UPAYA PERPUSTAKAAN UMUM KOTA TEBING TINGGI DALAM PENINGKATAN LITERASI INFORMASI MELALUI PROGRAM NGOPI LITERASI
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v8i2.5409Keywords:
Literasi Informasi, Perpustakaan, Ngopi LiterasiAbstract
Komunikasi informasi dan teknologi, khususnya internet, membuat pengetahuan dan kehidupan menjadi lebih mudah. Literasi informasi sangat penting untuk mengakses informasi online. Literasi informasi dituntut dari para akademisi. Banyak perpustakaan menggunakan model literasi informasi untuk meningkatkan kemampuan literasi pemustaka. Penelitian ini bertujuan buat mengenali apakah sebuah program ini bisa meningkatkan budaya gemar membaca serta literasi informasi kepada para warga Kota Tebing Tinggi yang sudah menjajaki aktivitas ini baik dari sisi fasilitas serta prasarana uraian kegiatan. Literasi data ialah sesuatu modal sosial lumayan berarti untuk warga millenial dikala ini, sebab dengan itu bisa mendesak kehidupan jadi lebih baik. Tiap individu mempunyai hak untuk memperoleh serta pula menggunakan data, terlebih para generasi muda yang nantinya jadi salah satu pemegsng kunci kesuksesan wilayah tempat tinggal, serta Negeri Indonesia. Namun banyak para generasi muda tidak menyadari kalau literasi itu sangat berarti buat dirinya dan orang- orang di sekitarnya. Apalagi penduduk Kota Tebing Tinggi, banyak sekali mereka yang tidak menyadari bahwa berartinya membaca. Sebab menyadari perihal tersebut hingga dari itu Perpustakaan umum Kota Tebing Tinggi menginisiatif buat melaksanakan aktivitas ngopi literasi ini. Tata cara yang digunakan dalam riset ini merupakan tata cara kualitatif riset permasalahan. Metode pengumpulan informasi dilaksanakan dengan wawancara, observasi serta riset literatur. Yang mana hasil dari riset ini menampilkan kalau Bibliotek Universal Kota Tebing Tinggi berfungsi berhasil dalam tingkatkan literasi Informasi serta aktivitas gemar membaca warga Kota Tebing Tinggi. Bahan koleksi yang ada di perpustakaaan Kota Tebing Tinggi lumayan bervariatif semacam pengetahuan universal, keagamaan, ilmu sosial, majalah, Koran serta lain sebagainya.
Downloads
References
Adji, N. L., & Claretta, D. (2022). Fenomena Thrift Shop Dikalangan Remaja: Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(4), 3644. https://doi.org/10.47467/DAWATUNA.V2I4.2201
Anisah, G., & Afifah, S. N. (2023). Literasi Informasi Model The Big Six dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah. Cendekia, 15(01), 4254. https://doi.org/10.37850/CENDEKIA.V15I01.416
Asnawati. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma mun Jurnal Kajian Kepustakawanan dan Informasi, 3(1), 114. https://doi.org/10.24090/JKKI.V3I1.6204
Avicenna, F. (2021). Model Komunikasi: Literasi Informasi trending topic untuk Generasi Z. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 2030. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5213
Bakry, A. A., & Arkiyah, N. (2020). Kebijakan Literasi Informasi Dan Literasi Digital Di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan. Eprints.Uad.Ac.Id. http://eprints.uad.ac.id/39450/1/Anjas Alifah Bakry - Kebijakan Literasi Informasi Dan Literasi Digital Di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan
Chairani, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Menggunakan Model The Big 6 Skills Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. repository.unj.ac.id.
Daulay, S. B. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Dengan Adanya Perpustakaan Keliling Melalui Program Gerobak Singgah. repository.unja.ac.id. https://repository.unja.ac.id/
Downes, S. (2023). Three Frameworks for Data Literacy. 20th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age, CELDA 2023, Celda, 107115.
