IMPLEMENTASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME DALAM PENGELOLAAN CYBER PUBLIC RELATIONS KEPOLISIAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Marsito Pane Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Lathifa Prima Ghanistyana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Indira Lutfiatul Affipah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rhegita Novia Cahyani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sinta Widya Kartika Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v9i1.6125

Keywords:

Cyber Public Relations, Kepercayaan Publik, Komunikasi Digital, Media Sosial, Polres Metro Tangerang Kota

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengelolaan akun Instagram @polresmetrotangerangkota dalam membangun kepercayaan publik melalui strategi komunikasi digital. Di era digital, institusi kepolisian perlu membangun komunikasi yang efektif, transparan, dan interaktif agar dapat menjangkau serta melibatkan masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun tersebut menerapkan strategi komunikasi berbasis The Circular Model of SoMe for Social Communication yang dikembangkan oleh Regina Luttrell, yang terdiri dari empat tahap utama: share, optimize, manage, dan engage. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi konten Instagram, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi serta dipetakan melalui analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan dan tantangan strategi komunikasi digital yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @polresmetrotangerang telah secara efektif menerapkan keempat tahapan model SoMe: menyebarkan informasi secara konsisten (share), mengoptimalkan jangkauan melalui fitur Instagram seperti Stories, Reels, dan Live (optimize), mengelola interaksi secara aktif dengan tingkat engagement rate rata-rata 10% (manage), dan membangun keterlibatan publik melalui kolaborasi dengan influencer serta program interaktif seperti “Ngopi Kamtibmas” dan “Jumat Curhat” (engage). Implikasi praktis dari penelitian ini menegaskan bahwa media sosial dapat menjadi alat strategis bagi institusi kepolisian dalam membangun citra positif, meningkatkan transparansi, serta memperkuat hubungan yang harmonis dan partisipatif dengan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin Brk Kendari. (2025). Strategi Komunikasi Kepolisian Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Brk Kendari. Https://Brkkendari.Com/2025/02/Strategi-Komunikasi-Kepolisian-Dalam-Meningkatkan-Kepercayaan-Masyarakat/

Adolph, R. (2016). Strategi Humas Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Media Publikasi Untuk Meningkatkan Citra Di Polda Metro Jaya. 2(2015), 123.

Aidil Akbar. (2025). Pimpin Sosialisasi Pengelolaan Penggunaan Media Sosial, Kabid Humas Minta Keaktifan Personel Dalam Penggunaan Medsos. Tribata News. Https://Tribratanews.Babel.Polri.Go.Id/2025/01/14/Pimpin-Sosialisasi-Pengelolaan-Penggunaan-Media-Sosial-Kabid-Humas-Minta-Keaktifan-Personel-Dalam-Penggunaan-Medsos/

Alexander, J. L., Safitri, D., & Anindhita, W. (2022). The Circular Model Of Some In Instagram Management (Case Study: Forum Human Capital Indonesia). Jurnal Komunikasi Indonesia, 10(2). Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V10i2.13882

Asyifa Lanafillah Nafis. (2022). Implementasi Manajemen Public Relations Polres Metro Tangerang Kota Dalam Pengelolaan Media. Mecubuana Univercity Institutional Repository. Https://Repository.Mercubuana.Ac.Id/71908/

Azhari, S. (2002). Fungsi Pelayanan Kepolisian Negara Republik Indonesia Kepada Masyarakat ( Telaah Terhadap Undang-Undang Kepolisian Nomor 2 Tahun 2002 ).

Balai, A. B. T. (2025). Peran Komunikasi Kepolisian Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat. Brk Tanjung Balai. Https://Brktanjungbalai.Com/2025/02/Peran-Komunikasi-Kepolisian-Dalam-Membangun-Kepercayaan-Masyarakat/

Cahyono, E. A. (2020). Optimalisasi Sumber Daya Manusia Kepolisian Republik Indonesia Dalam Peningkatan Pelauanan Publik Di Kepolisian Resor Gresik. Airlangga Development Journal, 1(1), 11. Https://Doi.Org/10.20473/Adj.V1i1.18007

