STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN TAMAN WISATA ALAM MANGROVE ANGKE KAPUK SEBAGAI DESTINASI EKOWISATA
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.4907Keywords:
Tourism marketing, Natural Tourism Parks, Ecotourism, communication tourismAbstract
Strategi Pemerintah dalam memasarakan destinasi Ekowisata menjadi bagian penting dalam pengembangan sebuah wisata, Khususnya bersama dengan Pengelola Taman Wisata Alam Angke Kapuk mempromosikan destinasi wisata alam agar dikenal lebih banyak oleh khalayak menggunakan komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dalam Mempromosikan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Sebagai Destinasi Ekowisata. Peneliti menggunakan teori marketing mix 4P (Product, Price, Place & Promotion), teori ini dapat memudahkan dalam praktisi pada media sosial, Instagram. Paradigma penelitian ini adalah post-positivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Pengelola TWAAK telah menunjukkan hasil strategi dalam mempromosikan Taman Wisata Alam Angke Kapuk, melalui komunikasi pemasaran pariwisata. Strategi ini meliputi tentang promosi,penyajian sejarah, konten visual menarik, dan berisikan informasi yang selalu terbaru di media sosial. Penelitian ini mengidentifikasikan beberapa tantangan, minimnya informasi kepada khalayak tentang ekowisata, mungkin kedepannya Pengelola TWAAK lebih memajukan banyak promosi dibarengi oleh kegiatan wisata. Untuk mencapai kesuksesan promosi pemasaran Taman Wisata Alam Angke Kapuk dalam memberikan informasi kepada wisatawan agar lebih mengenal destinasi wisata religi melalui media sosial ataupun secara langsung pada saat berkunjung.
Downloads
References
Buku:
Bungin , B. (2017). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Destinasi . Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri .
Friedman, M. (1962). Capitalism and Freedom. Chicago: University of Chicago Press.
Hermawan, H. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press.
Jones, A. (2001). Beginning Psychology. New York, London. : New York University Press.
Murdiyanto, E. (2020). Mardiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: LP & PPM UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta: LP & PPM UPN Veteran .
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehalindo.
Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi ke-12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. . Bandung : Alfabeta .
Bab Buku:
Smith, F., & Jones, W. (2004). The college student. Dalam I. C. (Eds.), Cross-cultural education (hal. 75-105). Lodon: MacMillan.
Artikel Jurnal:
Adhianti, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 12-34.
Abbott, Waller, F., & Monsen, R. J. (1979). On the Measurement of Corporate Social Responsibility: Self-Reported Disclosures as a Method of Measuring Corporate Social Involvement. Academy of Management Journal, 501-515.
Abebe, M. A. (2012). Social and Institutional Predictors of Entrepreneurial Career Intention: Evidence from Hispanic Adults in the US. Journal of Enterpresing Culture, 1-23.
Freeman, Ine, & Hasnoui, A. (2010). The Meaning of Corporate Social Responsibility: The Vision of Four Nations. Journal of Business Ethic, 419-443.
Adhianti, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 12-34.
Gill, Smith, & Percy. (1992). Growing Concerns in Adolescent Drug Abuse. Psychology Quarterly, 153-157.
Lestari , G. T., & Ali, D. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Jurnal Universitas Telkom, 20-26.
Saraswati, H. D. (2022). trategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Strategic Communicating .
Ulfa, K. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dispar Aceh Tengah Dalam Promosi Industri Wisata Lokal. . Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, 12-26.
Artikel Jurnal dengan DOI:
Kusumaningrum, D. (2016). Interdependence versus truth and justice: lessons from reconciliation processes in Maluku. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. doi : 10.22146/jsp.17998
Smith, G. (2012). Barthes on Jamie: Myth and the TV revolutionary. Journal of Medua Practice. doi: 10.1386/jmpr.13.1.3.1
Artikel Jurnal pada Website:
Austin, D. (2009). Fatty acids, breastfeeding and autism spectrum disorder. Diambil kembali dari http;//ojs/lib.swin.edu.au/
Artikel Koran/Surat Kabar/Harian:
Fung, M. (2006, Desember 12). Asthma rates are increasing.
Artikel Koran/Surat Kabar/Harian pada Website:
Harris, M. (2011, Agustus 16). Diambil kembali dari Grades improve if classes start later, studies find. The Calgary Herald: http://www.calgaryherald.com/
Website:
Alexander. (2012). Diambil kembali dari Tips for Healthy Relationships: http://www.psychologywebsitethere.com/tipsforhealthyrelationships
Iqbal, M. (2022, Agustus 15). Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara dari Kacamata Lingkungan. Diambil kembali dari Lindungihutan: https://lindungihutan.com/blog/hutan-mangrove-pik-dari-kacamata-lingkungan/
Dokumen pada Website:
TransCanada. (2006). Diambil kembali dari Annual report: http://www.transcanada.com/investor/annual_reports/2006/media/pdf/TransCanada_2006_ Annual_Report.pdf
Buku Terjemahan:
Mancusa, S., & Viola, A. (2015). Brilliant green: the suprising history and science of plant
Iqbal, M. (2022, Agustus 15). Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara dari Kacamata Lingkungan. Diambil kembali dari Lindungihutan: https://lindungihutan.com/blog/hutan-mangrove-pik-dari-kacamata-lingkungan/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nexen Alexandre Pinontoan, Doddy Wihardi, Rini Lestari, Shinta Kristanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.