PERANAN KANAL NIHONGO MANTAPPU DENGAN JAPAN NATIONAL TOURISM ORGANIZATION DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v8i2.5392Keywords:
Diplomasi Publik Baru, Pariwisata Jepang, Nihongo Mantappu, JNTO, YouTubeAbstract
Diplomasi publik baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan internet memberi peluang bagi masyarakat internasional untuk berperan pada praktik diplomasi. Hal ini memposisikan publik bukan hanya sebatas sebagai target, tetapi juga sebagai pelaku aktif dalam aktivitas diplomasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kanal YouTube Nihongo Mantappu dalam mempromosikan pariwisata Jepang, khususnya pasca pandemi Covid-19 melalui enam vlog Waseda Boys Japan Trip pada kerja sama dengan Japan National Tourism Organization (JNTO) yang diunggah pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan teori kerja sama internasional dan diplomasi publik baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yang berasal dari wawancara dan sekunder yang berasal dari studi kepustakaan. Penelitian ini menemukan bahwa kerja sama ini memenuhi aspek diplomasi publik baru dalam dimensi hubungan dan budaya. Kanal YouTube Nihongo Mantappu berperan sebagai instrumen dan sarana yang memenuhi tiga dimensi, yakni agenda setting, presence-expansion, dan conversation-generating dalam menjangkau publik Indonesia. Upaya diplomasi publik baru yang dilakukan pada kanal ini melalui enam vlog Waseda Boys dijalankan secara informal dan berhasil dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu mempromosikan dan meningkatkan minat publik Indonesia terhadap pariwisata Jepang.
Downloads
References
Abidin, & Astuti. (2024). Diplomasi Publik dan Dinamika Hubungan Internasional: Tren, Tantangan, dan Transformasi dalam Era Kontemporer. Andalas University Press
Ambarwati, & Wijatmadja, S. (2016). Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. Intrans Publishing.
Avivi, Y., & Siagian, M. (2020). Kepentingan Indonesia dalam Kerja Sama Bilateral dengan Jepang Studi Kasus: Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 4961. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i1.2967
Bjola, C., & Jiang, L. (2015). SOCIAL MEDIA AND PUBLIC DIPLOMACY: A comparative analysis of the digital diplomatic strategies of the EU, US and Japan in China. In Digital Diplomacy: Theory and practice (hal. 7188). Routledge: Taylor & Francis Group.
Costa, V. (2017). Shaping Public Diplomacy through Social Media Networks in the 21st Century. Romanian Journal of History and International Studies (RJHIS), 4(1), 139154.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th Editio). SAGE Publications, Inc.
Fariani, C., Hergianasari, P., dan Simanjuntak, T. R. (2019). Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan Dalam Mempromosikan Budaya dan Pariwisata di Indonesia melalui Program Teko Nang Jawa 2019. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 8(2), 145162.
Gurgu, E., & Cociuban, A. D. (2016). New Public Diplomacy and its Effects on International Level. Journal of Economic Development, Environment and People, 5(3), 4656. https://doi.org/10.26458/jedep.v5i3.506
Hartig, F. (2014). New Public Diplomacy Meets Old Public Diplomacy the Case of China and Its Confucius Institutes. New Global Studies, 8(3).
Ingenhoff, D., Calamai, G., & Sevin, E. (2021). Key Influencers in Public Diplomacy 2.0: A Country-Based Social Network Analysis. Social Media and Society, 7(1). https://doi.org/10.1177/2056305120981053
JNTO. (2022). JNTO Data Handbook 2022 [Press release]. https://www.jnto.go.jp/statistics/jnto_datahandbook_2022.pdf
JNTO. (2023). About Us. jnto.go.jp. https://statistics.jnto.go.jp/en/graph/#graph--inbound--travelers--transition
JNTO. (2024). Wawancara dengan Japan National Tourism Organization (JNTO).
Melissen, J. (2005). The New Public Diplomacy: Soft Power in International Relations. PALGRAVE MACMILLAN.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd Editio). SAGE Publications, Inc.
