PENGARUH EARNING PER SHARE, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN CONSUMER GOODS SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.38043/jiab.v5i2.2810Abstract
Tujuan utama studi yang dilakukan yaitu mengetahui akibat earning per share, struktur modal, serta ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan consumer goods pada bidang makanan serta minuman di BEI. Populasi penelitian yakni perusahaan consumer goods bagian makanan dan minuman periode 2017-2019, dengan total 32 perusahaan. Perusahaan yang menjadi sampel sebanyak 14 perusahaan. Pusposive sampling digunakan sebagai teknik dalam menentukan sampel penelitian. Hasil adjusted R2 yang didapat dari model regresi adalah 0,407 yang menunjukan 40,7% adalah pengaruh variabel bebas (earning per share, stuktur modal dan ukuran perusahaan) yang berkontribusi atas variabel terikat (nilai perusahaan). Hasil dari pengujian Uji T parsial adalah variabel earning per share dan struktur modal memiliki pengaruh positif serta signifikan atas nilai perusahaan, sedangkan variabel ukuran perusahaan bernilai negatif signifikan atas nilai perusahaan.
Kata Kunci : Earning Per Share, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.