KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, INDEPENDENSI, ETIKA PROFESI DAN KINERJA AUDITOR

Authors

  • Putu Purnama Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar
  • Sarah Wulan Ramadhanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v3i2.2135

Abstract

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Independensi, Etika Profesi dan Kinerja Auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, independensi dan etika profesi terhadap kinerja auditor pemerintah pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Bali.Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 74 sampel.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yaitu menyebarkan kuesioner pada auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Perwakilan Provinsi Bali.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, independensi dan etika profesi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor.Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, independensi dan etika profesi maka kinerja auditor semakin meningkat pula.

Kata kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, independensi, etika profesi, kinerja auditor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Setyowati, D. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kepuasan Kerja Auditor dalam Kantor Publik di Surabaya.

Apriyanti, Taufik, T., & Hasan, M. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Etis Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Empiris pada BPK-RI dan BPKP Perwakilan Provinsi Riau). JOM FEKON, 1 No.2.

Choiriah, A. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor dalam Kantor Akuntan Publik (Studi Empiris pada Auditor dalam Kantor Akuntan Publik di Kota Padang dan Pekanbaru).

Chowdhury, S. 2005. Organisasi Abad 21. PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Grece Setiawan, Y., & Yenni Latrini, M. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual dan Independensi pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16.2.

Gustia, N. 2014. Pengaruh Independensi Auditor, Etika profesi, Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Empiris pada Auditor Pemerintah di BPKP Perwakilan Sumbar).

Haryono Jusup, A. 2001. Auditing (Pengauditan) Buku I. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Seturan, Yogyakarta.

Istriani, I. 2018. Pengaruh Independensi, Profesionalisme dan Kompetensi terhadap Kinerja Auditor BPKP (Studi Kasus Pada Auditor BPKP Jateng). Islamadina Jurnal Pemikiran Islam, 19 N0.1.

Khairat, H. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritaul dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. JOM FEKON, 4 N0.1.

Lubis, A. 2010. Akuntansi Perilaku Edisi 2. Salemba Empat.

Murtapa, & Budirtha, I. K. 2017. Analisis Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Etika pada Kualitas Audit di Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20.3.

Purnama Dewi, P., & Mastra, I. M. 2016. Pengaruh Budaya Etis Organisasi dan Pemahaman Good Corporate Governance pada Kinerja Auditor Kantor Akuntan Publik di Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1 No 1.

Rasmen Adi, I. N. 2016. Panduan Pratikum Statistik dengan SPSS Versi 23.0. Undiknas Press, Denpasar.

Retno Pratiwi, P. 2015. Pengaruh Independensi, Profesionalisme dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor pada Akuntan Publik Surakarta Yogyakarta.

Robbins, S. 2006. Perilaku Organisasi edisi ke 10. PT MACANAN JAYA CEMERLANG.

Salju, Rismawati, & Dirga Bachtiar, M. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kinerja Auditor Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Equilibrium, 04 No. 02.

Sonny Keraf, A. 1991. Etika Bisnis. Penerbit KANSIUS (Anggota IKAPI).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Penerbit Alfabeta CV Bandung.

Supriyadi, E. 2014. SPSS+Amos. Penerbit IN MEDIA (Anggota IKAPI).

Trianingsih, S. 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Corporate Governance, Gaya Kepemimpinanan dan Budaya organisasi terhadap Kinerja Auditor.

Yudiantara, I. P. 2009. Mendayagunakan EQ dan SQ melalui Psikologi-Hindu. Penerbit Paramita, Surabaya.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Dewi PP, Ramadhanti SW. KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, INDEPENDENSI, ETIKA PROFESI DAN KINERJA AUDITOR. j.ab [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2024Jul.12];3(2):184-96. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2135

Issue

Section

Articles