E Maulida, & Irhandayaningsih, A. (2020). Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi di Kota Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 5263. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Fatmawati, E. (2019). Tantangan Literasi Informasi Bagi Generasi Muda Pada Era Post-Truth. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(2), 5766. https://doi.org/10.21082/JPP.V28N2.2019.P57-66
Ilham, B. A. (2020). Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Tangerang. AL Maktabah.
Mahardhini, O., Rahmi, & Rahmawati, N. S. (2021). Peningkatan kemampuan literasi informasi melalui pelatihan literasi informasi: Sistematik review. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 95119. https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/145
Makmur, T. (2019). Teknologi Informasi: Dampak dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Pustakawan Serta Pemustaka. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 1(1), 6574.
Maswakang, M., Yamin, A., & Zainuddin, Z. (2023). Sistem Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sebagai Tempat Ketiga di Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 10001006. https://doi.org/10.54371/JIIP.V6I2.1468
Mathewson, A. (2020). Information literacy in the digital age. SLIS Student Research Journal, 5(2). http://scholarworks.sjsu.edu/slissrjhttp://scholarworks.sjsu.edu/slissrj/vol5/iss2/1
Muttaqien, I., Kustanti, E., & Rufaidah, V. W. (2023). Assesment of The Need and Availability of Agricultural Information at The Center for Agricultural Library and Literacy. JPUA Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 13(2), 131136.
Napitupulu, P., Sondakh, M., & Runtuwene, A. (2023). Upaya Pustakawan dalam meningkatkan Literasi Informasi Siswa/Siswi Sma Negeri 1 Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1), 66. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/49079
Purnomo, G. W. (2019). Pengujian UTAUT Model dalam Pemanfaatan Literasi Informasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(3), 277284. https://doi.org/10.21776/UB.JIAP.2019.005.03.3
Qurbi, G. (2024). Program Inklusi Sosial Sebagai Transformasi Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. repository.unp.ac.id.
Ramadhan, R. S., & Rosmilawati, I. (2024). Inovasi Program Kopi Literasi dalam Menanamkan Budaya Literasi pada Generasi Milenial di Kota Tangerang Selatan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 2534. https://doi.org/10.37905/AKSARA.10.1.25-34.2024
Ramayanti, R., & Iranda, A. (2023). Pengembangan Literasi Informasi Berbasis Modul untuk Siswa Madrasah Aliyah Negeri. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(1), 157164. https://doi.org/10.29240/TIK.V7I1.6752
Rufaidah, V. W., & Junaidi, H. (2021). Evaluasi Progam Literasi Informasi pada Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(3), 197206. https://doi.org/10.37014/VISIPUSTAKA.V23I3.996
Ruhukail, C. J., & Koerniawati, T. (2021). Persepsi Pustakawan terhadap Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, 23(2), 2. https://doi.org/10.7454/JIPK.v23i2.002
Saputri, D. A., Lestari, N. B., & Firinanda, R. (2023). Representasi Image Anak Muda Dalam Budaya Ngopi. Tuturan: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(2), 122135. https://doi.org/10.47861/TUTURAN.V1I2.162
Setianingsih, W., & Subarjo, A. H. (2020). Peningkatan literasi informasi di Griya Yatim Dhuafa Yogyakarta. Buletin Udayana Mengabdi, 19(3), 302307. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/download/61019/36729
Sistarina, A. (2020). Implementasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 104. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.104-115
Walidatus Sholihah, Z. (2018). Kesiapan Pustakawan Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital dari Pustakawan untuk Merawat Kebhinekaan Malang, 10.
Wulandari, T., Rasman, H., & Sonjaya, R. S. (2022). Edukasi Literasi Informasi Di Era Digital Adaptasi Smartpolitan Desa Wantilan Kabupaten Subang. Communnity Development Journal, 3((2)), 733739.
Wuyckens, G., Landry, N., & Fastrez, P. (2022). Untangling media literacy, information literacy, and digital literacy: A systematic meta-review of core concepts in media education. Journal of Media Literacy Education, 14(1), 168182. https://doi.org/https://doi.org/10.23860/JMLE-2022-14-1-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deswita Apriliya, M. Nasihudin Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.