STRATEGI INTERAKSI SOSIAL DALAM MEMBANGUN HARMONI ANTAR ETNIS OLEH MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI KOMPLEK ASIA MEGA MAS MEDAN

Authors

  • Alvin Pratama Universitas Negeri Medan
  • Asnimar Duha Universitas Negeri Medan
  • Monica Amelia Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Yolanda Pratiwi Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Fitra Delita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.5021

Keywords:

Toleransi, Moderasi, Masyarakat, Tionghoa, Multikultural

Abstract

Dalam kehidupan sosial yang semakin kompleks dan multikultural, sikap toleransi dan moderasi beragama menjadi sangat penting untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling menghormati di antara masyarakat yang beragam. Etnis Tionghoa menjadi salah satu kelompok etnis yang memiliki sejarah panjang dan warisan budaya yang kaya di Indonesia. Pentingnya sikap toleransi dan moderasi beragama dalam kalangan etnis Tionghoa tidak dapat diabaikan dalam keragaman masyarakat. Di Kota Medan, etnis Tionghoa memegang peran penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya, khususnya di Komplek Asia Mega Mas Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi interaksi sosial dalam membangun harmoni antar etnis oleh masyarakat etnis Tionghoa di Komplek Asia Mega Mas Kota Medan. Metode penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap toleransi dan moderasi beragama yang dilakukan masyarakat etnis Tionghoa di Komplek Asia Mega Mas Medan telah berhasil menciptakan lingkungan yang harmonis. Ini menunjukkan bahwa dengan komitmen yang kuat dan penerapan nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama, masyarakat dapat menjalin hubungan yang baik dan tenteram dengan berbagai etnis. Sikap yang ditunjukkan oleh masyarakat Tionghoa tercermin melalui beberapa hal, seperti tidak mendiskriminasikan etnis lain hingga selalu terbuka dengan diskusi, selalu menghargai kerukunan antar etnis melalui kebiasaan melaksanakan acara-acara bersifat keagamaan sehingga minim terjadinya konflik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 4964.

Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 9(2), 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719

Anandari, A. A., & Afriyanto, D. (2022). Konsep Persaudaraan Dan Toleransi Dalam Membangun Moderasi Beragama Pada Masyarakat Multikultural Di Indonesia Perspektif Kh. Hasyim AsyAri. Jurnal Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 18(02), 123. https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-05

Arifand, A., Fathikasari, S. E., Kurniasih, M., Rahmadani, N. F., Putri, A., Setiawan, A. A., Oktania, A. S., & Rachmadian, A. E. (2023). Membangun Harmoni Dan Toleransi Melalui Moderasi Beragama. Tarim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 164177.

Azhari, T., & Sirait, F. (2024). Moderasi Beragama dalam Tradisi Agama-agama di Asia Tenggara: Implementasi Moderasi Beragama di Indonesia. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 3(1), 341349.

Budiono. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 7989.

Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 80608064.

Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 195202.

Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179192. https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489

Habibah, S. M., Setyowati, R. R. N., & Fatmawati, F. (2022). Moderasi Beragama dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi pada Generasi Z. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 02(01), 126135. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.70

Habibie, M. L. H., Kautsar, M. S. Al, Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 121150.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 122. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182

Jannah, M., Putro, K. Z., & Tabiin, A. (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama di IAIN Pekalongan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 107118. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i1.992

Kurniawan, R., Abiyah, S., Adriyan, D. P., Sari, W. O., & Wijaya, M. V. (2023). Pengaruh Akulturasi Budaya Minangkabau Pada Etnis Tionghoa Di Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 364374. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.306

Nasri, U., & Tabibuddin, M. (2023). Paradigma Moderasi Beragama: Revitalisasi Fungsi Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural Perspektif Pemikiran Imam al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 19591966. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1633

Nuryadin, R. (2022). Urgensi dan Metode Pendidikan Toleransi Beragama. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 10(1), 86105. http://dx.doi.org/10.31942/pgrs

Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 4555. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69

Purnomo, E. (2022). Kronik Moderasi Beragama Pesantren dan Etnis Tionghoa di Lasem Rembang Jawa Tengah. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(1), 2031. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.8

Rahayu, P. P., & Indiarti, P. T. (2020). Makna Peruntungan Usaha dalam Simbol di Budaya Imlek bagi Masyarakat Etnis Tionghoa Surabaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(1), 55. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i1.4980

Rahmat, H. (2022). Toleransi dan Moderasi Beragama. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 4960.

Rasyid, H., Matheosz, J. N., & Deeng, D. (2021). Kehidupan Sosial Budaya Etnis Tionghoa di Kota Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 14(4), 118.

Ridho, H. (2020). Membangun Toleransi Beragama Berlandaskan Konsep Moderasi Dalam Al-Quran Dan Pancasila. An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1(1), 75. https://doi.org/10.33474/an-natiq.v1i1.9069

Safriandi, S., Balia, M., Rahayu, E. S., Fadhillah, A., Oktiviyari, A., & Nurrahmi, F. (2022). Akomodasi Komunikasi Etnis Tionghoa di Kota Banda Aceh. Jurnal Komunikasi Global, 11(2), 348365. https://doi.org/10.24815/jkg.v11i2.29040

Sofinadya, D., & Warsono, W. (2022). Praktik Toleransi Kehidupan Beragama pada Masyarakat Etnis Tionghoa di Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 1631. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p16-31

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sutopo, U. (2021). TOLERANSI BERAGAMA (Toleransi Masyarakat Muslim dan Budha di Dusun Sodong Perspektif Islam). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 3(2), 4882. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v3i2.3395

Syah, I. (2022). Urgensi Pembelajaran Ips Sebagai Instrumen Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa Dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 29872991. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4009

Yasin, T. H., & Saputra, H. (2021). Toleransi Beragama Perspektif Islam Dan Kong Hu Cu. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 41. https://doi.org/10.22373/arj.v1i1.9442

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

1.
Pratama A, Duha A, Sinaga MA, Sembiring YP, Delita F. STRATEGI INTERAKSI SOSIAL DALAM MEMBANGUN HARMONI ANTAR ETNIS OLEH MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI KOMPLEK ASIA MEGA MAS MEDAN. JIDS [Internet]. 2024Feb.25 [cited 2024Jul.3];8(1):23-39. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/5021

Issue

Section

Articles