Earlinda, C. D., & Nugrahani, R. U. (2023). Aktivitas Pengelolaan Akun Media Sosial @Ptpertaminapatraniaga Sebagai Media Informasi. Journal Of Communication, Business And Social Science. Https://Journals.Telkomuniversity.Ac.Id/Jcobs/Article/View/6817

Eka Putri, C., & Arsyilla, N. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Divisihumaspolri Sebagai Media Iklan Layanan Masyarakat. Jurnal Cyber Pr, 4(1), 6981. Https://Journal.Moestopo.Ac.Id/Index.Php/Cyberpr

Ghozian El Shidqi. (2022). Pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Citra Pondok Pesantren Daar El Manshur. Repository Universitas Muhammadiyah Jakarta. Https://Repository.Umj.Ac.Id/12624/

Gregorius Hirda Gumalanis. (2023). Strategi Media Relations Humas Polres Metro Tangerang Kota Untuk Membangun Citra Positif Pada Media. Repository Universitas Esa Unggul. Https://Digilib.Esaunggul.Ac.Id/Strategi-Media-Relations-Humas-Polres-Metro-Tangerang-Kota-Untuk-Membangun-Citra-Positif-Pada-Media-30766.Html

Handayani, W., Arlan, A. S., & Fajar Noorrahman, M. (N.D.). Kualitas Pelayanan Kepolisian Terhadap Pengaduan Masyarakat Di Kepolisian Sektor Danau Panggang Resor Hulu Sungai Utara. 317323.

Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat Dan Risiko. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(2), 149165. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.33299/Jpkop.25.2.3920

Herdiansyah, R. W., Anugrah, D., & Maarif, A. A. (2023). Pengelolaan Digital Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image @Sma1bantarujeg. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 8(1), 2342. Https://Doi.Org/10.15575/Reputation.V8i1.29852

Holipiah, N., Hamidah, H., & Hamandia, M. R. (2024). Analisis Komunikasi Humas Polda Sumsel Dalam Meningkatkan Citra Positif Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Melalui Instagram @Polisi_Sumsel. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 14. Https://Doi.Org/10.47134/Jbkd.V1i3.2488

Husna, N. (N.D.). Cyber Public Relations. Binus Univercity Malang. Retrieved March 10, 2025, From Https://Binus.Ac.Id/Malang/2018/07/Cyber-Public-Relations/

Ibrahim, S. M., Golose, P. R., & Imran, M. F. (2025). Strategi Komunikasi Polri Di Media Sosial: Studi Kasus Manajemen Reputasi Oleh Divisi Hubungan Masyarakat. 9(1), 222230.

Intan Fadilah Nasution, Salwa Azzahrah, Eka Resmawati, Aura Islamyazizah, & Tugimin Supriyadi. (2024). Peran Keterbukaan Komunikasi Dalam Membangun Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Citra Diri Kepolisian. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(3), 303315. Https://Doi.Org/10.61132/Observasi.V2i3.518

Jati, M. I. (2019). Manajemen Media Sebagai Intervensi Dalam Menanggulangi Isu Provokatif Di Medsos. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(1), 14. Https://Doi.Org/10.35879/Jik.V13i1.106

Linda, Nurfauzi, K. R., & Amalin, K. (2024). Circular Model Of Some Dalam Komunikasi Korporasi Mylk Di Media Sosial Instagram. Analogi Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 3247. Https://Doi.Org/10.61902/Analogi.V2i2.1026

Man. (2025). Transformasi Digital Dan Teknologi Bagi Kepolisian Strategi Apakah Untuk Saat Ini Serta Masa Depan. Polisi Indonesia. Https://Polisiindonesia.Id/2025/02/17/Transformasi-Digital-Dan-Teknologi-Bagi-Kepolisian-Strategi-Apakah-Untuk-Saat-Ini-Serta-Masa-Depan/

Muhammad, F. (2023). Peran Humas Polres Metro Tangerang Kota. 1(2), 11121117.

