Pengaruh Inovasi Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus Buketnanaa_Jogja

Authors

  • Ina Rizqia Laili STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
  • Muhammad Subkhan STIE Widya Wiwaha Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v9i2.6019

Keywords:

Inovasi, Promosi, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Mediasi

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk mengetahui serta menganalisis mengenai pengaruh Minat Beli konsumen pada salah satu usaha rumahan Buketnanaa_Jogja dapat mempengaruhi Inovasi serta Promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan alat bantu SmartPLS dengan metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner kepada 105 responden dipilih sebagai sampel Customer yang telah melakukan pembelian setidaknya satu kali pada Buketnanaa_Jogja menjadi subjek penelitian ini. Menurut penelitian Inovasi dan Promosi mempunyai pengaruh yang baik dan signifikan terhadap Minat Beli konsumen. Namun pada keputusan pembelian, yang berpengaruh positif dan signifikan hanyalah Inovasi. Promosi terbukti tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada pengaruh secara tidak langsung, terbukti bahwa Inovasi dan Promosi berpengaruh pada keputusan pembelian melalui minat beli konsumen.

Downloads

References

Agustin, D., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Honda Scoopy (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Diwek, Jombang). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 135–146. https://doi.org/10.59024/jise.v1i4.352

Aqidah, L., Kusnadi, E., & Wiryaningtyas, D. P. (2022). 84 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. JUGLE DI SITUBONDO DENGAN MINAT BELI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(5), 1111–1124. https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2163

Ariesandy, P., & Zuliestiana, D. A. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ladyfameshop. E-Proceeding of Management, 6(2), 2767–2772. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/10386/10241

Astuti, S. W., Lukitaningsih, A., & Cahya, A. D. (2024). PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA PRODUK SKINTIFIC DI YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(03), 845–858. https://mail.online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33427

Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31511

Azahra, F., & Hadita. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678–691. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.351

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan Umkm dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.42740

Hartati, Y. S. (2021). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 79–92. https://doi.org/10.55049/jeb.v12i1.74

Kedaton, M. S., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). Pengaruh Promosi Flash Sale dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 1(1), 1–12. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3563

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran (Edisi Keem). Airlangga.

Kotler, Philip, & Armstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (VIII). Erlangga.

Maino, G. P., Sepang, J. . ., & Roring, F. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Minat Beli pada Verel Bakery and Coffee. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (EMBA), 10(1), 184–190. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37678

Maritza, B. D., & Hariyanto, D. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Pakaian Thrift (akun @ spezialmbois ). Communication Studies Journal, 1(1), 47–60. https://journal.pubmedia.id/index.php/interaction/article/view/2534

Noor, Z. zulkifli. (2016). Manajemen Pemasaran Stratejik. CV Budi Utama.

Prasetya, D. A. (2023). Teknik Analisis SWOT (Panduan Praktis Mengubah Tantangan Menjadi Peluang untuk Strategi Bisnis Anda). Anak Hebat Indonesia.

Putri, L., & Kamenner, D. (2023). Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Nivea Di Kota Padang. 23(2), 3–4. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/23617

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sari, M. D. (2019). PERILAKU KONSUMEN (Pertama). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PERILAKU_KONSUMEN/Gm3QEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=keputusan+pembelian+adalah+++keputusan+pembeli+dimana+konsumen+benar-benar+membeli&pg=PA87&printsec=frontcover

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Satria, E. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DITINJAU DARI PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK ( Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau ). Journal of Economic, Management, Business, and Accounting, 4(2), 92–102. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-dzahab/article/view/2429

Setiawan, Z., Suharyanto, Judijanto, L., Zahara, anzul elvia, Suryadi, I., Juniarto, G., Wulandari, D., Premayani, ni wayan wina, & Wibowo, sarwo eddy. (2024). Strategi Pengembangan Produk (Panduan Praktik Untuk Keunggulan Kompetitif). PT. Green Pustaka Indonesia.

Sudaryono. (2016). MANAJEMEN PEMASARAN Teori & Implementasi. CV ANDI OFFSET. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Teori_Dan_Implementa/UwNEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Sudaryono.+(2016).+Manajemen+Pemasaran+Teori+%26+Implementasi.+ANDI.&pg=PR2&printsec=frontcover

Suyaman, D. J., Andriani, E. F., Alifiana, S., Juniar, D., & Azzahra, F. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Satria F150 (Survei pada Komunitas Suzuki Satria F150 Indonesia). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah (Jesya), 4(1), 472–587. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.361

Zuhriyah, F., F, M. D. M., & P, R. C. (2022). Simple Bouquet Homemade sebagai Alternatif Bisnis Kreatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PADIMAS), 1(1), 14–17. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/padimas/article/view/479

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

1.
Laili IR, Subkhan M. Pengaruh Inovasi Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus Buketnanaa_Jogja. j.ab [Internet]. 2024Dec.25 [cited 2025Mar.29];9(2):157-66. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/6019