DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP BISNIS PENJUALAN BERBASIS ONLINE DI BALI

Authors

  • ketut elly sutrisni undiknas

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v5i2.2826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pandemic Covid-19 terhadap kegiatan Bisnis berbasis platform online di Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, menggunakan sumber data sekunder dari hasil riset, referensi dan pemberitaan online yang terkait dengan penelitian.  Waktu penelitian Pebruari sampai pertengahan April 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Ditemukan bahwa dampak pandemic Covid-19, terkluster pada 3 keaadaan aktivitas bisnis, pertama bisnis bertahan atau stabil, kedua bisnis yang menurun dan ketiga bisnis berkembang. Bisnis yang stabil melalui penyesuaian model interaksi menggunakan aplikasi online adalah pendidikan, terutama untuk hantaran makan/minuman dan kebutuhan pokok, dan produk kesehatan. Bisnis yang menurun adalah yang berbasis kunjungan atau keberadaan konsumen di tempat sangat terdampak dari pandemi Covid-19, seperti angkutan umum, pariwisata, perhotelan, ritel offline, pusat perbelanjaan, angkutan orang dan barang. Bisnis yang berkembang karena dinamika pasar dan penyesuaian interaksi menggunakan platform aplikasi online seperti bisnis telekomunikasi, belanja online (kebutuhan pokok dan produk kesehatan), farmasi, produk kesehatan, termasuk UMKM yang beralih secara inovatif memproduksi produk kesehatan yang dibutuhkan dimasa pandemi Covid-19.

Kata Kunci : Covid-19, Bisnis, Penjualan Online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

1.
sutrisni ketut elly. DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP BISNIS PENJUALAN BERBASIS ONLINE DI BALI. j.ab [Internet]. 2021Jan.15 [cited 2024Nov.23];5(2):102-9. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2826

Issue

Section

Articles