Najam, A. (2000). The Four-Cs of Third Sector Government Relations: Cooperation, Confrontation, Complementarity, and Co-optation. Nonprofit Management & Leadership, 10(4), 375396.
Nguyen, N., & Yang, R. (2021). A Comparative StudyChinas and Vietnams Inbound Tourism Marketing Strategies. https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/501550/Nguyen_Nguyen and Yang_Rui.pdf?sequence=2&isAllowed=y
Nihongo Mantappu. (2023). WASEDABOYS JAPAN TRIP #1: MUST EAT FOOD & MINUM TEH DI SHIZUOKA! NGAKAK? https://www.youtube.com/watch?v=ag5ptDo57_0&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz
Nihongo Mantappu. (2023). HUNTING STREETFOOD & MAIN ATV DI GUNUNG FUJI! - WASEDABOYS JAPAN https://www.youtube.com/watch?v=_lt-8Q0CKqQ&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz&index=2 TRIP #2.
Nihongo Mantappu. (2023). PAKAI KIMONO, WASEDABOYS COBA BIKIN MIE & TEH TRADISIONAL JEPANG! | JAPAN TRIP #3. https://www.youtube.com/watch?v=FwVC3pA91wc&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz&index=3
Nihongo Mantappu. (2023). MAKAN LIDAH SAPI NO.1 DI JEPANG + MUKBANG STROBERI LANGSUNG DI KEBUN! - WASEDABOYS JAPAN TRIP #4. https://www.youtube.com/watch?v=ffpfPv8qxwM&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz&index=4
Nihongo Mantappu. (2023). SEAFOOD BOWL & MAKANAN UNIK DI PASAR IKAN JEPANG! | WASEDABOYS JAPAN TRIP https://www.youtube.com/watch?v=NHrMRFXWeXc&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz&index=5 LOMBA #5.
Nihongo Mantappu. (2023). WASEDABOYS MASUK HUTAN SALJU & MAKAN STEAK HAMBURG WAGYU! | JAPAN TRIP #6 END. https://www.youtube.com/watch?v=7sm-tOfu6GE&list=PLr SxEmdr1B9f3GWNsTqcm-BJPR1dLWsz&index=6
Nye, J. S. (2011). The Future of Power. Public Affairs.
Ogawa, T. (2013). New Frontiers in Relational Public Diplomacy: Collaborative Cultural Initiatives in Peace Building. In Relational, Networked, and Collaborative Approaches to Public Diplomacy: The Connective Mindshift. Routledge: Taylor & Francis Group.
Racharjo, P. M., & Affandi, R. M. T. N. (2019). Diplomasi Publik Baru dalam Penyajian Informasi dan Gambaran Budaya Jepang oleh Saluran Youtube only in Japan. Padjadjaran Journal of International Relations, 1(1). https://doi.org/10.24198/padjir.v1i1.21589
Ramadhan, A. R., & Sari, V. P. (2022). Diplomasi Digital Jepang Terhadap Indonesia Melalui Akun Instagram @Jpnambsindonesia Pada Periode Duta Besar Masafumi Ishii Dalam Upaya Mengelola Citra Jepang. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(1), 3656. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i1.34700
Safafa, F. (2017). The Efforts of Japan to Rebuild the Image Post World War II by Using Manga and Anime.
Sijabat, J. P. (2023). Unggahan Pribadi Jerome Polin terkait Projek Kerja Sama Waseda Boys dengan JNTO.
Sijabat, J. P. (2024). Wawancara dengan Jerome Polin Sijabat Selaku Pemilik Kanal YouTube Nihongo Mantappu.
Vatanartran, . (2020). Celebrity social media accounts as public diplomacy tools. Uluslararas Halkla likiler ve Reklam almalar Dergisi, 142156.
Zhong, X., & Lu, J. (2013). Public diplomacy meets social media: A study of the U.S. Embassys blogs and micro-blogs. ELSEVIER (Public Relations Review), 39(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kharisma Oktaviani, Wiwiek Rukmi Dwi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.