REPRESENTASI PEREMPUAN CANTIK DAN GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA MAHASISWA MUSLIM FAKULTAS ILMU SOSIAL UIN SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v8i2.5528Keywords:
Representasi; Perempuan Cantik; Gaya Hidup; KonsumtifAbstract
Pada zaman sekarang, perempuan cantik sering digambarkan dengan kriteria-kriteria tertentu yang banyak beredar di media sosial serta di lingkungan masyarakat. Hal tersebut sangat memberikan pengaruh dikalangan mahasiswi, dimana mereka mulai mengikuti apa yang menjadi kriteria cantik tersebut sehingga timbul perilaku konsumtif dalam pembelian maupun penggunaan barang dan produk kecantikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitattif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan cantik dan praktik gaya hidup konsumtif di kalangan mahasiswi fakultas ilmu sosial UIN Sumatera Utara. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi yang terlibat dalam perilaku konsumtif lebih cenderung membeli dan menggunakan berbagai barang serta produk kecantikan untuk memenuhi ekspektasi masyarakat dan mencapai penampilan yang mereka inginkan, sebagian dari mereka juga tidak memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan. Penelitian ini menyoroti sejauh mana para mahasiswi memprioritaskan untuk menyesuaikan diri dengan standar kecantikan masyarakat.
Downloads
References
Afdholy, N. (2019). Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 3(1), 4353. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V3I1.8681
Ahmad, M., Ghani, H., & Khoso, A. (2021). The Role of Social Media in Growth of The Muslim Society (An Analytical Study). International Research Journal of Management and Social Sciences, 2(2), 7282. https://doi.org/10.53575/IRJMSS.V2.2(21)7.72-82
Amaliya, L., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3), 835842. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/20320
Angelia, D., Rohmaddani, E. R., Fauzuna, F., Anggraini, P., Titis, T., & Fibrianto, A. S. (2022). Gaya hidup konsumtif sebagai dampak adanya online shop di kalangan mahasiswa sosiologi angkatan 2021. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 3(1), 16. https://doi.org/10.53682/JPJSRE.V3I1.3080
Anggraini, R., & Santhoso, F. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131140. https://doi.org/10.22146/GAMAJOP.44104
Apriliana, N. S., & Utomo, E. P. (2019). Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, 13(2), 179190. https://doi.org/10.20885/KOMUNIKASI.VOL13.ISS2.ART5
Aprilita, D., & Listyani, R. H. (2020). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, dan @papuan_girl). Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16891
Arisanti, P. (2021). Tren Gaya Hidup Milenial, Identitas Sosial dan Desain Coffe Shop. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 579590. https://doi.org/10.38043/JMB.V18I4.3318
Asmita, D., & Erianjoni, E. (2021). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 9196. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V2I2.73
Azizah, P. R., Ananda, R. S., & Risko Faristiana, A. (2023). Dampak Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja Perempuan. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 399414. https://doi.org/10.55606/SSCJ-AMIK.V1I4.1681
Desky, A. F., Jailani, M., & Kamal, A. (2023). Analisis Perilaku Impulse Buying Bagi Pengguna E-Commerce Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Kota Medan Dalam Perspektif Sosiologi. repository.uinsu.ac.id.
Djuwitaningsih, E. W. (2023). Perubahan Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Tenaga Kerja Wanita (TKW) Purna. Aristo, 7(1), 0121. https://doi.org/10.24269/ARS.V7I1.1284
Drifanda, V., & Ragaan, K. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan
Fadly Nasution, H., & Susanti, N. (2022). Tinjauan Sosiologi Ekonomi Perilaku Konsumsi Mahasiswa Febi UIN Sumatera Utara Pada Pasar Virtual dalam Perspektif Ekonomi Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 6370. https://doi.org/10.32670/HT.V2I1.2672
Isnawati, E., & Yonisa Kurniawan, R. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 2021. https://doi.org/10.17977/UM014v14i12021p47
Jannah, I. N., & Sylvia, I. (2020). Hubungan Kelompok Teman Sebaya terhadap Gaya Hidup Hedonisme pada Mahasiswa. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i1.199
Khafida, A. A., & Hadiyati, F. N. R. (2020). Hubungan Antara Koformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Skincare di Marketplace Pada Remaja Putri SMA N 1 Kendal. Jurnal Empati, 8(3), 588592. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26501
Lestari Pambayun, E. (2021). Peran Ganda Perempuan dalam Keluarga Pespektif Feminis Muslim Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Law, 1(2), 97126. https://doi.org/10.35719/IJIL.V1I2.195
Lisma, N., & Haryono, A. (2021). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). JPE, 9(1).
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya Bandung.
Muary, R. (2022). Sosiologi: Pengantar, Teori dan Paradigma. books.google.com. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=wv2hEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Rholand+Muary.+(2022).++Sosiologi:+Pengantar,+Teori,+dan+Paradigma.+Medan:+CV+Merdeka+Kreasi+Group.&ots=9AqiSHFb_k&sig=wnAWqV2kFN4G9Mse9Zg_osTN7u8&redir_esc=y#v=onepage&q=Rholand
Nisak, M., & Sulistyowati, T. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/3
Novitasani, L. (2022). Perubahan gaya hidup konsumtif pada mahasiswa urban di UNESA. Paradigma, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9090
Nugraha, B. E. (2020). Perubahan perilaku konsumtif pada mahasiswa perantauan (studi kasus mahasiswa pendidikan ilmu pengetahuan sosial). repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45375
Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684697. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/20280
Pambayun, E. L. (2020). Identitas Dakwah Perempuan dengan Techno-Religion. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(02), 123140. https://doi.org/10.53678/ELMADANI.V1I02.126
Putri, K. S. R. (2020). Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Penikmat Kopi Di Cliq Coffee Jakarta. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55515
Putri, S. M., Mahardayani, I. H., & Ahyani, L. N. (2022). Perilaku Konsumtif Produk Fashion Ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis dan Kepribadian Ekstrovert pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.7664
Riana, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Wanita Karir di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. repository.uin-suska.ac.id.
Riswana, R. D., Nasrullah, A., & Kusuma, N. (2023). Konstruksi Standar Kecantikan Perempuan di Kalangan Mahasiswi Universitas Mataram. Prosiding SeNSosio (Seminar Nasional Prodi Sosiologi), 4(1), 450469. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/sensosio/article/view/473
Sastrawaty, N. (2023). Pro-Kontra Perempuan Dan Politik Dalam Perspektif Feminisme Muslim. Jurnal Sipakalebbi, 7(1), 5970. https://doi.org/10.24252/SIPAKALLEBBI.V7I1.37432
Siregar, R. M., Susantinuri, N., & Aslami, S. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender: As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(1), 115128. https://doi.org/10.56672/SYIRKAH.V2I1.48
Sulaiman, A. (2020). Memahami teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 1522. https://doi.org/10.33019/SOCIETY.V4I1.32
Syarianti, M. (2024). Perngaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati. repository.uinfasbengkulu.ac.id.
Tjahyadi, I., & Jatmiko, D. (2021). Representasi Perempuan Muslim dalam Hati Suhita Karya Khilmi Anis. Suluk: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(2), 122130. https://doi.org/10.15642/SULUK.2021.3.2.122-130
Yusa, V. De, Aswin, A., & Pratisti, C. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Pembelian Kosmetik Madame Gie. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(0), 7281. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3861
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinta Maya Sari, Nelia Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.