MANAJEMEN KRISIS PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.38043/jids.v7i2.4209Keywords:
Perusahaan, Manajemen Krisis, Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 yang telah terjadi dan masih berlangsung berdampak pada banyak sektor, seperti sektor kesehatan, ekonomi, manufaktur, pariwisata serta memiliki efek jangka panjang. Manajemen krisis menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan maupun instansi terkait untuk merencanakan strategi komunikasi dalam penanganan krisis dan untuk mencegah dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bentuk manajemen krisis yang diaplikasikan oleh masing-masing perusahaan pada masa pandemi Covid-19. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma yang digunakan konstruktivisme. Pengumpulan data menggunakan analisis review literatur yang dilakukan kepada 5 jurnal yang terbit selama 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap perusahaan memiliki tahapan-tahapan dalam penanganan krisis, yaitu tahap pra-krisis, tahap krisis dan tahap pasca-krisis. Pada tahap pra-crisis, perusahaan membentuk tim khusus untuk penanganan krisis agar dapat mulai menganalisa. Pada tahap crisis, perusahaan mulai melaksanakan beberapa kegiatan manajemen krisis seperti pemberitaan tentang keadaan perusahaan dan pembuatan kebijakan baru selama covid-19. Pada tahap pasca-crisis, perusahaan mulai mengembalikan citra dengan memberitakan produk dan agenda baru untuk khalayak.
Downloads
References
Ashari, M. (2020, Mei). Urgensi Manajemen Krisis Di Tengah Kondisi Pandemi. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-kisaran/baca-artikel/13068/Urgensi-Manajemen-Krisis-Di-Tengah-Kondisi-Pandemi.html
Data Sebaran Covid. (n.d.). https://covid19.go.id/id
Hatta, R. T. (2020, March 12). Alasan WHO Tetapkan Virus Corona COVID-19 Sebagai Pandemi. https://www.liputan6.com/global/read/4200134/alasan-who-tetapkan-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi
Ihsanuddin. (2020, March 3). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia
Kriyantono, R., & Sos, S. (2015). Public relations, issue & crisis management: Pendekatan critical public relation, etnografi kritis & kualitatif. Kencana.
Mahriva, M. N. (2020). Corporate communication Pt. Xl axiata tbk. Merespon masa krisis pandemi virus COVID-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 137–149.
Meri Safarwati, M. (2021). MANAJEMEN KRISIS PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID 19.
Mustafa, I. (2022). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGADUAN PUBLIK TENTANG BLT DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(1), 128-135. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.3406
Muhammaditya, N., Puteri, B. P. T. ., & Rifandini, R. . (2021). CROWDFUNDING DALAM PANDANGAN NEGARA KESEJAHTERAAN: DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN COVID-19 TERHADAP PROGRAM PERLINDUNGAN SOSIAL. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 33-55. https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2933
Nahar, L. (2020). Komunikasi krisis pemerintah Indonesia menghadapi pandemi COVID-19. ., 1(5), 553–566.
Nova, F. (2009). Crisis public relations: Bagaimana PR menangani krisis perusahaan. Grasindo.
Permata, B. C., & Mulyana, D. (2021). Manajemen Krisis Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Hubungan Masyarakat, 468–472.
Setiawan, A. A., Jemaruk, Y. D., & Yulyana Dewi, N. L. . (2022). ADVOCACY COMMUNICATION STRATEGY IN EQUALITY OF THE COVID-19 VACCINATION ON THE PROGRESS OF THE TOURISM SECTOR IN BALI. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(2), 149-161. https://doi.org/10.38043/jids.v6i2.3565
Wahdaniah, I., & Wahid, U. (2020). Strategi Manajemen Krisis Public Relations TNI Angkatan Laut dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(02), 160–167.
Yosal, I. (2004). Manajemen Strategi Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bambang Setyo Utomo, RM. Akbar Mulia Putra Diponegoro, Mohammad Abdul Hamid Alfarizi, Fatkhi Hibatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.