UPAYA PERAN MEDIA MULTIMEDIA DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI JURNALISTIK DI MEDIA ONLINE OKEZONE.COM
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.5308Keywords:
Jurnalistik, Media Online, MultimediaAbstract
Jurnalisme online menggantikan televisi, radio, dan surat kabar sebagai sumber informasi utama. Penelitian ini mengkaji pentingnya multimedia dalam jurnalisme Okezone.com. Penggunaan media pada platform dan dampaknya terhadap penyampaian informasi kepada khalayak akan dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data utama adalah observasi dan wawancara semi-terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif tematik. Tujuan Okezone untuk unggul dalam storytelling terpenuhi ketika mereka secara efektif menggabungkan komponen multimedia ke dalam sebuah cerita. Media multimedia meningkatkan penyebaran informasi, sehingga menjadi sangat penting. Dengan demikian, jurnalisme multimedia menjadi relevan dan penting di era digital untuk memberikan informasi yang akurat, mendalam, dan terintegrasi kepada pembaca dan pemirsa, serta meningkatkan penyampaian informasi.
Downloads
References
Abadi, H.S. 2019. Media Sosial dan Antitesis Jurnalisme, Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(1), pp. 1729. doi:10.37826/SPEKTRUM.V7I1.26.
Achjar, K. et al. 2023. Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus, books.google.com [Preprint].
Akbar, D.D. 2021. Analisis Wacana Sara Mills Pemberitaan Blaming Victim Perempuan Korban Pemerkosaan Pada Okezone.Com, repository.upbatam.ac.id [Preprint].
Annisa, F. & Junaidi, A. 2022. Implementasi Bahasa Jurnalistik pada Media Siber (Analisis Wacana pada Berita Okezone.com Kanal Perjalanan), Koneksi, 6(1), p. 101. doi:10.24912/KN.V6I1.15471.
Arbi, A. 2020. Tesis Konstruksi Pemberitaan Media Online Indonesia Terhadap Isis (Analisis Framing Kompas.Com, Okezone.Com, Tempo.Co, Dan Republika.Co.Id), repository.uinjkt.ac.id [Preprint]. Available at: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38300 (Accessed: 30 June 2024).
Asrita, S. 2022. Bias Gender Pemberitaan Kasus Gisella Anastasia di Okezone.com, Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), pp. 116127. doi:10.33366/JKN.V4I1.121.
Bidin Rosidin, A. & Hamid, A. 2020. Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Provinsi Dki Jakarta, Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), pp. 164174. doi:10.32509/.v19i2.1046.
Biu, A., Wutun, M. & Nafie, J. 2022. Pengalaman dan Pemaknaan Kode Etik Jurnalistik Wartawan Media Online swarantt. net, Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi. Available at: https://ejurnal.undana.ac.id/index/index.php/JIKOM/article/view/4127 (Accessed: 30 June 2024).
Fikhasari, A. & Aji, G. 2019. Peran Media Sosial Dalam Manajemen Media Online (Studi Kasus Tirto. id), The Commercium, 2(2), pp. 5559. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/30965 (Accessed: 8 July 2024).
Gora, R. 2019. Riset kualitatif public relations, books.google.com [Preprint].
Herdiyani, S. et al. 2022. Peranan media sosial dalam mengembangkan suatu bisnis: Literature review, Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), pp. 103121. doi:10.26593/JAB.V18I2.5878.103-121.
Herrington, J. et al. 2020. Online Learning as Information Delivery: Digital Myopia, Journal of Interactive Learning Research, 16(4), pp. 353367.
Hiippala, T. 2017. The Multimodality of Digital Longform Journalism, Digital Journalism, 5(4), pp. 420442. doi:10.1080/21670811.2016.1169197.
Indartiwi, A., Wulandari, J. & Novela, T. 2020. Peran media interaktif dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0, KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), pp. 2831. Available at: https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1073 (Accessed: 8 July 2024).
Irene, I. & Rusdi, F. 2021. Proses Gatekeeping Portal Media Daring (Studi Kasus pada Media Daring Okezone.com), Koneksi, 5(1), pp. 1622. doi:10.24912/KN.V5I1.10123.
Jacobson, S. 2010. Emerging Models of Multimedia Journalism: A Content Analysis of Multimedia Packages Published on nytimes.com, Atlantic Journal of Communication, 18(2), pp. 6378. doi:10.1080/15456870903554882.
Jones, J. et al. 2021. Delivering Healthcare Information via the Internet: Cardiac Patients Access, Usage, Perceptions of Usefulness, and Web Site Content Preferences, https://home.liebertpub.com/tmj, 20(3), pp. 223228. doi:10.1089/TMJ.2013.0182.
