MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI PENILAI DITINJAU DARI MOTIVASI SOSIAL, MOTIVASI KARIR DAN MOTIVASI EKONOMI

Authors

  • Raka Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar
  • Ketut Tanti Kustina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2146

Abstract

Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Penilai Ditinjau dari Motivasi Sosial, Motivasi Karir dan Motivasi Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi penilai. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) dengan responden yang telah lulus mata pelajaran akuntansi pengantar I. Penelitian ini menggunakan accidental sampling dan teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi penilai. Koefisien determinasi regresi adalah 53,8%, ini berarti bahwa kemampuan variabel independen untuk menjelaskan variabel dependen adalah 53,8%, sedangkan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: motivasi sosial, motivasi karier, motivasi ekonomi, minat mengikuti pendidikan profesi penilai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifianto, Fajar, and Sukanti. 2014. “Pengaruh Motivasi Diri Dan Persepsi Mengenai Profesi AKuntansi Publik Terhadap Minat Menjadi Aakuntan Publik Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” JURNAL NOMINAL III (2). https://doi.org/10.1192/bjp.205.1.76a.

Fahriani, Dian. 2012. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).” Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 1 (12): 1–22.

Ikbal, Muhamad, and Sugeng Pamudji. 2011. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan PPAk: Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.” Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Kusumastuti, Rita. 2013. “Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan UU No.5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.” Skripsi.

Kusumastuti, Rita, and Indarto Waluyo. 2013. “Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan UU No.5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).” Nominal II (2): 1–30.

Kusumo, Danu. 2015. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).”

Lisnasari, Riani Nurainah, and Fitriany. 2008. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).”

Lubis, Arfan Ikhsan. 2010. Akuntansi Keprilakuan. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhayani, Ulfa. 2012. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)” 4 (1): 59–67.

Panggabean, Rosinta Ria, and Nana Wulansari Kusumaningsih. 2011. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Nusantara Angkatan 2006 Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi” 2 (1): 160–72.

Prasetyo, Bambang, and Lina Miftahul Jannah. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Senjari, Richa. 2016. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Nilai Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Karir Sebagai Akuntan Publik.” Jom Fekon 3 (1): 133–47.

Vesperalis, Anak Agung Ayu Dewi, and Ketut Muliartha RM. 2017. “Pengaruh Motivasi Pada Minat Sarjana Akuntansi Universitas Udayana Untuk Mengikuti PPAK.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 19 (2): 1691–1718.

Widiastuti, Sri Wahyuni, and Sri Suryaningrum. 2005. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA),” 67–77.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

1.
Saputra R, Kustina KT. MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI PENILAI DITINJAU DARI MOTIVASI SOSIAL, MOTIVASI KARIR DAN MOTIVASI EKONOMI. j.ab [Internet]. 2019Jun.12 [cited 2022Sep.28];4(1):73-80. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2146

Issue

Section

Articles