITAL DAN KEBERLANJUTAN PADA UMKM KULINER HALAL INDONESIA: STUDI PEMODELAN KINERJA. Journal of RELIGIOUS POLICY, Volume 2, 345–382.
Muhammad Anugrah, Muhammad Nur Syahid, Syahri, Fikri, M. A. (2023). Tantangan Hukum dan Peran Pemerintah dalam Pembangunan ECommerce di Indonesia. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, Vol. 02, N, 423–440.
Mulyono. (2014). PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE DENGAN MEMBERDAYAKAN TEKNOLOGI INTERNET. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 1(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v1i1.32
Nefo Indra Nizar, I. L. (2020). FINTECH DAN E COMMERCE UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DAN INDUSTRI KREATIF. SAR (Soedirman Accounting Review): Journal of Accounting and Business, Juni 2020, 18–39.
Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari, Ni Wayan Candra Saraswati Dewi2, D. M. (2022). PEMANFAATAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL, DOMPET DIGITAL PADA UMKM GANDHI’S LAUNDRYMART DI DESA BATUBULAN KANGIN. Abdi Dharma Masyarakat, Volume 3 N, 15.
Nurasmi. (n.d.). PERAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE BAGI UMKM DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 6 No 1.
Puspita Kartikasari. (2018). Melalui, Pertumbuhan bisnis melalui metode 020, pada usaha mikro kecil dan menengah UMKM di Indonesis. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Syariah, Vol. 12, N.
Rico Elhando Badri, M. A. E. Y. (2021). PROJECT BASED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK UMKM. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 07. N, 9.
Rodiatun adawiyah. (2022). ANALISIS TANTANGAN E-COMMERCE DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA DI INDONESIA. 18.
Sabri Balafif. (2023). Penyesuaian Model Ketahanan Siber UMKM di Indonesia Dengan Nist Cybersecurity Framework. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.8, No., 291.
Setiyani, Lila Natalia, Inpresta, Liswadi, G. T. (2023). Analysis of Behavioral Intentions of E-Commerce Shopee Users in Indonesia Using UTAUT2. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), Vol 4 No., 160.
Shanti Darmastuti?, M. J., Saraswati, D. P., Utami, R. A. A., & Raharjo, dan P. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN UMKM DI INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN E-COMMERCE: STUDI PERBANDINGAN DENGAN UMKM DI NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal SOSIO DIALEKTIKA, 8(p-ISSN: 2540.8941 e-ISSN: 2623.2944), 7.
Shanti Darmastuti1, Mansur Juned2, D. P. S. 3. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN UMKM DI INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN E-COMMERCE: STUDI PERBANDINGAN DENGAN UMKM DI NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal SOSIO DIALEKTIKA, 8(8 (1) (2023) p-ISSN: 2540.8941 e-ISSN: 2623.2944), 15.
Sugeng, Choiriyah Salsabilah, A. H. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MADU LEBAH KLANCENG TRIGONA DI OHGAN KOMERING ULU. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, Volume 2,.
Suryadi, Faizal Amir, P. N. (2023). Revolusi Industri, Tren Pekerjaan Masa Depan, dan Posisi Indonesia. Jurnal Ketenagakerjaan, Volume 18(Online ISSN: 2722-8770 Print ISSN: 1907-6096).
Syamsul Bahri. (2024). Strategi Pemasaran Internasional terhadap Volume Penjualan melalui Kebijakan Tarif dan Kuota pada Industri UMKM di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, Volume, 03, 18–28.
Syarifa Syafira Nisa, Lucia Rita Indrawati, P. K. P. (2023). PENGARUH E-COMMERCE DAN UMKM TERHADAP SEKTOR LOGISTIK INDONESIA TAHUN 2010-2018. DINAMIC: Directory Journal of Economic, Volume 2 N, 27.
Tedjasukmana, B. (2020). Orientasi Pengembangan Manajemen Unit Bisnis Strategis Dalam Menunjang Sektor Pendapatan Serta Keberlanjutan Usaha UMKM Indonesia Go Digital. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, ISSN (onli, 547.
Viviana Mayasari, Devani Laksmi Indyastuti, D. (2023). Model kualitas aset dan e-commerce pada kinerja UMKM yang dimoderasi oleh strategi persaingan produk. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia Volume 06, Nomor 04.
Wicaksono Febriantoro. (2018). KAJIAN DAN STRATEGI PENDUKUNG PERKEMBANGAN E- COMMERCE BAGI UMKM DI INDONESIA. Manajerial, Manajerial(1412–6613), Hal-184.
Wilestari, Median,Mujiani, Sari, Sugiharto, B. H. S., Andriya, & Risdwiyanto. (2023). Digitalisasi dan Transformasi Bisnis: Perspektif Praktisi Muda UMKM tentang Perubahan Ekonomi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, Volume 12,(pp. 259-268 P-ISSN: 2303-2898 | E-ISSN: 2549-6662), 259.
Yosephine Adinda D S, Tifani Rizki Dianisa, Ghina Khalda Naila, H. I., & Muhammad Haikal Arsya, Asianto Nugroho, S. H. (2022). IMPLIKASI PERUBAHAN SISTEM PEMBAYARAN DAN PENURUNANTARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. Komunikasi Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, (Volume 5, 371.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Hidayat Hidayat, Nur Kholik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.