Naibaho, R. (2024). Kapolri Beberkan Transformasi Digital Di Polri: Respons Cepat Aduan Publik. Detiknews. Https://News.Detik.Com/Berita/D-7442992/Kapolri-Beberkan-Transformasi-Digital-Di-Polri-Respons-Cepat-Aduan-Publik

Narda, A. (2024). Aktivitas Digital Public Relations Pada Media Sosial Instagram @Sekitarbandungcom: Studi Deskriptif Kualitatif Pada Perusahaan Media Sekitar Bandung. Digital Library Uin Sunan Gunung Jati. Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/94760/

Pramudya, D. A., Darsono, D., & Risdayah, E. (2024). Implementasi Cyber Public Relations Pada Media Sosial Instagram Polres Bogor. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 7(3), 245264. Https://Doi.Org/10.15575/Reputation.V7i3.23586

Qotrun. (N.D.). Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, Dan Prosedurnya. Gramedia Blog. Retrieved March 10, 2025, From Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Penelitian-Kualitatif/

Qurniawati, E. F., Mardani, P. B., & Wulandari, H. (2024). The Circular Model Of Some On Digital Public Relations Management Of Universitas Islam Riau. Profesi Humas, 8(2), 216. Https://Doi.Org/10.24198/Prh.V8i2.49088

Raeburn, A. (2025). Analisis Swot: Arti Dan Cara Menggunakannya (Beserta Contoh). Asana. Https://Asana.Com/Id/Resources/Swot-Analysis

Rahmat, M., & Cangara, H. (2024). Analysis Of Citizen Acceptance In Police Services: A Perspective From The Acceptance Theory. Jurnal Badati, 6(1). Https://Www.Ojs.Ukim.Ac.Id/Index.Php/Badati/Article/View/1211%0ahttps://Www.Ojs.Ukim.Ac.Id/Index.Php/Badati/Article/Download/1211/870

Regina, L. (2014). How To Engage, Share, And Connect. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 8(1), 243.

Regina, M. (2022). Analisa Swot Akun Instagram @ Jadesta . Official Sebagai Media Promosi Desa Wisata Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi , 3, 1321. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Impresi/Article/Download/65749/37550

Sakinah, M., Eif, D., & Cholidah, L. I. (2020). Pengelolaan Cyber Public Relations Dalam Meningkatkan Citra. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 101120. Https://Doi.Org/10.15575/Reputation.V2i1.53

Sani, A. (2018). Pengembangan Model Revitalisasi Akun Media Sosial Resmi Di Lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 904906.

Sherin, N. (2024). Apa Itu Digital Public Relations: Bagaimana Memahami Dan Cara Kerjanya. Digital Pr. Https://Bdpr.Telkomuniversity.Ac.Id/Apa-Itu-Digital-Public-Relations/

Suryasuciramdhan, A., Zulfikar, M., Sari, N. J., Putri, S. T., Saputra, R. E., & Relations, M. (2024). Peran Media Relations Dalam Meningkatkan Reputasi Institusi Kepolisian. 7(1).

Ummah, M. S. (2019). Pengelolaan Cyber Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Kepolisian Resor (Polres) Indramayu: Analisis Deskriptif Pada Website Tribratanewspolresindramayu.Com Dan Media Sosial Seksi Hubungan Masyarakat Polres Indramayu. Sustainability (Switzerland), 11(1), 114. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Wasono Adi, & Handini Prabawati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 160176. Https://Doi.Org/10.21009/Communicology.012.05

Wulandari, D. P. (2013). Fenomena Penggunaan Susuk Pada Profesi Joged Dalam Seni Tayub Di Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah. Eprints Uny. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/24791/

Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra Pemprov Dki Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199212. Https://Doi.Org/10.21107/Ilkom.V14i2.7456

Zalukhu, M., Golung, A. M., & Rondonuwu, S. (N.D.). Analisis Faktor-Faktor Dalam Pengembangan Koleksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Bagi Mahasiswa Di Upt. Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

1.
Pane M, Ghanistyana LP, Affipah IL, Cahyani RN, Kartika SW. IMPLEMENTASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME DALAM PENGELOLAAN CYBER PUBLIC RELATIONS KEPOLISIAN DI ERA DIGITAL. JIDS [Internet]. 2025Feb.20 [cited 2025May9];9(1):119-35. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/6125

Issue

Section

Articles