IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER ANAK TENAGA KERJA INDONESIA

Authors

  • Egi Regita Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sam'un Mukramin Universitas Muhammadiyah Makassar https://orcid.org/0000-0003-2708-8375
  • Lukman Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Peni Astuti Universitas Faletehan

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.4423

Keywords:

Anak Tenaga kerja Indonesia, Karakter Pancasila, Nilai, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila pada anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di SMA Muhammadiyah 6 Makassar. Anak TKI adalah mereka yang orang tuanya bekerja di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Tumbuh di negara asing membuat mereka berisiko tidak mengetahui identitas nasional mereka sendiri. Selain itu, mereka terpapar nilai-nilai budaya asing yang dapat memicu karakter liar dan absurd. Internalisasi pendidikan karakter Pancasila diharapkan dapat meminimalisir atau mencegah tindakan-tindakan yang tidak sejalan dengan ideologi bangsa Indonesia. Pendidikan pancasila diharapkan tidak hanya menghasilkan generasi muda yang cerdas tetapi juga berkarakter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposeful sampling dengan 11 informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan anak TKI yang berasal dari Malaysia untuk melanjutkan pendidikan di SMA Muhammadiyah 6 Makassar, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendidikan karakter anak TKI di Sabah Malaysia membentuk nilai-nilai karakter Pancasila; 2) pemahaman anak TKI terhadap makna Pancasila diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari; dan 3) nilai-nilai Pancasila ditanamkan kepada anak-anak TKI sejak dini dan dipelihara serta diajarkan oleh orang tua dan guru di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1). http://pendikar.dikti.go.id/gdp/wp-content/uploads/Desain-Induk-Pendidikan-Karakter-

Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 485-493.

Anita, Darwita, & Bahaudin, A. (2021). Kerjasama Indonesia Malaysia Dalam Pendidikan Anak Tki Di Sabah. Hasanudin Journal of International Affairs, 1(2), 193-216. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/60808

Annisa1, N., Hasibuan, P. H., Febri, E., & Siregar, S. (2020). EJoES Educational Journal of Elementary School Singing Indonesian Raya as Shaping Of Implamentation Of The Reinforcement Of Educational Character. Educational Journal of Elementary School, 1(1), 1-3. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/index

Astuti, P., Mukramin, S., Ismail, L., Yusdayanti, Y., Israwati, I., & Karlina, Y. (2023). Pendidikan Moral Emile Durkheim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 10654-10668. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1959

Brata, I. B., & Wartha, I. B. N. (2017). Lahirnya Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia. Jurnal Santiaji Pendidikan, 7(1), 120-132.

Febriyanto, T., & Rohman, A. T. (2018). Perlindungan Hak-Hak Tenaga Kerja Indonesia (Tki) Yang Bekerja Di Luar Negeri. Lex Scientia Law Review, 2(2), 139-154. https://doi.org/10.15294/lesrev.v2i2.27586

Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Pendidikan, 02, 230-242.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53-64.

Hamja, B. (2017). Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Ideologi Bangsa. Justisia, 3(9), 11-20.

Handayani, P. (2014). Perjanjian Bilateral Indonesia Dengan Malaysia Terhadap Tenaga Kerja Indonesia (Tki). Lex Jurnalica, 11(1), 30. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Lex/article/view/387/358

Hasanah. (2013). Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter inti di perguruan tinggi.

Hutabarat, D. T. H., Sutta, R. R. A., Wardana, W. H., Fadila, Z. N., Sapahira, P., & Tanjung, R. (2022). Memahami Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Ideologi & Dasar Negara. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(2), 19-26. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i2.72

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Jannah, F. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Journal.Stitaf.Ac.Id, 05(01), 167-184. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/19

Juniarti, I. G., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-nilai yang terdapat pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7273-7277. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2139/1877

Laghung, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). Migrasi dan Pengaruhnya Terhadap Pola Pengasuhan Anak TKW di Dusun Pangganglele Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. 1.

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2455%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2455/2140

Minamiawaji, R. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. 2, 13-23.

Moghtaderi, M., Saffarinia, M., Zare, H., & Alipour, A. (2020). Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73-92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html

Muhtarom, H., & Andi. (2022). Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gaombak, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 167-174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19707

Mukramin, S. (2015). Pemulung sebagai fenomena Sosial di TPA Sampah Tamangapa Kota Makassar. 2015, 9(Mi), 5-24.

Mukramin, S. (2018). Strategi Bertahan Hidup: Masyarakat Pesisir Suku Bajo Di Kabupaten Kolaka Utara. Walasuji: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 9(1), 175-186. https://doi.org/10.36869/wjsb.v9i1.29

Mukramin, S. (2023). Social Work Education and the Grand Challenges: Approaches to Curricula and Field Education. Social Work Education and the Grand Challenges: Approaches to Curricula and Field Education, 00(00), 1-428. https://doi.org/10.4324/9781003308263

Mutmainah, S. U., & Dewi, D. A. (2021). Reaktualisasi Nilai Pancasila dan Implementasinya Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 611-618. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.396

Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464-468.

Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.

Nursavitri, G. (2013). Pengaruh Sikap Toleransi Terhadap Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Rukun Warga IV Kelurahan Wonokarto, Wonogiri. Educitizen, 1(1), 57-67.

Quispe, J. (2023). Perlindungan Hukum Pekerja Migran Indonesia oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur. 4(1), 88-100.

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945. WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7-14. http://www.waspada.co.id

Reni, NurlinaTarmizi, & Maryadi. (2016). Analisis Keputusan Bermigrasi Tenaga Kerja Asal Kabupaten Ogan Ilir Ke Malaysia. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 2(2), 74-85.

Ritzer, G. (2009). Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2009.

Riyanto, S., & Sugito, S. (2021). Pendidikan Karakter Kebangsaan Bagi Murid Indonesia Di Tawau Melalui Media Wayang. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1053-1057. https://doi.org/10.18196/ppm.35.91

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152-167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Saputro, R. D. (2016). Pendidikan Karakter Anak Pada Keluarga Tkw (Studi Kasus Di Desa Nglandung, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun Tahun 2015). Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 509. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1081

Sari, R., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Unnes, 7(1), 53-58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Suharto, M. P., Mulyana, N., & Nurwati, N. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18278

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syaumi, I. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pelatihan Pendidikan Karakter dan Budaya Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7863-7867. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2258

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

W.Creswell, J. (2016). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Wulansari, P. Dr. C. D. (2017). Sosiologi Konsep dan Teori. Sosiologi Konsep Dan Teori, 1(08.05.2017), 11.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

1.
Regita E, Mukramin S, Ismail L, Astuti P. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER ANAK TENAGA KERJA INDONESIA. JIDS [Internet]. 2023Feb.25 [cited 2024Apr.27];7(1):106-17. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/4423

Issue

Section

Articles