Juharsi, A.T. 2018. Jurnalis Perempuan Dalam Industri Media Online Di Indonesia. (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Jurnalis Perempuan Di Kompas.Com, Detik.Com, Okezone.Com Dan Liputan6.Com), repository.ub.ac.id [Preprint].
Khatimah, H. 2018. Posisi dan peran media dalam kehidupan masyarakat, Tasamuh, 16(1), pp. 119138. doi:10.20414/TASAMUH.V16I1.548.
Khumaedi, T. 2020. Jurnalistik Dasar: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak & Online bagi Mahasiswa dan Pelajar, books.google.com [Preprint].
Lauc, T., Jagodic, G.K. & Bistrovic, J. 2020. Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia., International Journal of Instruction, 13(4), pp. 491508. doi:10.29333/iji.2020.13431a.
Lugito, P.J., Lesmana, F. & Wijayanti, C.A. 2022. Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Rachel Vennya Pada Kasus Karantina COVID- 19 di Kompas.com dan Okezone.com, Jurnal e-Komunikasi, 10(2). Available at: https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13215 (Accessed: 30 June 2024).
Mayer, R.E. 2019. Medical and Dental Education Designing Multimedia Instruction in Anatomy: An Evidence-Based Approach, Unisnu Press [Preprint]. doi:10.1002/ca.23265.
Mejjad, N. et al. 2021. The role of social media in delivering news related to the COVID-19 pandemic: Moroccan community as a case study, SHS Web of Conferences, 119, p. 07007. doi:10.1051/SHSCONF/202111907007.
Moorefield-Lang, H.M. 2022. Delivering the message: Disseminating information and professional development in the field of librarianship through technology, Library Hi Tech, 35(1), pp. 8191. doi:10.1108/LHT-04-2016-0039/FULL/XML.
Muslimin, K. 2019. Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial, Unisnu Press.
Nazira, A. 2023. Implementasi Fungsi Media Massa Sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 pada Berita Kanal News di Okezone.com, repository.uinjkt.ac.id [Preprint]. Available at: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/75124 (Accessed: 30 June 2024).
Oktalia, N. & Rusdi, F. 2021. Strategi Redaksi Media Online Okezone.com dalam Menarik Minat Generasi Milenial, Koneksi, 5(1), pp. 3741. doi:10.24912/KN.V5I1.10133.
Palau-Sampio, D. & Snchez-Garca, P. 2021. Digital resources in the current journalistic narrative: Uses and limitations of hypertext, multimedia and interactivity, Communication and Society, 33(2), pp. 116. doi:10.15581/003.33.2.1-16.
Permatasari, A.D. & Putra, F.P.A. 2022. Hirarki Pengaruh Dalam Kebijakan Redaksi: Studi Kasus Konten Berita Perindo di Okezone.com, Journal Publicuho, 5(4), pp. 11861201. doi:10.35817/PUBLICUHO.V5I4.59.
Pradyanti, A., Venus, A. & Mahdalena, V. 2020. Framing News About Indonesian Capital City Translocation by Online Media Okezone. com and Viva. co. id, Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 3(02), pp. 124134. doi:10.30871/DECA.V3I2.2242.
Sadono, T.P. & Fensi, F. 2019. Pemberitaan Bergabungnya Hary Tanoesoedibjo Ke Partai Hanura (Analisis Ekonomi Politik Media Dalam Framing Portal Online Okezone.com dan Metrotvnews.com), Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 1(01). doi:10.30813/BRICOLAGE.V1I01.1635.
Saragih, M.Y. 2019. Media Massa dan Jurnalisme: Kajian Pemaknaan antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), p. 12. doi:10.37064/jpm.v6i1.4988.
____________. 2020. Journalistic Mass Media Management, Siasat, 5(4), pp. 5964. doi:10.33258/siasat.v5i4.71.
Schwitzer, G. et al. 2020. What Are the Roles and Responsibilities of the Media in Disseminating Health Information?, PLOS Medicine, 2(7), p. e215. doi:10.1371/JOURNAL.PMED.0020215.
Ummah, A.H. 2022. Manajemen Industri Media Massa, Syiah Kuala University Press.
Widyana, A.I. & Waluyanto, H.D. 2022. Pengembangan kreativitas desainer melalui aplikasi grafis dalam perancangan desain komunikasi visual, Jurnal DKV Adiwarna, 1(0), p. 11. Available at: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12231 (Accessed: 30 June 2024).
Wirawanda, Y. & Arrasyid, K.H. 2021. Jurnalisme Konstruktif dalam Berita Varian Baru Covid-19 (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Berita di Okezone.com), Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), pp. 2028. doi:10.37715/CALATHU.V3I1.1896.
Xiang, Z. & Gretzel, U. 2020. Role of social media in online travel information search, Tourism Management, 31(2), pp. 179188. doi:10.1016/J.TOURMAN.2009.02.016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahman Siregar, Muhammad Yoserizal Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.