IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI PROGRAM PRO DENPASAR DI KOTA DENPASAR

Authors

  • I Made Darma Putra Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.38043/jids.v3i2.2211

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Penanganan Pengaduan, Asas- asas Pelayanan Publik

Abstract

Tugas Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi penanganan pengaduan Masyarakat pada Aplikasi PRO Denpasar di Kota Denpasar. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara deskriptif bagaimana implementasi penanganan Masyarakat pada fitur Pengaduan Online Aplikasi PRO Denpasar guna dalam menangani Pengaduan Masyarakat yang tinggal di Kota Denpasar untuk di tindak lanjut lapangan oleh OPD terkait nanti. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam pemeilihan informan ,peneliti menggunakan  tehnik purposive sampling dimana informan terpilih adalah orang – orang yang berkecimpung dalam proses implementasi kebijakan program PRO Denpasar dan masyarakat penerima layanan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lokasi penelitian yang berkaitan dengan PRO Denpasar, wawancara dengan informan yang mengetahui tentang implementasi penanganan pengaduan online pada Pro Denpasar yakni dari pihak DISKOMINFOS, dokumentasi yaitu pencatatan dokumen baik berupa tulisan,gambar dan yang berkaitan dengan PRO Denpasar. Penelitian ini terdapat indikator yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu : Kondisi Lingkungan, Hubungan antar Organisasi, Sumber Daya Organisasi untuk implementasi program, Karakteristik dan kemampuan agen pelaksana. Dan untuk menganalisa pelayanan ini apakah sudah memenuhi pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik berdasrkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2004 tentang pedoman umum penyelenggaran pelayanan publikyaitu : Bersifat terbuka, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif , Kesamaan Hak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Dwiyanto Agus. 2017. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli Inklusif dan Kolaborasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwanto Agus, Sulistyastuti Ratih. 2012. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Cetakan 27. Bandung: Alfabeta CV.

Hayat,etal. 2018. Reformasi Kebijakan Publik Perspektif Makro dan Mikro. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group.

Sorre B Uddin dan Sobirin. 2017. Kebijakan Publik, Cetakan Pertama. Makasar: Penerbit CV Sah Media.

Jurnal:

Daryono. Jaryono. 2014. Pengembangan Inovasi Administrasi Pemerintah Desa Model E-Government Berbasis Information, 460–465.

Haerul, Akib, H., & Hamdan. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (Mtr) Di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 21–34.

Istiyanto, J. E., & Sutanta, E. 2012. Model Interoperabilitas Antar Aplikasi E-Government. Jurnal Teknologi Technoscientia, 4(2), 137–148.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. 2016. Konsep Umum Pelaksaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11, 1–12.

Risnandarmal. 2014. Analisis E-government dalam Peningkatan Pelayanan Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis, 2 No.7, 192–199.

Vita Elysia, Ake Wihadanto, S. 2017. Implementasi E-Government Untuk Mendorong Pelayanan Publik Yang Terintegrasi Di Indonesia, 9, 353–380.

Yuni Lestari, Bandiyah, W. D. W. 2014. Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berbasis E-Government, 1–12.

Undang -Undang :

Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Peraturan Walikota Denpasar nomor45 tahun 2013 tentang pelayanan penanganan pengaduan masyarakat dilingkungan kota Denpasar.

Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government.

Keputusan Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2004.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 58 Tahun 2002.

Keputusan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003.

Website : Layanan Pengaduan Rakyat Online Denpasar Kota (online), Available https://pengaduan.denpasarkota.go.id/id. (9 September 2018).

Website resmi Pemerintah Kota Denpasar (online), Available https://denpasarkota.go.id.

(9 September 2018).

Website Resmi Dinas Komunikasi,Informasi dan Statistika Kota Denpasar (online), Available https://kominfostatistik.denpasarkota.go.id. (9 September 2018).

Published

2019-10-01

How to Cite

1.
Putra IMD. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH MENGENAI PROGRAM PRO DENPASAR DI KOTA DENPASAR. JIDS [Internet]. 2019Oct.1 [cited 2024Apr.20];3(2):261-78. Available from: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/2211

Issue

Section

Articles