FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI: STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Putu Agus Satria Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar
  • Putu Purnama Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2148

Abstract

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi: Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Gianyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel pendidikan dan pelatihan, keterlibatanpengguna dalam pengembangan sistem, serta dukungan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi baik itu secara parsial maupun secara simultan. Populasi penelitian ini ditunjukan kepada karyawan bagian tabungan dan deposito, bagian kredit, serta bagian kasir yang telah memakai sistem IT pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Gianyar sebanyak 78 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Dengan program SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendidikan dan pelatihan, keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem, serta dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja SIA. Sedangkan secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

Kata kunci: Pendidikan dan pelatihan, keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem, dukungan manajemen puncak, kinerja sistem informasi akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almilia, L. 2007. Faktor-faktor yang dapat Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Umum Pemerintah di Wilayah Surabaya dan Siduarjo. Jurnal Ilmiah. STIEPerbanas. Surabaya.

Angelina, F. V. 2013. Pengaruh PartisipasiPengguna, Dukungan Manajemen Puncak, Dan Program Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo.

Baig, A. H., & Gururajan, R. 2011. Preliminary Study to Investigation the Determinants that Effect IS/IT Outsourcing. Journal of Information and Communication Technology Research, 1 (2), 48–54.

Biwi, A. 2015. Pengaruh Kapabilitas Personal Dan Dukungan ManajemenPuncak Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Bodnar, G. H., & William S Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi (Keenam). Jakarta.

Choe, J. 1996. The Relationships Among Performance of Accounting Information System, Influence Factors, and Evolution Level of Information Systems. Journal of Management Information System/Spring., 12(4), 215–239.

Fahmiswari, W., & Dharmadiaksa, I. B. 2013. Pengaruh Kinerja Individual Karyawan terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5 (3).

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarag: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goodhue, D., & Thompson, R. 1995. Task-Technology Fit and Individual Performance (19 (2) ed.).

Hadriansyah, M. A. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hendra, D. 2014. Analisis PengaruhKeterlibatan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi, Dukungan Manajemen Puncak, Dan Formalisasi Pengembangan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada PT. Bank Jateng Cabang Ungaran. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Hendra, S. 2013. Pengaruh Kualitas Informasi, Kemampuan Teknik Personal Sistem Informasi Pelatihan Dan Pendidikan Pemakai Sistem Terhadap Kinerja Sistem Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember.

Jen, T. F. 2002. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Bisnis Dan Akuntasi.

Jogiyanto. 2009. Sistem Teknologi Informasi (Ketiga). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Komara, A. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. SNA VIII Solo, 15–16.

Mulyadi. 2001. Sistem Informasi Akuntansi (ketiga). Jakarta.

Purwantini, K. 2015. Dukungan Manajemen Puncak, Partisipasi Pengguna Sistem Dan Program Pelatihan Terhadap Pengembangan SIA Di CV Megah Perkasa Utama Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer (Snik 2015).

Rivaningrum, A. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Rumah Sakit Saras Husada Purwerejo. Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sari, M., & Ratna, M. 2009. Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Individual pada Pasar Swalayan di Kota Denpasar. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis.

Soegiharto. 2001. Influence Factor Affecting The Performance Of Accounting Information System. Gajah Mada International Journal of Business, III.

Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Bisnis. (Ketiga). Bandung: CV Alfabeta.

Sultan, M. A. 2015. Kinerja Sistem Informasi Yang Didukung Oleh Manajemen Puncak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwira, F., & Dewi, A. F. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pendanaan Pada Perusahaan Yogyakarta, Di. Jurnal Ekonomi, Universitas Atma Jaya.

Trisna, D. 2013. Pengaruh DukunganManajemen Puncak, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Pengguna Aktual Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Implementasi Sistem Informasi Keuangan Daerah Di Kota Denpasar. E-Jurnal AkuntansiUniversitas Udayana.

Wibowo, A. 2014. Analisis DukunganManajemen Puncak, Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Dan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Studi Kasus Pada PT Berlico Mulia Farma. Jurnal Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Widjajanto, N. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Satria PA, Dewi PP. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI: STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KABUPATEN GIANYAR. j.ab [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2022Sep.28];4(1):81-95. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2148

Issue

Section

Articles