ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN AMIDAS GONTOR DALAM MENINGKATKAN EKUITAS MEREK
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v7i2.4925Keywords:
Bauran Komunikasi, Pemasaran, Amidas Gontor, Ekuitas MerekAbstract
Amidas Gontor merupakan salah satu produk Pondok Modern Darussalam Gontor yang didirikan sebagai perwujudan Panca Jangka pondok yakni menunjang kemandirian ekonomi pondok. Data penjualan memperlihatkan keberhasilan penjualan yang meningkat dari waktu ke waktu, artinya ekuitas merek produk ini berhasil. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh Manajemen Amidas Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran komunikasi pemasaran yang diterapkan Amidas Gontor dalam membangun ekuitas mereknya. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan dari hasil wawancara dengan informan penelitian berdasarkan purposive sampling dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran komunikasi pemasaran Amidas Gontor menggunakan iklan radio, penjualan personal dengan retail, sales promotion berorientasi pada retail dan konsumen, serta menggunakan word of mouth jaringan alumni Ikatan Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor. Temuan baru dalam penelitian ini adalah jaringan alumni pondok pesantren dapat menjadi satu elemen untuk mendukung aktivitas pemasaran produk pondok pesantren. Berbagai bauran komunikasi tersebut ada yang terintegrasi dari beberapa elemen, namun belum mencakup semua. Hal ini perlu dipertimbangkan oleh Manajemen Amidas Gontor dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran di masa depan.
Downloads
References
Ali, A. Z. (2021). Strategi Komunikasi dalam Pemasran Produk AMDK Bariklana. Bayan Lin Naas: Jurnal Dakwah Islam, 5(2), 175187.
Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.
Astuti Ayu. (2018). ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE PADA INDUSTRI PERHOTELAN DI BALI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN EROPA. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 2(1). www.booking.com
Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquary & Research Design; Chosing Among Five Approaches (Fourth Edi). SAGE Publications, Inc.
Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.434
Ghrahito, J., Krussell, H., Eristia, D., & Paramita, L. (2016). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DAN EKUITAS MEREK ALFAMART. BENEFIT Jurnal Managemen Dan Bisnis, 1(1), 2742.
Koetler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (12th Editi). Erlangga.
Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media.
Lestari, N. T., & Sirine, H. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Gojek Indonesia Cabang Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 18. https://doi.org/10.15408/ess.v9i1.5898
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Third Edit). SAGE Publications A.
Patton, M. Q. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif (B. P. Priyadi, Ed.). Pustaka Pelajar.
Percy Larry. (2023). Strategic Integrated Marketing Communications (Fourth Edition). Routledge Taylor & Francis.
Pradana, Y., & Zainuri, I. A. (2023). Logo Amidas Gontor sebagai Identitas Merek Produk Pondok Pesantren. Warta ISKI, 5(2), 130138. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.172
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.
Rhaka Pradika, D., Setyarahajoe, R., & Roosinda, F. W. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Berbasis Influencer Pada Instagram Cleo Oxygen Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Intelektual Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 9(2).
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Salemba Humanika.
Sujoko, A., Saleh, A. M., Azzuhri, M., & Rakhmawati, F. Y. (2020). Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Q-Zulal Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Innovation and Applied Technology, 06(01), 966978.
Sukoco, S. A., Wahyudi, E., & Puspitaningtyas, Z. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Al Qodiri (Marketing Communication Strategy Water Bottle Al Qodiri). Jurnal Politico, 17(2), 223237.
Syamsuri. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI BERDIKARI DI PESANTREN GONTOR BERBASIS PENGELOLAAN KOPONTREN. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications (Sixth Edit). SAGE Publications, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoka Perdana, Rila Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.