PERAN BAHASA EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISU EKONOMI DI MEDIA CETAK DAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v9i1.5912Keywords:
Bahasa Ekonomi, Istilah Teknis, KomunikasiAbstract
Bahasa ekonomi dapat memberikan informasi tentang ekonomi secara lebih spesifik, tepat, dan terstruktur. Istilah ekonomi seperti inflasi, deflasi, dan suku bunga membantu pembaca lebih memahami kondisi perekonomian. Penggunaan bahasa ekonomi, baik di media cetak maupun online, memainkan peran secara efisien untuk menyampaikan informasi,serta dapat dimengerti oleh beragam kalangan pembaca. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki tentang penggunaan bahasa ekonomi dalam media cetak dan online dengan mengidentifikasi isu-isu terkait penggunaan bahasa ekonomi, serta menggunakan framing untuk mempengaruhi opini publik terhadap isu-isu ekonomi. Metode yang diterapkan adalah analisis konten dan survei. Analisis konten dan survei yang dilakukan yaitu dengan menganalisis bahasa-bahasa ekonomi yang terdapat dalam media cetak dan online, lalu melakukan survei dengan cara mengumpulkan data dari responden melalui pertanyaan. Dalam hal ini, peneliti akan mengumpulkan beberapa data dari artikel yang diambil secara acak dari media cetak dan online. Pembahasan tentang bahasa ekonomi tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana untuk memahami isu-isu tersebut yang meliputi kebijakan fiskal, inflasi pergerakan pasar saham, dan perkembangan ekonomi global yang sering kali sulit dipahami oleh masyarakat umum. Dengan banyaknya istilah teknis dan konsep yang rumit, para penulis media kini dituntut untuk memberikan informasi dengan jelas, akurat, dan dapat dipahami oleh pembaca yang memiliki latar belakang pendidikan dan pemahaman ekonomi yang beragam. Meskipun media cetak dan online berupaya menyederhanakan bahasa dan membuatnya lebih mudah dipahami, masih terdapat beberapa tantangan terutama bagi pembaca yang tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa ekonomi yang memadai. Kebingungan bisa muncul ketika orang memahami istilah ekonomi yang sama tapi memaknainya berbeda, dan perbedaan penggunaan istilah di media yang berbeda dapat menghilangkan makna yang disampaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkuat pemahaman bahasa ekonomi di masyarakat.
Downloads
References
Anggit Pramesti, I. (2021). FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT DAN CARA MEMBACA MASYARAKAT INDONESIA DI ERA DIGITAL, SERTA DAMPAKNYA PADA BISNIS MEDIA CETAK. Jurnal Ilmu Humaniora, 05(1), 117–131.
Aryusmar. (2011). KARAKTERISTIK BAHASA JURNALISTIK DAN PENERAPANNYA PADA MEDIA CETAK. Jurnal Humaniora, 2(45), 1209–1218.
Azahra, I. P., Wardhani, V. J., Devinta, L. C., Khaliala, N., Rohma, V. B., Bahanan, A. A. G., Fitrianto, T. A., & Arya D, M. F. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Promosi Online Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Kelas Menengah. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2670
Carson, R.B. (1978). Economic Issues Today. M.E. Sharpe: Armonk, NY. USA
Carter, A.G. Creedy, D.K.& Sidebotham, M. (2018). Measuring Critical Thinking in Pre-registration Midwifery students: A Multi-method Approach. Nurse Education Today, 61, 169-174. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.11.026
Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pengenalan Media Sosial Untuk Menciptakan Peluang Ekonomi di Karang Taruna Desa Panyirapan Kabupaten Serang. Indonesian Journal of Society Engagement, 2(2), 75–90. https://doi.org/10.33753/ijse.v2i2.32
Darmawan, D., Wignyadisastra, M., Amran, N., Djuartika, T., Wirakusumah, A., Mubin, A., Abdulkadir, K., & Suwandono, S. (1984). Kamus Istilah Ekonomi. Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta, 1–216.
Desjardins, R. (2017). Political Economy of Adult Learning Systems: Comparative study of strategies, policies and constraints. London: Bloomsbury.
Gunawan, G. (2017). Aplikasi Kamus Istilah Ekonomi (Inggris-Indonesia) Menggunakan Metode Sequential Searching. Pseudocode, 3(2), 122–128. https://doi.org/10.33369/pseudocode.3.2.122-128
Hasan, B. (2006). Ekonomi Media: Perlukah? Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(2), 329–334. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i2.1279
Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini - Researches on Media Uses And Its Development. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(1), 103–121.
Munqidzah, Z. (2016a). Proses Morfologi Pada Ekonomi Bahasa Dalam Bahasa Jepang. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 122. https://doi.org/10.21067/jibs.v3i2.1464
Nugraha, D., Naftaki, S., & Dkk. (2024). RELASI EKONOMI MEDIA DAN KEPENTINGAN POLITIK PEMILIK MEDA DI INDONESIA. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 04(3), 2988–1986.
Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online the Role of Mass Media in Facing Online Media Attacks. MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUIKASI MASSA Section, 2(1), 51–64.
Putri, A. (2020). Penerapan bahasa Jurnalistik pada media online: Studi deskriptif mengenai penggunaan bahasa Jurnalistik dalam Berita Ekonomi Bisnis. com edisi April 2022. Ilmu Jurnalistik, 6(November 2020), 393–412.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. https://www.ojk.go.id
Reni Supriani, I. R. (2016). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura , 3(2), 67-76
Sekar Wangi, M. (2007). KOMODITI SOSIAL DALAM INDUSTRI MEDIA MASSA Maya Sekar Wangi Fakultas ISIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 7(1), 62–68.
Suprihatma, S. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik pada Media Massa Online. Journal on Education, 6(2), 11011–11018. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4892
Suryawati, I., & Alam, S. (2022). TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS). Jurnal Signal, 10(2), 177–361. https://doi.org/10.33603/signal.v10i2.7240
Tri Asti, I. (2019). PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP EKONOMI. Jurnal Hikmah, 13(1), 75–88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faizzatun Nikmah, Roni Subhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.