ANALISA KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI BEACUKAI LIQUID (ROKOK ELEKTRIK) TERHADAP PENGGUNA VAPE

Authors

  • Fathan Yuwono Universitas Komputer Indonesia
  • Widiya Munigar Universitas Komputer Indonesia
  • Shafira Nur Zakiyani Universitas Komputer Indonesia
  • Poni Sukaesih Kurniati Kurniati Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.4497

Keywords:

Analisis kebijakan, Bea cukai, Liquid, Impor, Ekspor, Vape

Abstract

Kebijakan pemerintah terhadap bea cukai memiliki peran penting dalam mengatur dan mengawasi perdagangan internasional suatu negara. Salah satu aspek yang menjadi fokus dalam kebijakan bea cukai adalah regulasi terhadap barang-barang impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pemerintah terkait bea cukai terhadap liquid.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan. Teknik analisis yang digunakan deskriptif dan komparatif yang menganalisis setiap gap dalam penelitian sebelumnya yang selaras dengan objek peneltian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah terhadap bea cukai terhadap liquid telah diatur melalui undang-undang dan peraturan yang spesifik. Pembahasan penelitian ini menyoroti berbagai aspek kebijakan, termasuk tarif bea cukai, prosedur impor dan ekspor, pengawasan dan penegakan hukum, serta kerja sama internasional dalam hal liquid.Dampak dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebijakan bea cukai terhadap liquid kepada pemerintah, pengusaha, dan masyarakat umum. Penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif, efisien, dan adil terkait liquid. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan masukan kepada pengusaha dan pelaku industri dalam mengoptimalkan kegiatan impor dan ekspor liquid dengan memahami peraturan dan persyaratan bea cukai yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Widiya Munigar, Universitas Komputer Indonesia

PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

Shafira Nur Zakiyani, Universitas Komputer Indonesia

PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

Poni Sukaesih Kurniati Kurniati, Universitas Komputer Indonesia

PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

References

Bidasari & Tragari Eldo Widodo, 2020 Implementasi Undang –undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang Cukai Terhadap Produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya Berupa Liquid Personal Vaporizer yang tidak Dilengkapi oleh Pita Cukai. Jurnal Panorama Hukum, 6(1), 68-74.

Waskitha, A. K. (2020). IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KEUANGAN 146/PMK010/2017 TAHUN 2017 TENTANG TARIF CUKAI HASIL TEMBAKAU TERHADAP LIQUID VAPOR (Studi di Wilayah Kota Yogyakarta).

Kafitri Fardi et al., 2021 Pengaruh Eefktivitas Sistem Pemungutan PPN Dan Pengawasan Sistem Pemungutan PPN Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengusaha Vape (Studi Kasus Rokok Elektrik Pada Pengusaha Vape Yang Bergabung Dengan APVI di Indonesia Tahun 2019. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(6), 606-616.

Yulianti, 2021 Pendahuluan-pengertian Pajak Dan Unsur2nya.

Ihsania, N., & Kumala, R. (2021). Pengawasan Dan Penindakan Rokok Ilegal Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukia Tipe Madya Pabean A Bekasi. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(4), 418-427., n.d.)

Nur, 2021 Analisis Kebijakan Publik. Makassar: Publisher UNM.

Syallah, F. Y. (2021). ANALISIS PENETAPAN KADAR NIKOTIN DALAM LIQUID ROKOK ELEKTRIK (E-LIQUID) MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI CAIR KINERJA TINGGI (KCKT) FASE TERBALIK (Doctoral dissertation, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA).

Saniyya, 2022 ANALISIS IMPLEMENTASI BASEL CONVENTION TERHADAP PRAKTIK IMPOR SAMPAH YANG TERKONTAMINASI LIMBAH B3 (STUDI DI BEA CUKAI TANJUNG PERAK) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

HAQIQI~1, n.d.Analisis Pengaruh Realisasi Penerimaan Bea Masuk Terhadap Target Penerimaan Bea Masuk (Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya B Tanjung Balai Karimun Periode 2017-2019). Jurnal Cafetaria, 2(1), 48-61.

Syahrawani Elsa et al., 2019 Determinan rokok elektrik di Indonesia: data SUSENAS (Survei Sosial Ekonomi Nasional) tahun 2017. Berita Kedokteran Masyarakat, 35(2), 41-48.

Dunn, W. N. (2017). Public Policy Analysis: An Introduction. Routledge.

Culyer, A. J., & Newhouse, J. P. (Eds.). (2000). Handbook of Health Economics. Elsevier.

Burchell, G., Gordon, C., & Miller, P. (1991). The Foucault Effect: Studies in Governmentality. University of Chicago Press.

Stiglitz, J. E., & Rosengard, J. K. (2015). Economics of the Public Sector. W. W. Norton & Company.

Bagus Krisnayana & Priyatmoko, n.d.2019 Peran Pengusaha Liquid Vape Jawa Timur dalam Gerakan Pelegalan Vape di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Permata, C. Q. N., Nada, Q., & Baiquni, M. I. (2019). Kajian Tarif Pembebasan Bea Masuk E-Commerce Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 112/PMK. 04/2018. Lex Scientia Law Review, 3(2), 143-154.

Sudewi et al., 2020 Perlindungan Hukum Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Terhadap Peredaran Produk Jamu Yang Mengandung Bahan Kimia Obat Berbahaya. Jurnal Analogi Hukum, 2(2), 246-251.

NURLITA, T. (2020)., n.d.NALISIS EFEKTIVITAS, KONTRIBUSI, DAN PERSENTASE PERUBAHAN PEMUNGUTAN PAJAK BEA MASUK, PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 22 ATAS IMPOR BARANG KENA PAJAK DI KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL BEA CUKAI KALIMANTAN BAGIAN BARAT (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi & Bisnis).

Suprihanti et al., 2019 Dampak kebijakan cukai rokok terhadap distribusi surplus ekonomi industri rokok di Indonesia.

Pramudyo, J., & Arimbhi, P. (2018). Implementasi Kebijakan Penetapan Jalur Pengeluaran Barang Impor Pada Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C Soekarno Hatta Tahun 2016. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 5(1), 51-65.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

1.
Yuwono F, Munigar W, Nur Zakiyani S, Kurniati PSK. ANALISA KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI BEACUKAI LIQUID (ROKOK ELEKTRIK) TERHADAP PENGGUNA VAPE. JIDS [Internet]. 2024Feb.25 [cited 2024Apr.27];8(1):1-11. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/4497

Issue

Section

Articles