PENGARUH TERPAAN KONTEN IKLAN LAYANAN PINJAMAN ONLINE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GEN Z

Authors

  • Kristin E. J. Nomleni Universitas Bunda Mulia
  • Fini Tetus Nuban Timo Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.4932

Keywords:

Iklan, Pinjaman Online, Pembelian Impulsive, Gen Z

Abstract

Tingginya angka pengguna jasa pinjaman online di Indonesia mulai meningkat dan banyak kasus dimana para peminjam tidak mampu melunasi pinjaman mereka. Sesuai data kepemilikan rekening dan jumlah outstanding pinjaman pada fintech P2P lending. Statistik Fintech P2P Lending   OJK  Desember  2022  menunjukkan  62% rekening fintech pendanaan bersama dimiliki nasabah berusia 19-34 tahun. 60% pinjaman dari fintech pendanaan bersama juga disalurkan kepada nasabah usia 19-34 tahun. Artinya pengguna fintech pendanaan bersama didominasi Gen Z dan Milenial. Tidak heran Gen Z dan Milenial dianggap cenderung suka berutang (OJK.com, 2023). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terpaan konten iklan layanan pinjol terhadap pembelian impulsif pada Gen Z. Sampel sejumlah 131 mengisi dua alat ukur yang telah disiapkan oleh peneliti. Alat ukur yang pertama ialah alat ukur Terpaan Konten Iklan berjumlah 8 item (Alpha=0,711) dan alat ukur Pembelian Impulsif menggunakan alat ukur pembelian impulsif yang dikembangkan oleh Badgaiyan et al. (2016) berdasarkan komponen yang dijelaskan oleh Verplanken dan Herabadi (2001) berjumlah 8 item (Alpha=0,814) Datanya yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan korelasi Spearman dan diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,073 dengan p=0,407. Hal ini berarti tidak ada pengaruh terpaan konten iklan layanan pinjol terhadap pembelian impulsif pada Gen Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, K. (2023, Agustus). Iklan Pinjol Malah Membuat Masyarakat Menjadi Konsumtif, Kenapa? | B-Talk. KOMPASTV. https://www.kompas.tv/talkshow/435637/iklan- pinjol-malah-membuat-masyarakat-menjadi-konsumtif-kenapa-b-talk

Afandi, A. R., & Hartati, S. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(3), 123130.

Anderson, J. C., & Gerbing, D. W. (1984). The Effect of Sampling Error on Convergence, Improper Solutions, and Goodness-of-Fit Indices for Maximum Likelihood Confirmatory Factor Analysis. Psychometrika, 9, 155173. https://doi.org/10.1007/BF02294170

Azwar, S. (2012a). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2012b). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Badgaiyan, A. J., Verma, A., & Dixit, S. (2016). Impulsive buying tendency: Measuring important relationships with a new perspective and an indigenous scale. Management Review, 28, 186199.

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. 4250.

Chasanah, R. N., Muzammil, O. M., & Rowena, J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Millenial pada Platfrom E- Commerce. National Conference of Creative Industry Universitas Bunda Mulia. Sustainable Tourism Industry for Economic Development. http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1276

Efendi, R., Setyabudi, I., & Sukidjo, S. (2019). The Mediation of Economic Literacy on the Effect of Self Control on Impulsive Buying Behaviour Moderated by Peers. International Journal of Economics and Financial Issues; Mersin, 9(3), 98104.

Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179185. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471

Felix, A & Rembulan, D, G. (2023). Analysis of Key Factors for Improved Customer

Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(2sp), 196208. https://doi.org/10.34306/att.v5i2sp.350

Fernanda, M. (2019). Pengaruh promosi penjualan, daya tarik iklan internet, dan kualitas website terhadap pembelian impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 712. Fraenkel, R. J., & Wallen, E. N. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education (7th ed.). McGraw-Hills.

Harususilo. (2023). Alasan Fans K-pop Sering Kena Tipu Tiket Konser. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/31/103901665/alasan-fans-k-pop-sering- kena-tipu-tiket-konser?page=all

Herabadi, A. G. (2003). Buying impulses: A study on impulsive consumption [Disertasi, University of Nijmegen]. http://repository.ubn.ru.nl/bitstream/2066/19379/1/19379%20_buyiim.pdf

Lesmana, T. (2017). Hubungan antara mindfulness dan pembelian impulsif pada remaja perempuan yang melakukan shopping online. Jurnal Psibernetika, 10(2), 8191. http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1044

Maryoto, A. (2023, November 24). Iklan Pinjol Harus Dikendalikan. Kompas. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/11/23/iklan-pinjolharus-dikendalikan

Noviansah, W. (2023, March). Penipuan Calo Tiket Konser BLACKPINK, Akun @mbajastip_ Dipolisikan. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-6616763/penipuan-calo-tiket- konser-blackpink-akun-mbajastip-dipolisikan

Nomleni, K. E. J., Aprodita, N. P., Com, K., & Id, N. A. (n.d.). Pengaruh Metode Interaksi

Pembelajaran On Class & Off Class Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Di

Masa Pandemicovid 19.

Putra, I. G. W. S. C., Agung, H., & Marta, R. F. (2021). Menjajaki Kesadaran Pelanggan

Pengguna Aplikasi Kredit Digital dari Aspek Keamanan.

Putra, A. H. P. K., Said, S., & Hasan, S. (2017). Implication of External and Internal Factors of Mall Consumers in Indonesia to Impulsive Buying Behaviour. International Journal of Business Accounting and Management, 2(4). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33071.64165

Putri, C. N. (2023, March 29). Perempuan Pakai Pinjol untuk Beli Barang Fashion dan Perawatan Diri, Ini Alasannya. Parapuan.Co. https://www.parapuan.co/read/533742202/perempuan-pakai-pinjol-untuk-beli-barang- fashion-dan-perawatan-diri-ini-alasannya

Rahayu, I. R. S., & Pratama, A. M. (2022, Desember). Iklan pinjol ajak konsumen berhutang demi gaya hidup, OJK: Kami terus pantau. Kompas. https://money.kompas.com/read/2022/12/19/161000826/iklan-pinjol-ajak-konsumen- berutang-demi-gaya-hidup-ojk-kami-terus-pantau?page=all

Savitri, I., Wicaksono, A. S., & Fastari, C. (2021). Effect of big five personality on fear of missing out. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 956964.

Setiawan, N. Z., & Asadel, M. S. (2023). Analisis Pinjaman Online dan Pengaruh Konsumtif terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa PENS.

Surahman, S. (2014). Konstruksi Identitas Postmodern dalaam Iklan LA Light versi Dont Quit. Lontar Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3). https://doi.org/10.30656/lontar.v2i3.338

Tim detikFinance. (2023, December 14). Banyak Anak Muda Pakai Pinjol Demi Nonton Konser.

Detik Jabar.Com.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and no Thinking. European Journal of Personality, 15, 7183.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

1.
Nomleni KEJ, Timo FTN. PENGARUH TERPAAN KONTEN IKLAN LAYANAN PINJAMAN ONLINE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GEN Z. JIDS [Internet]. 2024Feb.25 [cited 2024Aug.31];8(1):40-51. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/4932

Issue

Section

Articles