ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DI KANTOR SAMSAT KOTA DENPASAR

Authors

  • Brian Roy Monteiro Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v3i2.2213

Keywords:

Efektivitas Pelayanan Pembuatan STNK

Abstract

Pada hakekatnyatugas pokok pemerintah sebagai organisasi publik adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Demikian pula dengan SAMSAT Kota Denpasar, sebagai salah satu organisasi publik yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan pembuatan STNK di kantor SAMSAT Kota Denpasar. Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Yaitu metode yang menggambarkan kejadian yang ada dengan menggunakan pendekatanwawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan di kantor sistem administrasi manunggal satu atap sudah maksimal. Pelayanan dalam perpanjangan surat tanda nomor kendaraan dinyatakan baik responden, saranan dan prasarana yang memadai serta kualitas sumber daya manusia yang sudah maksimal. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Harbani Pasolong, Sinambela. 2011. Teori Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pasolong. 2011. Kualitas Manajemen Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdaarya.

Moenir, H. A. S. 2011. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasolong. 2011.Teori Administrasi Publik. Makassar: Arbeta.

Siagian, Sondang P. 2006. Eksekuti yang Efektif. Jakarta: Gunung Agung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang – Undang Dasar 1945

Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Pemerintah Daerah

Undang – Undang Nomor Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan

Kepmen PAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Publik

Published

2019-10-01

How to Cite

1.
Monteiro BR. ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DI KANTOR SAMSAT KOTA DENPASAR. JIDS [Internet]. 2019Oct.1 [cited 2024Apr.19];3(2):292-305. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/2213

Issue

Section

Articles